Search This Blog

Loading...

Thursday, May 19, 2011

di Bangkok

Daerah Siam Square (Thai: สยามสแควร์) 
Daerah Siam Square merupakan tempat shopping yang utama di Bangkok. Bila ingin mencari tempat shopping mall berkelas, dan department store terkenal, disinilah tempatnya. Paling enak bila pergi ke daerah ini melalui BTS dan turun di station Siam. Di sekitar station ini terdapat rangkaian mall terkenal: Siam Paragon, Siam Center, dan Siam Discovery.

Obyek Wisata sekitar Siam Square - 1.6 Mbytes, wajib dicetak!
Info dari Wikitravel

1. Siam Paragon



Salah satu mal paling ngetop di Bangkok. Obrolan mengenai mall ini bisa disimak di sini gan. Katanya sih foodcourt dan supermarketnya sip.
Mau intip lebih lanjut? Klik aja di sini.

2. Siam Ocean World (Thai: สยามโอเชี่ยนเวิลด์)



Siam Ocean World terletak dibagian basement dari mall Siam Paragon, dan terdiri dari 2 lantai, yang didalamnya berisi akuarium dengan koleksi2 binatang laut. Terdapat juga theater 4D.
Jam Buka: 10:00 - 21:00 (Pintu masuk ditutup jam 20:00).
Tiket: Dimulai dari 900 baht. Bergantung pilihan atraksi.

Harga tiket masuk di counter resmi lebih mahal daripada beli di travel agent (bisa di internet juga atau di hotel). Website ini dan iniadalah contoh-contoh website yang jualan tiket. (Contoh aja yah, bukan rekomendasi gw, cek aja sendiri gan).

Website resmi bisa dilihat di sini. Websitenya lelet nih, banyak flashnya.

Blognya si Otty Pangastuti bisa dibaca gan, berisi pengalaman pribadi di ocean world.

3. Siam Discovery Center



Siam Discovery Center terletak diantara Siam Paragon dan MBK, dengan jarak perjalanan sekitar 6 menit dari Siam Paragon atau dari MBK. Siam Discovery ini adalah mall u/ barang2 bermerk/berkelas. Siam Discovery Center bersebelahan dengan Siam Center, karena memang pemiliknya sama. Yang istimewa dari mall ini adalah di lantai 6, terdapat musium lilin terkenal, Madame Tussauds. Website resmi bisa dilihat di sini, tapi sayangnya dalam bahasa Thai.


4. Siam Center



Mall yang satu ini termasuk salah satu mall yang cukup tua di Bangkok. Terdiri dari 4 lantai yang berisikan toko2 fashion, dan juga terdapat sejumlah restaurant. Lokasi dari Siam Center ini bersebelahan dengan Siam Discovery Center. Website resminya bisa dilihat di sini.

5. Madame Tussaud's (Thai: พิพิธภัณฑ์หุ่นขี้ผึ้งมาดามทุสโซ)



Salah satu cabang dari musium patung lilin Madame Tussauds ada di Bangkok, yaitu terletak di lantai 6 mall Siam Discovery Center. Jika agan pingin berfoto bareng dengan orang top, yah disini ini tempatnya (walau foto bareng patung lilinnya aja). Info lebih lanjut bisa dilihat di sini.

Tiket: 800 baht (Dewasa), 600 baht (anak2 dan senior).
Jam buka: 10:00 - 21:00.

6. MBK Center / Mahboonkrong (Thai: มาบุญครอง)



Mall berlantai 8 ini sangat populer dikalangan turis, terutama turis barat.

7. Erawan Shrine / 4 faced Brahma (Thai: ศาลพระพรหม)



Kuil ini sebenarnya bukan merupakan kuil peribadatan kaum budha, karena patung yang terdapat disini adalah patung dari Brahma (agama Hindu). Jadi asal usul sebutan 4 faced budha itu berasal darimana, tidak diketahui. Kuil ini dibangun pada tahun 1956, saat pembangunan hotel mewah Hotel Erawan. Pada tahun pertama hotel tersebut dibangun, banyak terjadi kecelakaan sehingga pekerja menolak melanjutkan bila lokasi tersebut tidak 'diruwat' terlebih dulu. Nah kuil ini dibangun untuk keperluan itu, dan entah kebetulan atau tidak, ternyata setelah itu pembangunan hotel menjadi lancar dan sukses. Nah kesuksesan ini pada akhirnya mengundang banyak orang yang mempercayai kalau patung ini 'bertuah', sehingga kuil ini menjadi terkenal.

