Search This Blog

Toko Disney

EIFFEL, I’M IN LOVE!

Posted on
masih inget pasti kan dengan salah satu film romantis produksi Indonesia, di tahun 2000-an ini? :D yeaaah jaman SMP film ini pernah jadi film favorit saya.. super sweet rasanya hhehe. anyway, saya ngga’ pernah mimpi buat bisa holiday di Paris dan bisa ngeliat Eiffel Tower dari jarak super deket bahkan masuk dan naik ke ATAS-nya!
post tentang jalan-jalan kali ini bakal saya share jadi beberapa bagian maklum saya pergi kesana cukup lama 5 days 4 nights (15 Nov-19 Nov 2011). Day by day.. berbagai tips, dan kejadian konyol bakal lengkap ada disini..
so, here goes the story..
14 Nov 2011
Berangkat dari Groningen menuju Amsterdam Amstel dengan Kereta jam 17.05, perjalanan memakan waktu 2.5 jam. Nah sampe deh, di Amsterdam Amstel langsung menuju kantor Eurolines buat check-in. Bus menuju Paris berangkat jam 10 p.m. Busnya cukup nyaman ada sandaran kaki-nya, kursi empuk dan terlihat bersih, ber-AC/heater, ada film DVD James Bond yang menemani perjalanan kali itu (padahal saya juga tidur di bis) :P

loket check-in

bus eurolines
oiya, pergi naik bus ke Paris dari Amsterdam cukup affordable lho! 62 euro (PP) udah termasuk asuransi jiwa (5 euro). coba check link ini ya..kalo berminat Eurolines
15 Nov 2011
Taraaaa! sampai deh di Paris! Cihuuuuuuyyyy! on time tiba jam 6 pagi.. langsung menuju loket otomatis buat beli tiket metro. 1 tiket metro untuk 1 kali perjalanan (bisa pindah-pindah metro asal masih dalam stasiun) seharga 1.5 euro, saya dan teman-teman langsung beli 10 tiket metro karna lebih hemat sedikit, dan metro adalah transportasi yang akan sering kami gunakan disini.
Destination 1: Aloha Hostel
ini adalah hostel tempat saya menginap, hmmm… bersih, relatif deket sama eiffel, deket stasiun metro, ada banyak pilihan kamar sesuai budget, ada wi-fi gratis, ada 3 computer PC yang bisa dipake, dan include breakfast (walopun saya bawa bekal sendiri dari Groningen). Satu hari nginep disana 26.25 euro, sewa bed sheet 3 euro (+ deposit 7 euro).
yang kurang enaknya dari hostel ini, hmm.. 1 lantai cuma ada 1 shower room, dan 2 toilets, dan 1 lantai bisa ada beberapa kamar… tapi yaa..seperti kita ketahui sendiri orang bule jarang mandi.. selama disana saya cuma 1 kali ngantri buat mandi :P ya sudahlah.. bayar murah ngga boleh comment :P hhehe
abis check-in, saya berleha-leha sebentar di sekitar lobby.. dan lanjut pergi.. ke..
Destination 2 : École Militaire and UNESCO
sebenernya ini destinasi yang ngga’ sengaja kita datengin, di jalan menuju Eiffel, kita ngelewatin dua gedung ini.. yaaa ga’ ada salahnya buat foto-foto dulu lah yaa :D hari itu kabuuuttt! dan tentu saja brrrr…dingin..

