Posted on Monday, 3rd March 2008 by Auw Jimmy
Post to Twitter
Saya memang bukan tipe orang yang gemar shopping. Oleh karena itu, ketika berpergian ke luar negeri pun, saya jarang bawa uang cash banyak-banyak. Buat apa? Pikir saya. Toh hari gini jaman sudah modern. Pasti toko pada punya mesin gesek alias mesin kartu kredit.
Namun pada kunjungan saya ke Taipei tahun lalu, saya akhirnya kena batunya juga. Saya mengunjungi sebuah toko CD dan Piringan Hitam bekas. Setelah memilih beberapa CD dan PH, akhirnya saya baru nyadar yang toko tersebut hanya menerima cash alias uang tunai. Haiya… mana uang di dompet tinggal beberapa ratus NT$ saja. Mana cukup?
Bermodal nekad dan “bahasa tubuh” untuk menanyakan ATM terdekat, akhirnya saya menemukan dua buah ATM. Lokasinya hanya sekitar 5 menit jalan kaki dari toko tempat saya berbelanja. Hmm… Kebetulan saya hanya ngantongin satu ATM, yaitu BCA. Semoga bank lokal yang biasanya cukup melelahkan untuk urusan antri-mengantrinya ini tidak mengecewakan saya.
ATM yang saya kunjungi adalah milik Hua Nan Commercial Bank Ltd. Nekad aja masukkin ATM BCA saya, pilih Bahasa English, dan masukkan jumlah yang yang mau saya tarik. Eh bisa ternyata hehehe… *Norak Mode ON* Sepertinya Bank Hua Nan ini menggunakan jaringan Cirrus (terlihat di receipt-nya). Hebatnya lagi, sisa duit saya di BCA pun otomatis dikonversi dan ditampilkan pada receipt. Kurs-nya pun sangat bagus (saya lupa pastinya, yang pasti selisihnya sangat tidak signifikan dibandingkan kurs di valuta asing waktu saya beli NT$ di Indonesia).
Kehebatan lainnya adalah ATM di sini bisa keluarin dua pecahan mata uang. At least dari yang saya coba, dia bisa keluarin NT$ 1000 dan 500. Gak kaya ATM di Indo yang masih fix pecahannya Rp 100.000 atau Rp 50.000.
Cuman ya kena “ongkos” aja sekitar Rp 20.000-25.000 sekali tarik.
hua-nan.jpg
Esoknya, saya masih penasaran. Coba ATM lain ah :p
Saya mencoba salah satu ATM dari Bank Chinatrust. Ternyata bisa juga. Kurs sama bagusnya, kena charge-nya juga sama hehehe. Mantab-mantab… Makin manteb deh besok-besok kalo pergi gak usah bawa cash banyak-banyak (sekedar buat beli tiket MRT aja hehehe). Kalo perlu tinggal tarik. Uda canggih jamannya…
chinatrust.jpg