Lokasi: Di depan Grand Hyatt Erawan, disudut jalan Ploenchit dan Ratchadamri Road
Jam buka: 06:00 - 24:00
BTS terdekat: Chidlom

8. Jim Thompson's House (Thai: พิพิธภัณฑ์จิม ทอมป์สัน)



Jim Thompson's House adalah sebuah museum yang berdiri dalam satu kompleks perumahan tradisional Thailand. Banguna museum sendiri berbentuk 6 bangunan rumah Thailand tradisional. Rumah ini dulunya didiami oleh James H.W. Thompson, yang merupakan pendiri perusahaan Jim Thompson Thai Silk. Beliau ini suka mengkoleksi segala benda seni, yang kemudian dipajang di museum ini. Jadi selain bentuk arsitektur rumah yang unik, agan bisa melihat koleksi beliau. Info lebih lanjut bisa dilihat disini.

Lokasi: Soi Kasemsan (2) Song, didepan National Stadium yang terletak di jalan Rama I Rd.
Jam buka: 09:00 - 17:00.
Tiket masuk: 100 baht.
BTS terdekat: National Stadium (Skytrain Silom Line).

9. Wat Pathum Wanaram (Thai: วัดปทุมวนาราม)



Kuil ini terletak di antara Siam Paragon dan Central World. Kuil ini didirikan oleh King Mongkut (Rama IV) pada tahun 1857. Walaupun tidak seterkenal Wat Pho, tidak ada salahnya mengunjungi tempat ini untuk sekedar mengambil gambar.

10. CentralWorld Plaza (Thai: เซ็นทรัลเวิลด์)



Shopping mall satu ini merupakan yang terbesar di Bangkok, dan kabarnya terbesar no. 3 di dunia. Lokasi mall ini di tengah-tengah antara BTS Siam dan BTS Chit Lom.

Last edited by gunawan98; 24-04-2011 at 06:55 PM..
gunawan98 is offline  QUOTE
Old 08-04-2011, 07:10 AM  #183
kaskus addict

gunawan98's Avatar

UserID: 75404
Join Date: Apr 2005
Location: ====================۞۞۞ TGL #7 ۞۞۞ ====================
Posts: 3,099
gunawan98 has a reputation beyond reputegunawan98 has a reputation beyond reputegunawan98 has a reputation beyond reputegunawan98 has a reputation beyond reputegunawan98 has a reputation beyond reputegunawan98 has a reputation beyond reputegunawan98 has a reputation beyond reputegunawan98 has a reputation beyond reputegunawan98 has a reputation beyond reputegunawan98 has a reputation beyond reputegunawan98 has a reputation beyond repute
Daerah Pratunam (Thai: ประตูน้ำ) 

Merupakan salah satu wilayah perbelanjaan untuk produk2 fashion (garment) di Bangkok. Disini harga-2 bisa ditawar murah, terutama bila beli dalam kuantitas besar, karena di area ini lah toko2 grosir berada. Daerah ini sebenarnya berdempetan dengan daerah siam yang terletak di sebelah selatan. Antara daerah Pratunam dan Siam dibatasi oleh kanal Saen Saep.

Peta obyek wisata sekitar Pratunam - 1.19 Mbytes. Wajib dicetak!
Info dari Wikitravel

1. Baiyoke Tower II



Merupakan gedung pencakar langit tertinggi di Thailand, dan hotel tertinggi di Asia Tenggara, dan menurut wikipedia, merupakan hotel tertinggi ke 4 di dunia. Hotel ini terdiri dari 673 kamar, 84 lantai. Tinggi gedung 304 meter, bila beserta antena tingginya menjadi 328 meter. Gak ada salahnya bila agan menengok ke hotel ini, untuk sekedar berfoto ria.

Bagian penting dari gedung/hotel ini adalah: lantai 77 tempat observasi umum, lantai 82 terletak resto Crystal Grill, lantai 83 ada bar bernama "Roof Top Bar & Music Lounge", lantai 84 tempat revolving deck (dek berputar). Waktu terbaik u/ berkunjung ke sini adalah sebelum matahari terbenam, jadi bisa lihat pemandangan sunset yang spektakuler.

