Search This Blog

Sunday, February 5, 2012

AA tidak lagi terbang ke Eropa


Si AA tidak lagi terbang ke Eropa

Sebetulnya, rencana backpacking tahun ini adalah Ke Eropa, tetapi kemungkinan gagal. Kenapa? Soalnya si AA tea, yang biasa jualan tiket murah itu, mulai akhir Maret akan menghentikan jalur penerbangannya ke Eropa (Inggris dan Prancis).  Saya nggak tahu, apakah ini terkait dengan krisis ekonomi di Eropa? Bisa jadi iya, sebab bukan saja si AA, Garuda pun sudah mengurangi kegiatannya ke jalur Eropa tersebut.
Padahal biasanya saya backpacking dibulan April. Ya April, karena dibulan itu hari ulang tahun pernikahan saya. Padahal negara-negara Schengen saat ini sudah sangat “wellcome”, paling nggak dibuktikan dengan semakin mudah dan cepatnya apply. Pagi daftar  siangnya langsung jadi. Ini yang diceritakan oleh beberapa teman di sebuah mili backpacker.  Luar biasa nih, yang selama ini untuk aplikasi visa ke sini, luar biasa sulitnya, bahkan perlu waktu berbulan-bulan.  Sayangnya justru beberapa maskapai yang biasa saya langganani saya malah menghentikan jalur tersebut.
Bisa jadi, Eropa sekarang sadar. Dan saat ini sudah mulai melirik pangsa pasar wisatawan dari Indonesia yang walaupun negara berkembang, tetapi potensinya luar biasa. Dalam beberapa hal Eropa kalah di bandingkan dengan Amerika, bayangkan saja ternyata  Indonesia bisa menghidupkan kembali salah satu perusahaan Boeing di Amerika Serikat, yang melibatkan 110.000 pekerja industri.  Sebuah proyek komersial terbesar sepanjang sejarah Boeing.  Padahal perusahaan tersebut rencananya sudah akan ditutup. Atas kekalahan ini, akhirnya Eropa pun gigit jari atas kalahnya Airbus.
Kembali ke rencana backpacking, jadi kemana enaknya ya? Apakah Anda hobby backpacking? Kemana tahun ini anda rencana backpacking?

No comments:

Post a Comment