Search This Blog

Tuesday, May 17, 2011

PPI-Jepang 2010

Temu Ilmiah ke-18 PPI-Jepang 2010

(The 18th Indonesian Scientific Meeting in Japan)

7-8 Agustus, Nagoya University


DIALOG ANTAR ORGANISASI, 24 Januari 2010
Laporan Kegiatan Lomba Pidato Bahasa Indonesia 2009
Brosur tentang kesiagaan menghadapi gempa di Nagoya dan sekitarnya
Brosur tentang keadaan darurat dari Kuyakusho di

Media ini merupakan wadah representasi komunitas pelajar Indonesia di Nagoya, Jepang.
Berbagai kisah dan pengalaman dari rekan-rekan pelajar Indonesia beserta keluarganya tertuang dalam wadah ini. Hal ini sesuai dengan semboyan Perkumpulan Pelajar Indonesia (PPI) Jepang yaitu "Membuka Dunia untuk Indonesia dan Membuka Indonesia untuk Dunia".
Sebagai gambaran, komunitas PPIJ Nagoya tersebar di beberapa perguruan tinggi di Nagoya dan sekitarnya misalnya Nagoya University (Meidai), Nagoya Institute of Technology (Mekodai), Aichi University, Nanzan University, dan beberapa perguruan tinggi lainnya. Pendidikan yang ditempuh juga beragam, mulai dari short time visiting sampai level post-doctoral.
Silahkan mengexplorasi lebih lanjut hal-hal yang ada dalam wadah ini dan silahkan didownload file-file yang mungkin bermanfaat. Khusus untuk foto-foto, hak ciptanya terletak pada masing-masing fotografer. Salam...

 Nagoya University Festival (Meidaisai) 6-7 Juni 2009
Meidasai merupakan festival tahunan yang diadakan untuk merayakan didirikannya Nagoya University sekaligus menjadi ajang aktivitas sosial dan pertukaran kebudayaan antar pelajar terbesar di wilayah Aichi Prefecture. PPI Nagoya berkesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan Meidasai ini dengan misi utama untuk memperkenalkan budaya Nusantara dan isu pembangunan di negeri tercinta kepada masyarakat jepang khususnya, dan masyarakat internasional pada umumnya.
Kegiatan Meidaisai terdiri atas beberapa bagian antara lain pengenalan budaya, pameran dan penjualan pernak pernik/souvenir khas beberapa provinsi di Indonesia (disupport oleh Garuda Indonesia – Nagoya), eksebisi pakaian adat daerah dan pertunjukan/pelajaran seni budaya (musik angklung) dsb.
Kami bersyukur dan berkat kerja keras rekan-rekan Nagoya, dalam 2 hari berlangsungnya kegiatan Meidaisai ini mendapat perhatian yang positif dari para pengunjung.
                     



 Togo Matsuri
Dalam rangka meramaikan hari anak (Kodomo Matsuri) di Jepang, PPI Nagoya bersama dengan pemerintah kota Togo (Aichi Prefecture), melaksanakan kegiatan pentas seni (angklung) dan lomba tradisional khas Indonesia, pada tanggal 23 Mei 2009. Penampilan anak-anak SD Bhineka di bawah asuhan Murni Sensei dan Ibu-ibu/mbak-mbak PPI di panggung Togo Matsuri  mendapat sambutan hangat
Sementara Di stand Indonesia diramaikan oleh acara lomba tradisional, yaitu Permainan lidi, Kempyeng,  Lompat tali, Bola bekel dan Congklak telah menarik perhatian pemirsa sebagian besar anak-anak yang jumlahnya mencapai ribuan.
Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kota Togo (Kamiya-san dkk) atas kerjasamanya untuk mempekenalkan budaya Indonesia serta penghargaan kepada Anak-anak SD Bhineka, para Ibu dan rekan-rekan sekalian yang dengan semangat telah memeriahkan acara Togo Matsuri 2009.

Foto lengkap dapat dilihat di Galeri
Liputan kegiatan di website Mofa Jepang:

Welcome Party 2009
Hari Minggu 12 April 2009 bertempat di Meijo Koen, telah dilaksanakan acara penyambutan rekan-rekan yang baru datang dan bergabung di Nagoya dan sekitarnya.
Atas nama pengurus PPI Nagoya mengucapkan Selamat datang kepada saudara-saudara yang akan tinggal di Nagoya. Semoga betah, sukses dalam studi dan bahagia selalu. "You'll never walk alone"
dan mohon doa restunya untuk pengurus PPI Nagoya yang baru.




 







 Kerjasama PPI Nagoya - Garuda Indonesia , Nagoya
Terhitung mulai bulan Juni 2008, Garuda Indonesia kembali melayani penerbangan Nagoya-Denpasar. Bersamaan dengan itu telah di tandatangani pula kerjasama antara PPI-Nagoya dan Garuda Indonesia Nagoya khususnya menyangkut penjualan tiket garudaIndonesia melalui PPI Nagoya. Untuk pemesanan tiket silahkan hubungi langsung liaison officer :
Sdr. Inu Isnaini Sidik

Email Pasokon:Inu_ sport@hotmail. com
090-6611-1012 softbank
Email HP: rininu@softbank. ne.jp
Nagoya-shi Showa-ku Kawana-cho 4-23 Takamatsusoo 2A

No comments:

Post a Comment