Lokasi: 222 Rajprarop Road, Rajthevee, Bangkok.
Jam buka: Senin-Jumat: 10:30 - 22:00, Weekend/Libur: 9:30-22:00
Tiket Masuk: 120 baht (dewasa), 60 baht (anak2).

2. Pantip Plaza



Mall yang satu ini lebih dikenal sebagai IT Mall di Bangkok. Kira-kira sama lah seperti glodok/mangga dua di Jakarta. Buat pecinta gadget atau barang elektronik lainnya, gak ada salahnya mampir kemari.

Lokasi: New Phetchaburi Road
Jam buka: 10:00 - 21:00.

3. Platinum Fashion Mall



Mall yang satu ini adalah surga buat para pecinta fashion. Memang mall ini (6 lantai) spesialisasinya di produk pakaian, dan aksesorinya. Disini juga melayani grosir an. Jadi beli satu harganya akan beda dengan beli banyak. Platinum 2 mall yang berlokasi disebelahnya rencana akan diresmikan Maret 2011. Info lebih lanjut bisa dilihat di sini.

Lokasi: Phetchaburi Road, berdekatan dengan Pantip Mall.
BTS terdekat: Ratchadewi

4. Pratunam Market (Thai: ประตูน้ำ)



Kelihatannya tempat ini merupakan tempat favorit buat aganwati yang suka tawar menawar dan mondar-mandir cari-cari baju dan aksesorinya. Harga barang disini termasuk cukup murah, walaupun masih belum bisa mengalahkan Chatuchak. Lokasi market ini berseberangan dengan Platinum Mall. Market ini buka 24 Jam, dimana pagi sampe sore banyak toko2 menjual barang2 retail, sedangkan sore sampai malam lebih banyak pedagang2 kaki lima yang berjualan.

5. Victory Monument (Thai: อนุสาวรีย์ชัยสมรภูมิ)



Monument militer ini terletak di tengah-tengah pertemuan jalan Phahonyothin, Phaya Thai, dan Ratchawithi. Monumen ini dibangun tahun 1941 untuk memperingati kemenangan Thailand pada peristiwa perang Franco-Thai. Kalau agan deket lokasi ini, mungkin perlu dipertimbangkan absen di monumen ini, dan kemudian post status di fesbuk.. 

6. Bangkok Dolls Museum (Thai: บ้านบางกอกดอลส์และตุ๊กตานานาชาติ)



Buat pecinta museum, jangan lewatkan museum yang satu ini. Museum ini mempunyai koleksi tidak kurang dari 400 boneka yang dibuat oleh para pencipta boneka terkemuka di seluruh dunia. Museum ini sudah dikenal diseluruh dunia, dan pernah menjadi juara 1 di arena International Folklore Dolls Competition di Krakow, Polandia, pada tahun 1978. Sayangnya museum ini terletak di lokasi yang agak susah dicari. Tetapi peta di website ini menunjukkan rute menuju ke museum tersebut.

Alamat: 85, Soi Ratchata Phan, Makkasan, Bangkok.
Buka: Senin-Sabtu, jam 08:00 - 17:00.
Tiket: Gratis / Free.


7. Calypso Cabaret



Thailand tidak bisa lepas dari komunitas Ladyboy (sebutan u/para waria) nya. Pertunjukan kabaret satu ini dimainkan oleh para Ladyboy, dan diperuntukkan untuk seluruh keluarga. Beberapa review mengatakan bahwa cabaret show yang satu ini patut untuk ditonton. Mungkin agan bisa baca pengalaman non Mili di blognya.

Pertunjukan show ini diadakan di hotel bernama Asia Hotel. BTS terdekat adalah Ratchathewi BTS, dimana dari BTS ke hotel ini terdapat jalan layang u/ pejalan kaki.

Tiket bisa dipesan lewat website resmi ini. Tetapi akan lebih murah bila membeli lewat agen travel on-line lainnya (contoh di agen ini).

Lokasi: 296 Phayathai Road, Asia Hotel, Bangkok.
Jam Pertunjukan: 20:15 dan 21:45.
Tiket: 1400 baht (Dewasa), 1100 baht (anak-2).

