Search This Blog

Sunday, August 12, 2012

Biaya extra 1 x harga tiket


Backpacking : Tips Di Perjalanan

Setelah menentukan tempat yang akan kita tuju dan mendapatkan informasi lengkap tentang tempat yang dituju, apa yang harus dilakukan untuk memulai backpacking ?

1. Mulai dengan persyaratan administratif :
a. Mulai mencari ticket yang sesuai dengan budget. Untuk keperluan apply visa, ada beberapa kedutaan yang akan meminta bukti booking tiket. Disisi lain ada beberapa airlines yang memperbolehkan booking dulu, bayarnya belakangan. Kondisi ini menguntungkan karena memberikan kesempatan kepada kita untuk mencari ticket yang sesuai budget sambil apply visa.
b. Membuat passport, jika anda belum memiliki passport. Hubungi kantor imigrasi terdekat, cari informasi mengenai persyaratan yang diperlukan termasuk biaya yang dibutuhkan. Syarat membuat paspor bisa dilihat di : http://www.imigrasi.go.id/
c. Mulai apply visa (jika diperlukan). Ada beberapa negara (umumnya Eropa, USA, Australia) akan meminta passport yang sudah terisi sebelumnya, kecuali disertai oleh surat jaminan atau sponsor letter. Dilain pihak, ada beberapa negara yang bisa ditempuh tanpa perlu visa atau bisa dilakukan setibanya kita di tempat tujuan (Visa on Arrival). Cari informasi secara benar dan lengkap untuk masalah visa. Uruslah visa sendiri karena akan lebih murah. Disamping itu, anda bisa mengenal negara yang dituju berdasarkan informasi ketika anda mengajukan applikasi visa.
d. Mulai mencari akomodasi yang aman dan sesuai kebutuhan, cari tahu dimana akan tinggal, berapa biayanya, beapa hari akan tinggal, bagaimana kondisi akomodasi. Lihat foto, review dan lokasi akan membantu untuk memberikan gambaran akomodasi yang akan kita tuju. Referensi dari teman perlu didengarkan juga. Ada banyak website untuk mencari akomodasi dengan budget yang reasonable seperti : hostelword, hostelbooking, YHA, Hostel Iinternational

2. Memulai perjalanan
a. Tibalah di airport miniman1 jam sebelum keberangkatan, khususnya jika melakukan perjalanan internasional. Lebih baik menunggu lebih awal daripada terlambat.
b. Manage bawaan anda, passport, kartu kredit, uang, handphone, laptop secara baik. Pisahkan sesuai kebutuhan, dan waktu penggunaan (sering, jarang,sewaktu-waktu
c. Bawalah uang secukupnya. Tidak disarankan membawa uang dalam jumlah banyak, disamping tidak nyaman, akan membahayakan diri anda sendiri. Bawa sescukupnya untuk di jalan, setiba ditempat tujuan bisa dilakukan penukaran dengan mata uang setempat.
d. Gunakan pakaian dan sepatu yang nyaman. Jangan menggunakan perhiasan berrlebihan dan menyolok. Bawalah satu jacket sebagai persiapan selama diperjalanan. Para wanita, jangan menggunakan make up berlebihan.
e. Buku, IPod, walk-man bisa jadi alternative untuk membunuh waktu selama menunggu dan diperjalanan.
f. Siapkan perlengkapan pribadi (obat, sikat gigi, peralatan sholat) secukupnya dalam tas cabin, terutama untuk kondisi darurat dan selama diperjalanan.
g. Beritahukan kepada keluarga atau orang dekat tentang kepergian anda.

3. Di tempat tujuan.
a. Selalu waspada dan berhati-hati dimanapun.
b. Rajin menghubungi keluarga atau teman dekat untuk memastikan anda baik-baik saja. Telepon dari luar negeri lebih murah, tapi hati-hati jika anda menelpon dengan mobile phone Indonesia, ada biaya extra untuk roaming. Jika anda melakukan perjalanan yang panjang, sebaiknya beli saja sim card dari negara setempat untuk berkomunikasi.
c. Hati-hati terhadap barang bawaan. Bawa uang secukupnya, pisahkan uang dalam beberapa bagian untuk keamanan. ATM lebih baik digunakan daripada membawa uang dalam jumlah banyak. Namun perlu diingat ATM biasanya akan mengenakan beban biaya tambahan. siapkan biaya extra paling tidak 1 x harga tiket sebagai cadangan, jika anda sakit atau kondisi ditempat tujuan tidak memungkinkan dan anda harus segara pulang.
d. Berhati-hati dengan orang yang baru dikenal. Jangan mudah percaya. Hindari jalan sendirian ditempat yang sepi pada malam hari.

e. Jika negara yang dituju sedang WINTER jangan lupa :
i. Bawa pakaian yang hangat dan membungkus tubuh secara rapat khususnya bagi yang baru pertama kali atau tidak terbiasa dengan suhu yang sangat dingin.
  Untuk menahan suhu yang dingin ada beberapa cara :
ii. Pakai pakaian yang ketat membungkus badan. Thermal dan stocking sangat baik untuk membungkus badan sebelum menggunakan pakaian lainnya.
iii. Jeans dan jacket kulit sangat baik untuk menahan angin dingin.
iii. Wind and waterproof clothes sangat disarankan.
iv. Sarung tangan, topi (beanie) dan kaos kaki selalu dikenakan.
v. Lip gloss untuk mengatasi bibir pecah.
vi. Banyak bergerak akan membuat badan kita hangat.

f. Jika negara yang dituju sedang SUMMER atau musim panas :
i. Bawa pakaian yang tidak mudah menyerap panas, bahan dari katun sangat baik menyerap keringat.
ii. Sepatu yang nyaman dan tertutup. Banyak orang mengira kalau Summer cukup bawa sandal jepit saja. Jika anda berencana untuk melakukan banyak jalan kaki, sandal bukan penopang kaki yang baik. Sebaiknya menggunakan sepatu yang tertutup untuk menghindari kotoran dan benda tajam selama berjalan kaki. Terlalu lama jalan dengan sandal akan menyebabkan masalah pada tulang belakang
iii. Sunblock, topi, sunglass dan lip-gloss wajib digunakan selama melakukan perjalanan. Ada beberapa negara yang memiliki sinar matahari sangat tajam dan berbahaya bagi kulit sehingga sunblock sangat dianjurkan. Jika terkena sunburn atau luka karena sengatan matahari, gunakan olive oil atau Minyak zaitun untuk mengatasinya.
iv. Hindari terkena matahari secara langsung terutama pada saat siang hari ketika matahari sedang panas-panasnya.
v. Jika akan pergi kepantai untuk berenang, perhatikan rambu-rambu disekitar pantai. Ikuti petunjuk dan rambu yang ada. Berhati-hatlah dengan binatang laut.
vi. Banyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi. Walaupun anda tidak berkeringat, anda harus tetap minum air putih yang banyak.

4. Sangat baik untuk mencoba kuliner setempat, tapi anda juga harus berhati-hati memilih makanan dan minuman. Perhatikan kebersihan dan keselamatan anda.

5. Hormati budaya, kebiasaan dan hukum berlaku. Hubungi polisi atau petugas keamanan setempat jika merasa terancam atau berbahaya.

6. Biasakan membuat dokumentasi.

No comments:

Post a Comment