Search This Blog

Monday, October 31, 2011

Diskon Pesawat

Bargain Hunter (Booking 101)

Berdasarkan pengalaman di masa lalu, setiap kali kami melakukan promosi besar-besaran seperti ini, ada banyak permasalahan yang terjadi. Untuk membuat segala sesuatunya menjadi lebih baik, sudah beberapa kali kami mengeluarkan notes seperti ini untuk membantu anda membuat semuanya sesuai rencana.

Ini adalah panduan untuk membuat perburuan kursi hemat anda berjalan dengan lebih mudah.

Thank You SaleMulai - 12 Juli 2011 (00.01 GMT+8)
Travel period: 6 Feb – 20 June 2012
  
Sebelum anda mulai

1. Buat account AirAsia Membership 
Kami baru saja memperkenalkan dua buah fitur baru untuk membantu anda mempercepat proses pembookingan anda. Fitur-fitur tersebut adalah:
 a.      My Friends and Family List 
Anda bisa memasukkan maksimal 10 nama teman atau keluarga anda lengkap dengan detail mereka. Caranya sederhana: pilih “check/select” nama mereka pada halaman  “Guest Details”. Secara otomatis, detail tersebut akan tersimpan di sistem dan bisa dipilih kapanpun anda melakukan pembelian dengan menggunakan account anda.


b.      1-Click Card
Anda bisa memasukkan maksimal 3 data kartu kredit di dalam account anda yang ingin digunakan sebagai metode pembayaran. Nantinya, anda hanya tinggal perlu memasukkan nomor CVV/CID ketika melakukan pembayaran. Lebih mudah, bukan?


Untuk informasi lebih lengkap, anda bisa langsung membaca informasinya di sini:
http://www.airasia.com/id/id/easybooking.page

2. Pastikan anda menggunakan Internet Explorer 8 atau Mozilla sebagai browser anda  
Berdasarkan pengalaman, keduanya ini merupakan browser yang paling stabil untuk membantu anda melakukan proses pembookingan di www.airasia.com.

3. Rencanakan perjalanan anda di depan
 a.      Siapkan beberapa rencana. Kalau rencana A tidak berjalan karena keduluan sama yang lain, anda akan bisa dengan mudah berpaling ke rencana B atau rencana C.
b.      Kumpulkan seluruh detail teman perjalanan anda; nama lengkap sesuai paspor, tanggal lahir, nomor paspor, masa berlaku paspor dan alamat kontak.
c.       Kalau ada paspor yang akan segera habis atau belum memiliki paspor, jangan khawatir. Anda masih bisa mengupdatenya nanti di “Manage my booking” kemudian. Paling telat, ini harus dilakukan 48 jam sebelum waktu terbang anda.

4. Pengingat penting
 a.      Anda hanya punya waktu 10 menit untuk menyelesaikan proses pencarian dan pembookingan tiket. Pastikan anda melakukannya dengan cepat. Kalau sudah lebih dari 10 menit, maka anda akan langsung diarahkan ke ‘Waiting Room’.
b.      JANGAN membuka lebih dari 1 tab ketika melakukan proses pencarian dan pembookingan. Ini sangat mungkin akan menyebabkan anda mengalami kebingungan atau melakukan kesalahan pembookingan.
c.       Kami juga mengoperasikan ‘WAITING ROOM’. Mereka yang telah menggunakan jatah 10 menit di halaman pembookingan tapi belum menyelesaikan prosesnya, akan langsung diarahkan ke halaman ini. Jangan khawatir. Yang harus anda lakukan hanya menunggu. Halaman ini akan melakukan refresh otomatis selama 15 menit sekali. JANGAN mengklik pilihan refresh di browser anda. Ketika giliran anda tiba, secara otomatis sistem kami akan membawa anda ke halaman tersebut.


d.      Selamat proses pemburuan kursi hemat kami ini, halaman ‘BUSY BEE’ juga mungkin sekali muncul. Ia akan muncul ketika server kami sibuk. Anda bisa mencoba peruntungan dengan mengklik pilihan ‘BACK’ lalu klik ‘REFRESH’.