Last edited by gunawan98; 24-04-2011 at 06:56 PM..
gunawan98 is offline  QUOTE
Old 08-04-2011, 07:11 AM  #184
kaskus addict

gunawan98's Avatar

UserID: 75404
Join Date: Apr 2005
Location: ====================۞۞۞ TGL #7 ۞۞۞ ====================
Posts: 3,099
gunawan98 has a reputation beyond reputegunawan98 has a reputation beyond reputegunawan98 has a reputation beyond reputegunawan98 has a reputation beyond reputegunawan98 has a reputation beyond reputegunawan98 has a reputation beyond reputegunawan98 has a reputation beyond reputegunawan98 has a reputation beyond reputegunawan98 has a reputation beyond reputegunawan98 has a reputation beyond reputegunawan98 has a reputation beyond repute
Daerah Yaowarat dan Phahurat (Thai: เยาวราชและพาหุรัด)

Daerah ini lebih dikenal sebagai Chinatown nya Bangkok. Salah satu wilayah multikultural di Bangkok, dimana daerah sekitar jalan Yaowarat banyak bermukim warga keturunan China, sedangkan di sekitar jalan Phahurat, banyak dihuni oleh warga keturunan India. Jalan Yaowarat dipenuhi oleh toko-2 emas, tetapi selepas jalan ini, agan bisa menemukan banyak hal. Chinatown ini paling enak dijelajahi dengan berjalan kaki, dan kelihatannya ini yang paling sip untuk melakukan tur ke daerah ini.

Peta obyek wisata sekitar Yaowarat dan Phahurat - 1.75 Mbytes. Wajib dicetak!
Info dari Wikitravel

1. Wat Traimit / Temple of Golden Budha (Thai: วัดไตรมิตรวิทยารามวรวิหาร)



Kuil satu ini mempunyai keistimewaan yaitu berisi patung Budha terbuat dari emas seberat 5 ton. Ukuran patung ini mencapai tinggi 3.98 meter dan lebar 3.13 meter. Patung emas ini ditemukan secara tidak sengaja. Asal muasal patung ini dimulai pada jaman King Rama III (1825-1851). Pada jaman itu satu patung yang kelihatannya terbuat dari tanah liat coklat, dipasang di Wat Phraya Krai di jalan Charoen Krung, distrik Yannawa. Pada tahun 1955, kuil tersebut harus dikosongkan. Salah satu dari 2 patung Budha dikuil itu kemudian dipindahkan ke Wat Traimit. Saat pemindahan, ternyata patung ini terselip dan jatuh, sehingga terpecah, dah saat itu ketahuan kalau dibalik lapisan tersebut tersembunyi patung emas ini. Hm... gw jadi pingin tahu bagaimana nasib patung satu lagi (kan disebutkan ada 2?), apakah isinya emas juga? Gak ada info tentang itu soalnya. 

Lokasi: Persimpangan jalan Traimit, Yaowarat dan Charoen Krung.
Buka: 8:00 - 17:00.
Tiket masuk: 20 baht.

2. Tien Fa Charity Foundation (Thai: มูลนิธิเทียนฟ้า Thianfa)



Bangunan ini merupakan yayasan sosial tertua (Chinese) di Bangkok, dibentuk tahun 1902, oleh seorang immigran asal China. Di lokasi ini juga terdapat klinik kesehatan u/ kaum miskin. Pengunjung terutama tertarik pada bagian halaman dari lokasi ini dimana terdapat kuil/kelenteng yang dikenal dengan sebutan "Shrine for the Goddess of Mercy". Pengunjung kuil ini terutama dari kalangan yang mengikuti aliran Mahayana, yang agak berbeda dari aliran Theravada yang merupakan aliran yang umum ada di Thailand.

Lokasi yayasan ini ada disebelah utara dari persimpangan jalan Yaowarat dan jalan Charoen Krung.

3. Sampaeng Lane (Thai: ตลาดสำเพ็ง)



Sampaeng Lane ini adalah sepotong jalan di Chinatown, yang juga dikenal dengan nama alamat: Wanit Soi 1. Di jalan ini agan bisa mendapati banyak pedagang yang menjual barang apa saja, dan pada umumnya bisa menjual dalam bentuk grosir. Jadi bila beli banyak akan lebih murah dibandingkan perbiji gitu. Seperti biasa, terdapat juga penjual makanan yang beragam. Blog Sampaeng Lane berikut ini bisa dibaca gan, buat tambahan info. Peta toko yang berada di Sampaeng Lane berikut bisa dilihat untuk tambahan referensi, biar gak bingung bila cari barang2 tertentu disitu. 