bendera-bendera di samping kantor UNESCO

UNESCO

École Militaire tampak belakang

École Militaire tampak depan
Destination 3: Eiffel Tower

kabutt... :(

Eiffel Tower
ADA KECELAKAAN!
jadi gini ceritanya, beberapa hari sebelum berangkat biar ngga’ ngantri di Eiffel Tower, saya dan teman-teman memutuskan buat beli tiket masuk Eiffel Tower online, check this site for more info! Tour Eiffel.
Nah, ternyata harus pake credit card buat bayar, jadilah credit card saya (read: credit card tambahan dari Papa) yang dipake buat beli tiket. Gara-gara ga tau kalo bayarnya pake credit card, kami sempet dua kali reservasi, yang pertama pake nama temen saya, trus ulang lagi pake nama saya. Somehow..saya yang tadinya cuma pesen 4 tickets, tiba2 jadi 8 TICKETS yang ke beli! MAMPUS! Tagihan jadi 2 kali! X_X (1 tiket youth (until 24 years old) = 11.8 euro x 8 silahkan hitung sendiri totalnya hehe)
PANIK! trus temen-temen pada nenangin.. “ya udah lah vir.. kita bayar double aja..gapapa”“yauda vir, kita kan masih bisa jadi calo tiket, paling disana banyak yang ngantri..”
AHA! Calo’ TIKET! ini nih.. jiwa-jiwa jadi calo’ muncul hahahaha
jadilah.. tiket masuk itu jam 10.30.. dari jam 09.15 saya sama Yudis dan Katherin mulai ke kanan kiri liat-liat cari ‘mangsa’.. mulai ngedeketin 1 pasangan bule.. ngomong-ngomong.. ternyata mereka bedua asal Aussie.. cowo’nya 24 tahun (aman..) cewe’nya 22/23 gitu.. eh pas ditawarin mereka tertarik trus DEAL! aahh.. mereka baik sekaliii…. :D kami pun janjian sama mereka buat ketemu lagi di bawah eiffel, sekitar jam 10.15..
2 tiket lagi..
nunggu-nunggu dan jarum jam mendekati angka 10.15.. nyari tampang2 orang dibawah 24 tahun susah-susah gampang hehehe..
temen saya kmbali ngomong, “ya udah lah vir.. kalo ga dapet dua lagi.. ya kita bagi 4 aja bayarnya, ini juga udah lumayan kok”
tapi hati ini kok masih penasaran yaa.. pas jam 10.15 mau masuk ke Eiffel sama petugasnya masih blom boleh, soalnya di tiket jam 10.30.. WAH! Masih ada kesempatan!
sambil menguji jiwa-jiwa sales&marketing.. saya pun ngajak Yudis, “dis.. itu tuh ada dua cewe’ samperin yuk!”
mulai deh komat-kamit ngejelasin kalo kita punya dua tiket masuk eiffel tanpa ngantri sampai ke tingkat paling atas, sama sekali ngga’ di untungin (alias jual dengan harga asli), masuknya jam 10.30 ini..
kedua cewe’ iu ternyata tertarik buat BELI! Yihaaaaa! dan umur mereka masih 22 tahun! mereka asal Sapporo, Japan! :D
Makasi Ya Allah… aku ngga’ jadi rugi :P

foto bareng pembeli tiket :D
asik deh kita main-main ke atas.. ngga pake ngantri mengular kayak orang lain dan dapet privilege buat naik lift dari lantai dasar sampai atas, nah setelah naik ke stage 2.. dan terbukti kita ngga’ ngebohongin para pembeli mereka pun bayar.. hihihi seneng! :D
layaknya menara-menara pada umumnya, menyenangkan sekali yaa.. berada diatas.. bisa liat pemandangan Paris dari ketinggian 324 meter. hmmm..yang agak horor adalah… Lift-nya miring doonggg! mengikuti konstruksi bangunan Eiffel.. yaa kebayang aja yaah.. mana goyang-goyang gitu kalo kena angin hahahaha
diatas Eiffel saya ketemu sama orang Indonesia lainnya, ternyata beliau ada mahasiswa PhD dari Leiden (tetangga dong kita.. om hehehe). puas foto-foto saya pun ke souvenir shops (kebiasaan..) liat-liat.. saya menemukan kumpulan postcards!
pesen mama, “dek..kemanapun kamu pergi kirim kartu pos yaa.. buat kenang-kenangan nanti..”
sip deh! udah dibeli mam!

dari atas Eiffel Tower

view dari atas Eiffel

ada bendera indo!

top of the top

vira & Katherin

patung lilin di dalam menara
oiya, pas dilantai paling atas di Eiffel, Pasangan asal Aussie, yang tadi beli tiket dari saya… ternyataa… si cowo’… ngeluarin kotak berwarna ungu..yang didalemnya terdapat cincin…. and he proposed!!!!!!!
*pukul-pukul tembok* *mupeng*
berasa lagi nonton film romance tapi live! saya dan temen dasar emang iseng.. ngintip2 dari balik bagian menara eiffel.. si cewe’.. kaget, mukanya sumringah, bingung, menitihkan air mata, (seneng + terharu banget pasti yaa..) si cowo’ dari muka tegang, setelah di jawab langsung senyum selebar-lebarnyaaa..
terus mereka pelukan, dan *sensor* dan kemudian minta orang buat fotoin mereka berdua..
how sweet…smoga mereka langgeng sampai akhir khayat.. Amin :D
turun ke lantai tengah, saya kemudian tergoda buat beli Brioche Chocolate! nyaammm…

foto di lantai "tengah" dari menara Eiffel
makan di dalam Eiffel ada sensasi tersendiri hehehe..

my snack :D
saatnya turun dan foto-foto dari taman di sekitar Eiffel!
tips: watch out! ada banyak ibu-ibu yang entah muncul dari mana minta tanda-tangan atau menyodorkan secarik kertas.. saya ngga’ ngerti buat apa, tapi yang jelas ati-ati aja dan coba menghindar sambil bilang.. “No..No..No..” soalnya denger2, ini bisa jadi salah satu trik ketika kita lagi lemah (ngga’ konsen) kita bisa di COPET!waspadalah..waspadalah..
Destination 3: Arc de Triomphe

unknown "bridge"

on the way Arc de Triomphe
nah disini, kita cuma foto-foto aja dari jauh.. jadwal untuk masuk kedalam Arc de Triomphe ada di hari Kamis :)

