Search This Blog

Thursday, March 29, 2012

Murah ke Jepang


Travel Hemat Jepang - Tips Jalan-Jalan Murah ke Jepang HomeThis is a featured page

Baca postingan menarik selengkapnya tentang Travel Hemat Jepang.
Mbak Susie bertanya pada saya tentang tips jalan-jalan murah ke Jepang. Karena panjang, rencananya akan saya bagi menjadi beberapa tulisan.

Soal akomodasi.
Jujur aja saya nggak tahu bagaimana caranya dapetin hotel murah di Jepang. Soalnya saya nggak pernah pesan kamar hotel dari luar Jepang. . Tapi untuk weekly mansion ini setahu saya harus ada orang Jepang yang mau dijadikan penjamin (guarantor). Mungkin lebih baik tanya-tanya ke tour agent atau cari-cari info dari internet

Tokyo itu punya 23 ku (ward) dan beberapa shi (city ?). Daerah yang termasuk 23 ku itu masih seputar pusat kota Tokyo, sedangkan di luar itu sudah menjauh dari pusat kota. Di luar 23 ku itu juga banyak daerah yang ramai dan harga hotelnya lebih murah, seperti Hachioji (sebelah barat Tokyo, jarak 40 menit naik JR line ke Shinjuku) atau Machida (agak ke Selatan, 40 menit juga ke Shinjuku naik jalur Odakyu). Selain itu, hotel yang ada di daerah mendekati Yokohama juga katanya lebih murah.

Selain itu ada juga love hotel... hotel untuk bercinta... biasanya lebih gemerlapan dibanding hotel biasa, dan bisa disewa per 3 jam untuk istirahat. Capsule hotel juga ada, yang hanya muat untuk satu orang. Katanya sih biarpun sempit masih cukup nyaman...

Kalau memang ingin merasakan 'trully' Jepang, boleh juga coba menginap di ryokan. Ada ryokan yang hanya menyediakan futon (kasur lipat), tapi ada juga yang menyediakan tempat tidur. Lebih baik check dulu ke ryokan nya sebelum memesan.

Soal makanan
Selain makanan khas Jepang seperti sushi dan sashimi, di Tokyo ada banyak makanan dari negara-negara lain yang menurut saya lebih enak ketimbang makanan Jepang yang terkadang hambar...
Izakaya ini sebenarnya tempat minum (baca: bir, sake). Karena itu, begitu tamu duduk akan langsung ditanya mau minum apa. Tapi selain minuman beralkohol biasanya juga disediakan minuman non alkohol seperti ulong cha (es teh cina), orange juice, atau coca cola.

Kalau lunch set yang dijual siang hari harganya di bawah 1000 yen, biaya yang dikeluarkan per orang untuk makan malam di Izakaya ini paling sedikit 2000 yen per orang. Ini harga standar bawah banget, kalau tahu tempat yang murah.

Jadi kalau ingin mencicipi sedikit sashimi, datanglah waktu jam makan siang. Tapi kalau ingin makan agak mewah, silahkan datang waktu malam.

Selain izakaya, kalau ingin makan sushi, restoran sushi yang berputar jauh lebih murah ketimbangyang sistem counter.
Di restoran yang berputar ada juga sushi yang harganya lebih dari 100 yen, tapi masih lebih reasonable ketimbang counter. Orang Jepang sih bilang bahwa rasa ikan di restoran sushi ber-counter lebih enak dibanding yang dijual di tempat berputar. Tapi buat saya yang masih lidah Indonesia, rasanya sushi di Jepang sama saja... tidak lebih asin atau manis, bisa pedas menyengat kalau diolesi wasabi, tapi selebihnya ya tidak ada bedanya.

Ini saya cantumkan linknya, cuma karena semuanya hanya tersedia dalam bahasa Jepang, diingat-ingat saja bentuk tulisannya, siapa tahu kalau nanti ketemu paling tidak sudah ada bayangan restoran itu jualan apa.

- japanese kare, dijual di Coco ichibanya - mereka punya menu dalam bahasa Inggris, Kare no Ousama. Restoran-restoran biasa juga banyak yang menyediakan kare jepang untuk makan siang, tapi menu kare di restoran spesialis kare lebih banyak dan toppingnya bisa macam-macam. Harga karenya bervariasi mulai dari 400 yen-an sampai 800 yen-an.

Selain itu ada juga restoran yang menyediakan masakan ala barat seperti spageti atau burger steak. Ada juga model family restaurant seperti Dennys atau Jonathan. Mereka biasanya menyediakan menu khusus anak-anak kids menu, porsi burger atau sosis kecil + nasi atau kentang + sedikit salada + dessert + mainan.

Untuk penggemar fast food nggak perlu kuatir. Mc Donald ada hampir di depan semua stasiun, apalagi di Tokyo. Menu paling murah hamburger, cuma 80 yen.
Saladanya ini disajikan dengan toping grilled chicken atau crispy chicken (ayam goreng). Harga satu set salada + minum 640 yen. Untuk burger set selain hamburger, burger+kentang+minum, harganya antara 500 - 600 yen. Kalau kentangnya mau diganti dengan salada, bisa tambah bayar 30 yen.

Harga-harganya lebih mahal dibanding Mc Donald, tapi menurut saya rasanya lebih enak. Recomendasi menu di Mos Burger: mos natsumi (hamburgernya tidak pakai roti tapi pakai salada), dan mos chicken.
Freshness burger punya kelebihan rotinya yang lebih lembut dan sedikit manis.

Soal ayam goreng, di Jepang saya hanya lihat KFC saja. Ada juga fast food restaurant seperti First Kitchen yang juga sedia ayam goreng, tapi menunya lebih bervariasi tidak hanya ayam saja.

Untuk yang masih betah baca, seperti yang saya tulis di awal, di Tokyo ada beberapa jenis makanan dari berbagai negara yang saya rasa lebih enak dibanding masakan Jepang. Ini saya tulis beberapa restaurant yang bikin saya ingin balik lagi.

Masakan Belgi. Menunya biasanya kerang-kerangan. Kalau suka minuman beralkohol, bir belgi rasanya enak, tapi kadar alkoholnya cukup tinggi.

Masakan dari negara lain sebenarnya masih banyak. Tapi jarang yang sesuai selera saya. Tambahan, restoran Jepang rata-rata nggak menyediakan menu bahasa Inggris, Jepang only.

Baca Deh Selengkapnya di Travel Hemat Jepang

1 comment:

  1. Hello, aku baru pertama kali mau ke Jepang. Kalau ada guarantor biasanya lebih gampang yah urus visanya? mohon pencerahan...

    ReplyDelete