Search This Blog

Thursday, May 3, 2012

Hostel di Paris


Hotel dan hostel di Paris

Bagian 2 : tempat istirahat di Paris
Untuk sebuah rencana mengunjungi kota bercitra internasional, kita harus membekali pengetahuan yang cukup. Kalau tidak kita akan terlunta-lunta kebingungan atau bahkan ditangkap polisi karena ‘berceceran’ di jalan raya. Kadangkala petugas-petugas pun masih suka rasialis begitu melihat wajah-wajah asia, terlebih lagi kalau kita tetap saja membawa sikap kampungan kita dengan tidak menaati ketertiban seperti menyeberang tidak pada tempatnya atau menyerobot jalan raya mentang2 kosong, meludah sembarangan atau duduk2 di semabarang tempat. Petugas-petugas itu bisa jadi sedemikian judesnya,dan tiba2 bertindak tanpa kita tahu salah kita apa.
Nah, pada tulisan awal aku sudah menulis mengenai transportasi di paris. Tulisan selanjutnya ini adalah tentang serba-serbi tempat tinggal kita di paris. Kita mesti merencanakan jauh hari ini untuk urusan ini. Sebab kategori yang selalu kita butuhkan untuk tempat istirahat adalah tempat yang bagus (kalau bisa mewah) dan lokasinya strategis, adalah kategori yang juga dicari oleh ribuan orang lainnya. Kompetisinya adalah, siapa yang booking duluan, dialah yang dapat. Atau kalau maugambling, yaitu mencari hotel saat kita tiba, dan tentu saja akan sulit untuk berhasil sesuai kategori di atas dan kalau pun dapat kita harus membayar lebih dari biasanya.
Nah, salah satu cara yang aman dan nyaman adalah mencari informasi di internet. Di eropa ini, internet sudah menjadi salah satu peralatan rumah tangga yang penting. Selain kita mencari informasi, kita juga melakukan pembelian berbagai macam barang, pembelian tiket perjalanan (baik pesawat, kereta api, bahkan taksi sekalipun), mengambil jadwal bis, kereta atau metro dan sebagainya. Termasuk mem-booking hotel. Aku mengambil salah satu situs untuk panduan jalan-jalan di paris, yaitu france this way. Ini untuk mengatur strategi, tempat apa saja yang mungkin dikunjungi dalam 2 hari perjalanan. Lalu dengan bantuan software google earth, kita melakukan estimasi kilometer dan rute terdekat yang dapat di ambil sehingga kita bisa melakukan estimasi waktunya sekalian.
Untuk tempat bermalam, aku melihat situs dari UK yang ada fasilitas pencarian hotel2 yang cukup murah di paris dan juga di kota besar eropa lainnya, namanyacheaper than hotel. di situs ini harga yang ditawarkan untuk bermalam adalah kisaran 80 euro sampai ratusan euro per malam. ugh.. terlalu mahal utk kantong mahasiswa ! sorry ya.
Aku juga akhirnya menemukan situs yang berisi informasi tempat bermalam tipe hostel, namanya hostel world dan Paris hostel dengan penawaran harga menginap kisaran belasan euro sampai 30-an euro per malam. nah.. ini cocok untuk kantong mahasiswa.. he.. he..
Tapi jangan senang dulu, untuk tempat bermalam hostel biasanya, shared bathroomalias untuk beberapa kamar (biasanya 4-5 kamar) dapat satu paket kamar mandi dan WC (normalnya tempat mandi 2 lokal dan WC 2 lokal) , dan kamarnya bertipe dorm, yaitu satu kamar berisi 4-6 orang, dan parahnya di eropa ini, kamar tipe Dorm penyewanya dicampur begitu saja antara laki-laki dan perempuan. Untungnya kami berombongan 4 orang bisa berada di satu kamar. jadi aman, ngga usah merasa risih kalau dicampur dengan lain jenis dalam satu kamar. so, pesannya disini, kalau jelas siapa rombongannya, anda bisa pilih hostel dengan tipe kamar dorm ini. Lalu untuk keamanan, barang-barang berharga sebaiknya dititipkan pada resepsionis, sebab dalam 1 dorm tersebut, kita bisa sekamar dengan orang yang tidak kita kenal. kebiasaan menggantung baju sembarangan dan meletakkan barang-barang seperti jam, HP dan cincin dsb, jangan dibiasakan saat kita tinggal di dorm.
Anda tidak biasa tinggal di kamar tipe dorm?, jangan khawatir karena di hostel juga biasanya tersedia kamar tipe double yaitu untuk dua orang saja dan memiliki privat bathroom, tapi harganya mulai 60 euro per malam.
jadi, mana yang anda pilih ?
(bersambung)

No comments:

Post a Comment