4. Wat Mangkon Kamalawat (Thai: วัดมังกรกมลาวาส)



Kuil satu ini merupakan kuil Budha u/ orang Cina, yang terbesar dan terpenting di Bangkok. Kuil ini juga dulu dan sampai sekarang dikenal dengan nama: Wat Leng Noei Yi (Thai: วัดเล่งเน่ยยี่). Kuil ini merupakan pusat dari kegiatan perayaan kaum Cina seperti Imlek, dan festival vegetarian. Untuk menuju ke kuil ini, agan harus melewati salah satu lorong/gang di jalan Charoen Krung. Pastinya agan perlu tanya-2 ke orang sekitar.

5. Wat Kanikaphon (Thai: วัดคณิกาผล)



Kuil satu ini berdekatan dengan Wat Mangkon Kamalawat, dan mempunyai ciri unik yaitu menggunakan keramik berwarna hijau yang menghiasai bingkai jendela. Kuil ini menurut info dari wikitravel, dibangun oleh seorang pemilik lokasi pelacuran. Kemungkina besar keramik warna hijau itu mengingatkan pada tirai gorden berwarna hijau, dimana dulunya warna tirai melambangkan rumah bordil di daerah Chinatown ini. Lokasi dari kuil ini agak tersembunyi, dana gak susah dicari, bila tidak bertanya ke orang lokal.


6. Li Thi Miew Temple (Thai: ศาลเจ้าหลีตี่เบี้ยว)



Kuil ini adalah salah satu kuil/kelenteng yang cukup besar dan terbuka buat semua. Lokasi kuil ini dekat dengan Wat Kanikaphon, sehingga tidak ada salahnya mampir u/ ambil gambar.

7. Wat Chakrawat (Thai: วัดจักรวรรดิราชาวาสวรมหาวิหาร)



Lokasi kuil satu ini terletak dijalan Chakrawat, disebelah selatan dari Sampaeng Lane. Kuil ini sebenarnya cukup kecil, tetapi yang menjadikan dia unik adalah di samping kuil ini terdapat kolam2 berisi buaya2. Buaya2 ini sudah tinggal di kolam kecil tersebut selama lebih dari 50 tahun. Dulunya buaya yang ditemukan di sungai Chao Phraya ditaruh di kolam ini untuk melindungi penduduk Bangkok yang menggunakan sungai.

8. Phahurat Market



Di daerah Chinatown ini tinggal etnis India, yang kebanyakan menempati seputar jalan/daerah Phahurat. Sehingga daerah ini bisa dikatakan sebagai 'Little India' nya Bangkok. Nah di jalan ini agan bisa menemukan toko2 yang menjual kain-2 buatan India yang terkenal dengan warna-warninya. Selain kain, tentu saja aganwati bisa menemukan hal-2 lain seperti sepatu, tas, dan pernak-pernik lainnya. Gak ketinggalan dari itu, disinilah agan bisa menemukan kuliner/makanan khas India.

Last edited by gunawan98; 24-04-2011 at 07:57 PM..
gunawan98 is offline  QUOTE
Old 08-04-2011, 07:12 AM  #185
kaskus addict

gunawan98's Avatar

UserID: 75404
Join Date: Apr 2005
Location: ====================۞۞۞ TGL #7 ۞۞۞ ====================
Posts: 3,099
gunawan98 has a reputation beyond reputegunawan98 has a reputation beyond reputegunawan98 has a reputation beyond reputegunawan98 has a reputation beyond reputegunawan98 has a reputation beyond reputegunawan98 has a reputation beyond reputegunawan98 has a reputation beyond reputegunawan98 has a reputation beyond reputegunawan98 has a reputation beyond reputegunawan98 has a reputation beyond reputegunawan98 has a reputation beyond repute
Daerah Phahonyothin (Thai: พหลโยธิน) / Chatuchak

Nama daerah ini diambil dari nama jalan Phahonyothin, yang dimulai dari Victory Monument sampai ke Don Muang Airport pada mulanya, dan kemudian jalan ini diperpanjang terus sampai ke utara. Sebenarnya daerah ini tidak begitu banyak lokasi wisata, tetapi turis datang ke daerah ini untuk mengunjungi lokasi yang sudah menjadi salah satu icon dari Bangkok: Chatuchak Weekend Market. So, pastikan agan2 semua kemari kalo ke Bangkok, dan pastikan itinerary agan2 semua melewati hari Sabtu dan/atau Minggu, karena yang satu ini cuman buka di hari Sabtu dan Minggu.