Arc de Triomphe
Destination 4: Champs-Elysees

McD!
saya ketemu McDonalds disini! *terus kenapa?* hehehe,masih inget ga sih di filmEiffel, I’m in love itu dibagian ending si tita ngga’ jadi makan di restoran mewah.. dan akhirnya malah makan di Mcd..yaa saya ga tau sihh di Mcd ini atau bukan lokasi syutingnya.. cuma yaaa nostalgia dikit gapapa lah yaa :P
kawasan ini menyatu dengan destination 3, penuh dengan deretan toko-toko dari LV, Zara, Disney, Lacoste, etc. bisa dibilang ini shopping street lah yaa.. mirip2 Orchard-nya Singapore, dimana trotoar super lebar dan bikin puas keliling.. jujur aja saya lebih seneng disini daripada shopping di Galeries Lafayette (sumpek bangeet disana!)

mampir ke showroom mobil :D
puas keliling-keliling.. kami pun muter2 nyari tempat buat lunch :D
dan akhirnya terpilih lah suatu France Restaurant di salah satu jalan setelah belok kanan di Champs-Elysees..

this is the restaurant :)
menu lunch saya saat itu adalah Salmon Grill dilengkapi potongan sayur dan nasi (?) seharga €15. Ngga’ boong Salmon-nya enaaaak banget.. kulit salmonnya renyah dan gurih, dalemnya daging lembut banget.. slruupppp!

salmon grill + nasi
padahal saya berharap dapet mashed potato.. :P
minumnya air mineral gratis hhihihi
setelah kenyang dan kaki sudah mampu untuk berjalan lagi (pegel lohhh.. jalan keliling kota Paris :P ) kami pun melanjutkan perjalanan ke destinasi selanjutnya..

nothing left :P

Destination 5 : Paris Pass Agency Office, di deket Galeries Lafayette
ini adalah kantor dimana saya beli kartu Paris Pass, kartu ini cukup bermanfaat loh! dengan beli kartu ini kita bisa dapet akses gratis ke museum2 terkenal di Paris, tiket gratis metro, bus, tram selama 2 hari, dapet privilege buat masuk di line khusus kalau antrian masuk Museum panjangggg dan mengular banget, dapet free 2 hari naik bus hop on-hop off, bus ini kayak double decker yang ada di London, rute dia adalah kawasan-kawasan wisata di sekitar paris dari mulai Notre Dame, Eiffel, Arc de Triomphe, sampai Galeries Lafayette.
1 kartu ini berlaku untuk 2 hari, senilai 99 euro.. menurut saya ini sih worth it! :D

The Paris Pass
link for Paris Pass: klik disini
Destination 6 : Galeries Lafayette

Galaries Lafayette
shopping centre ini cukup terkenal di kalangan turis ‘berduit’.. dari mulai merk prada, LV, Longchamp, Bally, Burberry, you name it! ada disini.. supeeerrr sekali… dan yang bikin saya kaget adalah.. disini dengan mudahnya saya menemukan ORANG INDONESIA! lebih tepatnya IBU-IBU asal Indonesia! ditangan beliau pun melingkar kantong-kantong belanjaan LV, Longchamp, dan Galeries Lafayette.. *mau dong tante.. dibeliin satuuuuuuu aja* hahaha (FYI, 1 tas (minimal) = 1 harga motor Honda Kharisma di Indo) kebayang atuh ya.. anggaran belanja-nya berapa tuh kira2? :P
Destination 7 : Supermarket deket hostel
hari makin gelap, Galeries Lafayette makin penuh.. dan kami pun bergerak untuk pulang.. di jalan pulang saya pun mampir ke supermarket..buat beli air mineral (denger-denger dari temen saya, Paris tergolong negara yang ‘baru’ dalam hal “air kran ready to drink”, kami pun jadi ragu..dan akhirnya saya memilih buat beli evian aja biar lebih aman hehehe)
Tips: Kalo ngga’ kepepet banget, belilah sncak, air minum, buah dan segala keperluan lainnya di supermarket Carrefour City aja.. soalnya kalo di Supermarket kecil-kecil ngga’ jelas gitu harganya bisa berkali-kali lipat -__-” dan buah yang ditawarkan ngga’ se-fresh kalo beli di Carrefour. setau saya ada Carrefour yang deket sama École Militaire, letaknya di atas metro station-nya École Militaire.

Carrefour City
Destination 8 : Aloha hostel
kaki cenat cenutttt.. pegelll… saya pun sejenak beristirahat di sofa lobby sambil wi-fi-an via bb :P ngga’ kuat kalo langsung naik ke kamar.. maklum kamar saya di lantai 4! and there’s no lift! #pasrah
sampai ketemu di cerita selanjutnya yaa..