Pada saat Pembookingan


1. Error Message [Invalid Name] 
Ini terjadi karena anda telah memasukkan nama penumpang yang mengandung unsur karakter sebagai berikut:
@, ', &, - dll.
Hanya gunakan huruf A-Z saat mengisi nama depan dan nama belakang anda.

2. Error Message [Invalid Pax Type]
Pastikan bahwa tanggal lahir calon penumpang yang anda masukkan benar. Sistem baru kami akan langsung memvalidasi informasi yang anda berikan. Sekedar pengingat, infant adalah mereka yang berusia 0-24 bulan.


Pada saat Pembayaran

Ini adalah bagian paling penting. Harap diingat bahwa bagian beberapa skenario di bawah ini

Skenario A  

Status reservasi: 'Confirmed'
Kode booking: 'Yes'


Status pembayaran: "Confirmed"


Ini berarti proses bookingan anda sudah selesai dan berlangsung sukses. Silakan menunggu travel itinerary dikirimkan ke email anda. Karena kepadatan, sangat mungkin travel itinerary dikirim lebih lambat dari biasanya. Tunggu sampai maksimal 48 jam untuk menerimanya. Kalau belum, jangan takut. Anda bisa juga mengirim ulang travel itinerary ini via opsi “Manage My Booking”.

Biasakan juga untuk mencatat kode booking anda ketika proses sudah komplit.


Skenario B

Status reservasi: 'Confirmed'
Kode booking: 'Yes'
Status pembayaran: 'Pending'

Ini terjadi karena terjadi kepadatan di dalam kanal pembayaran kami. Harap bersabar. Tunggu lima menit dan langsung masuk ke “Manage My Booking” untuk mengecek apakah status pembookingan anda sudah berubah menjadi:

(I)
Status reservasi: 'Confirmed'
Kode booking: 'Yes'
Status pembayaran: 'Confirmed'

Kalau seperti ini, berarti pembayaran anda sudah selesai dan komplit.


(II)
Status reservasi: 'Need Payment'
Kode booking: 'Yes'
Status pembayaran: 'Declined'

Proses pembayaran anda belum sukses. Silakan klik pilihan “ADD PAYMENT” untuk melakukan pembayaran.

Bookingan anda hanya akan ditahan selama 2 jam. Terus mencoba sampai pembayaran komplit. Lebih dari dua jam, bookingan anda akan dihapuskan dari sistem.


Skenario C

Halaman “BUSY BEE” muncul ketika anda telah mengklik pilihan “SUBMIT PAYMENT”. Ini berarti anda mengalami time-out/ error.

Jangan panik. Masuk ke “Manage my booking” sesegera mungkin untuk mengecek apakah bookingan anda sudah tersimpan di dalam account anda. Setelah itu, silakan cek skenario A atau skenario B untuk melengkapi proses pembookingan anda.


PENGINGAT


1. Anda harus login ke AirAsia Member Account untuk mengecek bookingan anda secara online. Kalau anda belum memiliki account, silakan langsung sign up sekarang di:
http://www.airasia.com/id/id/aamember/registration.html?

2. Anda bisa mengupdate alokasi bagasi, pick a seat atau pre-book makan, AirAsia Insure dan SkyBus via “Manage my booking” setelah melakukan pembookingan.

3. Sekali lagi mengenai pengiriman travel itinerary, karena kepadatan sistem, kami mungkin akan sedikit terlambat mengirimkannya ke email anda.


Gunakan Mobile Booking sebagai channel alternative

Coba gunakan piranti mobile anda untuk melakukan pembookingan. Segera download aplikasi Blackberry atau iPhone kami. Tapi, harap diketahui bahwa pembookingan menggunakan metode ini hanya bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit.

 

No comments:

Post a Comment