Peta obyek wisata sekitar Phahonyothin - 1.79 Mbytes. Wajib dicetak!
Info dari Wikitravel

1. Chatuchak Weekend Market (Thai: จตุจักร)



Chatuchak Weekend Market (atau biasa disebut JJ Market), merupakan pasar yang terbesar di Thailand! Bahkan beberapa website mengklaim kalau pasar ini terbesar se asia tenggara bahkan di dunia!. Bagaimana tidak? Pasar ini melingkupi area seluas 1.13 Km persegi! Di dalamnya terdapat setidaknya 15.000 toko/booth yang dibagi dalam 27 section, dengan pengunjung diperkirakan mecapai 200.000 per hari. Aganwati (sori gak sebutin agan ), bisa mendapatkan apa saja disini dengan harga yang menarik. Keahlian tawar menawar diperlukan disini. Buat yang punya hobby shopping dengan tawar menawar, nah tempat ini wajib u/ dikunjungi sambil mempraktekkan skill anda. 

Karena besarnya area, ada baiknya agan melihat peta di website ini, dimana disitu ada peta-peta dari ke 27 seksi dari pasar. Sehingga aganwati bisa langsung ke seksi yang dikehendaki, tanpa salah arah.

Pasar ini buka hanya pada hari Sabtu dan Minggu. Kabarnya panas banget di dalam. Jadi sebaiknya kalau kesini pagi-pagi aja deh. Buka mulai jam 08:00 sampai sore.

Trid mengenai Chatuchak bisa dibaca di sini.
Info lebih lanjut bisa dibaca di sini.

Perhatian!: Sejak Juni 2008, di Chatuchak telah diberlakukan aturan dilarang merokok di dalam pasar. Pelanggaran akan dikenai denda 2000 baht.


2. Chatuchak Park (Thai: สวนจตุจักร)



Chatuchak Park terletak persis di atas station MRT Chatuchak Park. Taman satu ini merupakan salah satu taman u/ publik yang ada di Bangkok. Taman ini dibuka u/ umum tahun 1980, dimana lokasi tanahnya disumbangkan oleh perusahaan kereta api thailand (State Railway of Thailand). Oleh sebab itu di dalam lokasi ini berdiri juga Musium Kereta Api. Nah buat agan yang bosen mendampingi aganwati di weekend market chatuchak, boleh duduk disini beserta anak2 (kalo dah punya). Gambar2 di blog ini bisa dilhat u/ mengetahui sekilas isi dari taman ini.

Jam buka: 05:00 - 20:00 (gratis).

3. Queen Sirikit Park (Thai: สวนสมเด็จพระนางเจ้าสิริกิติ์)



Taman ini merupakan bagian dari Chatuchak Park. Dibuat pada tahun 1992, dan diberi nama Queen Sirikit u/ memperingati ulang tahun ratu Sirikit yang ke 60. Di taman ini banyak terdapat kolam2 berisi tanaman teratai yang indah. Di dalam taman ini terdapat Children Discovery Musium

Jam buka: 05:00 - 20:00 (gratis).

4. Wachirabenchatat Park (Thai: สวนวชิรเบญจทัศ)



Taman yang satu ini merupakan satu kesatuan dengan taman Chatuchak dan Queen Sirikit. Letak taman ini disebelah utara dari Taman Chatuchak dan Queen Sirikit, dan taman ini merupakan yang terbesar dari ketiganya. Didalam taman ini terdapat air mancur tertinggi di Thailand. Di antara taman ini dan taman Queen Sirikit terletak Bangkok Butterfly Garden. So, coba mampir aja kemari gan.

Jam buka: 05:00 - 21:00. (Gratis)

5. Children's Discovery Museum (Thai: พิพิธภัณฑ์เด็ก)



Bila banyak musium pada umumnya berisi benda2 dalam kotak kaca, dengan bau bahan kimia pengawet, dan mungkin tanda dilarang sentuh dimana-mana, maka musium satu ini dirancang untuk membuat anak2 lebih aktif bergerak sambil belajar. Musium ini terdiri dari 3 gedung, dimana masing2 gedung dirancang dengan tema pelajaran tersendiri. Gedung 1: bertemakan pengetahuan tentang tubuh dan fungsinya, tujuannya mengajarkan anak2 untuk mengetahui tentang tubuhnya sendiri. Terdapat galeri teknologi yang menceritakan tentang teknologi seperti listrik, mesin, radio, televisi dll. Gedung 2: berisi seputar konservasi alam. Gedung ini memang ditujukan untuk menanamkan cinta lingkungan dalam diri anak2. Gedung 3: Anak2 bisa melihat galeri tentang alam dan lingkungannya.

Jam buka: 09:00-17:00 (Selasa-Jumat), 10:00-18:00 (Sabtu-Minggu), Senin: Tutup.
Tiket masuk: Dewasa: 70 baht, anak2: 50 baht.

6. Bangkok Butterfly Garden and Insectarium (Thai: อุทยานผีเสื้อและแมลงกรุงเทพฯ)



Lokasi insectarium satu ini terletak diantara taman Queen Sirikit dan Wachirabenchatat. Jangan dibayangkan kalau di dalamnya berisi serangga-2 mati dalam kotak kaca berisi nama2 latinnya, tetapi di dalamnya agan akan temui satu sangkar besar yang di dalamnya terdapat air terjun (buatan), dan habitat dari kupu2 tersebut. Jadi mumpung ini gratis gan , jangan lewatkan yang satu ini, siapkan kamera agan, dan abadikan serangga2 cantik di sini. Bukan itu saja, di dalam gedung ini juga ada sarana pendidikan buat anak2. So, jangan lewatkan yang satu ini, biarkan ibu2 belanja di chatuchak, anak2 yang kepanasan bisa main2 di sini. 

Jam buka: 08:30-16:30 (Gratis)

7. Or Tor Kor/Otokor Market (Thai: ตลาด อ.ต.ก)



Otokor market ini merupakan fresh market yang berbentuk seperti supermarket terbuka yang ditujukan untuk market kelas atas, oleh sebab itu baik kualitas barang yang ada disitu sesuai dengan harganya. Rata-rata lebih mahal dibandingkan pasar-pasar lainnya. Disini selain buah-2 an dan sayuran lokal terbaik, juga terdapat buah-2 an dan sayuran import. Disamping itu, juga terdapat foodcourt yang menjual makanan2 lokal. Market ini berlokasi diseberang dari Chatuchak, yaitu diseberang jalan Kamphaeng Phet. Bila pakai MRT, paling dekat turun di Kamphaeng Phet Station, exit #3.

Info tambahan dari bro seasons mengenai market ini bisa dilihat di sini.

Jam buka: 06:00 - 20:00, tiap hari.
MRT terdekat: Kamphaeng Phet Station, exit #3.

Last edited by gunawan98; 15-05-2011 at 03:54 PM..
gunawan98 is offline  QUOTE
Old 08-04-2011, 07:13 AM  #186
kaskus addict

gunawan98's Avatar

UserID: 75404
Join Date: Apr 2005
Location: ====================۞۞۞ TGL #7 ۞۞۞ ====================
Posts: 3,099
gunawan98 has a reputation beyond reputegunawan98 has a reputation beyond reputegunawan98 has a reputation beyond reputegunawan98 has a reputation beyond reputegunawan98 has a reputation beyond reputegunawan98 has a reputation beyond reputegunawan98 has a reputation beyond reputegunawan98 has a reputation beyond reputegunawan98 has a reputation beyond reputegunawan98 has a reputation beyond reputegunawan98 has a reputation beyond repute
Daerah Silom (Thai: สีลม)


Peta obyek wisata sekitar Silom - 2.58 Mbytes. Wajib dicetak!
Info dari Wikitravel

1. Lumphini Park (Thai: สวนลุมพินี Suan Lumphini)



Taman Lumphini ini dibangun oleh King Rama VI di tahun 1920. Pada tahun 1925, taman ini kemudian dibuka untuk publik. Taman seluas 57 hektar ini merupakan area terbuka yang penuh dengan pohon yang rimbun, dan taman yang lapang untuk bermain. Merupakan surga ditengah ditengah padatnya kota Bangkok yang penuh dengan gedung2 bertingkat. Didalamnya terdapat danau buatan. Agan bisa melihat website ini untuk melihat isi dari taman lumphini ini.Di bawah ini bisa dilihat peta situasi taman tersebut.

Spoiler for Peta Situasi


BTS terdekat: Sala Daeng Station
MRT terdekat: Lumphini Station atau Silom Station.


2. Queen Saovabha Memorial Institute Snake Farm (Thai: สถานเสาวภาสภากาชาดไทย)



Terletak di sudut Henri Dunant Road dan Rama IV Road, Snake Farm adalah peternakan ular kedua tertua di dunia. Seorang asing yang menyadari tentang bahaya racun ular mendirikan lembaga ini pada tahun 1923. Sejak impor serum tidak sesuai dengan serum yang diproduksi oleh ular berbisa Thailand, peternakan ular ini sengaja dibangun untuk mengekstrak serum dari racun ular. Peternakan ular di Queen Saovabha Memorial Institute adalah tempat untuk berinteraksi dan belajar tentang ular, termasuk kobra, phyton, viper, dan krait. Di sini kita dapat melihat demonstrasi-demonstrasi seperti: ekstraksi bisa, memegang ular raksasa, dan mempelajari tentang herpetology dan toxicology. Tempat ini adalah impian bagi penggila ular! (kutipan dari sini.).
Mau tau dalemannya apa, coba dibaca di website ini. Ada jadwal atraksi2 tertentu.

Lokasi: Di sudut Jl. Rama road IV dan Henri Dunant Road.
Jam buka: Hari biasa: 08.30-16.30, Sabtu-Minggu atau hari libur: 09.30-13.00.
Tiket: Anak2: 50 baht, dewasa: 200 baht.


3. Lumpinee Boxing Stadium (Thai: สนามมวยลุมพินี)



Salah satu atraksi wisata yang dicari orang di Bangkok adalah pertandingan tinju ala thailand (muaythai). Pertandingan tinju ini dilaksanakan di arena indoor Lumpinee ini. Sebenarnya arena tinju bukan cuman disini saja, masih ada lagi tempat lain. Disini berlaku dual price system, jadi u/ wisatawan asing, jatuhnya akan mahal. Info lebih lanjut bisa dibaca di sini.

Kompetisi berlangsung pada hari: Selasa, Jumat, dan Sabtu.
Tiket masuk: 1000 baht - 2000 baht.
MRT terdekat: Lumphini Station.

4. Traditional Thai Puppet Theater (Thai: นาฏยศาลา หุ่นละครเล็ก)

Dikenal sebagai Joe Louis Theater, dan berlokasi di Suan Luam Night Bazaar. Berdasarkan info terakhir, atraksi yang satu ini sudah tidak beroperasi lagi sejak 2010.

5. Blue Elephant Cooking School and Restaurant



Kelihatannya pergi ke Bangkok sekedar u/ belajar masak, mungkin rada2 aneh yah. Tapi siapa tahu agan/aganwati memang berniat belajar masak makanan thailand tradisionil. Nah Blue elephant ini, selain terkenal sebagai restoran legendaris, juga ternyata menawarkan kelas memasak. Tetapi bila memang tidak ingin belajar, gak ada salahnya mencicipi masakan di resto yang satu ini. Info lebih lanjut bisa dilihat di sini.

Lokasi: 233 South Sathorn Road, Kwaeng Yannawa, Khet Sathorn, Bangkok 10120
BTS terdekat: Surasak station. (Skytrain Silom Line).

6. Patpong Night Market (Thai: พัฒน์พงษ์)



Rasanya lokasi ini sudah terkenal diseluruh dunia sebagai kawasan 'lampu merah' nya bangkok. Walaupun ada embel2 night market, dan memang ada penjual suvenir2, tapi jelas kalah dominan dengan 'market' yang satunya lagi. . Beberapa rekan memberi warning bahwa di lokasi ini dipenuhi dengan preman2, sehingga diharapkan kita berhati-hati dalam bertindak disini. Blog2 ini, dan ini bisa dibaca buat tambahan informasi. Hati-hati mengenai scam disini.

No comments:

Post a Comment