Search This Blog

Saturday, November 26, 2011

Flashpacking in Tokyo

Jepang #7 - Flashpacking in Tokyo

REP | 22 March 2011 | 14:04182  Nihil
1300777430972710325Teman-teman saya suka nanya, apakah benar jalan-jalan di Tokyo mahal? Hmm… pertanyaan yang agak sulit jawabnya. Basically, saya jalan-jalan dengan budget terbatas. Of course, saya masih pegawai kantoran biasa yang digaji tiap tanggal 27. Saya sendiri termasuk traveler bertipe Flashpacker (à silahkan googling) dan bukannya Backpacker murni. So, untuk bisa survive di kota metropolitan yang segala serba mahal ini, perlu sedikit putar otak. Saya mau share beberapa cara.
Langkah hemat yang bisa dilakukan antara lain memangkas biaya transportasi. Kalau mau hop on & off keliling kota dalam satu hari, bisa beli one day ticket. Perlu diingat bahwa cara ini hanya akan lebih murah kalau kita bener-bener manfaatin seharian penuh keliling kota. Kalo mau pergi dan pulang hanya ke satu atau dua tujuan, mendingan pake tiket ngeteng aja beli satu-satu. Trus kalo beli tiket kereta, pastikan gak kelebihan / kekurangan bayar. Lho, bukannya bisa di refund? Iya siy… kalo kita salah beli tiket biasanya bisa tukerin ke mesin yang bertuliskan ‘Fare Adjustment’ sebelum kita keburu malu ga bisa keluar dari ticket gate. Tapi… (yup, ada tapinya) si mesin ini tak punya kembalian uang kecil. Biasanya pecahan terkecilnya adalah 100yen, jadi kalo kalian kelebihan bayar 90 yen bisa-bisa ga dapat kembalian. :p Oya, omong-omong uang kecil, biasakan bawa kantong / dompet khusus buat uang receh ya. Orang Jepang rata-rata punya kartu abonemen untuk rute yang biasa mereka lalui, tapi kadang-kadang tetep beli tiket ngeteng. Mereka adalah orang yang sangat menghargai waktu, jadi jangan biarkan mereka ngantri lama dibelakang kita hanya karena kita menunggu kembalian tiket 160yen yang kita beli pakai lembaran 1000yen, itu sangat menjengkelkan. Tips lain adalah bus biasanya lebih murah dari kereta untuk rute dalam kota. Biasanya orang luar suka malas pakai bis, karena ga bisa basa Jepang, ngerasa ribet bayarnya. Sebenernya naik bus itu simple & ga ribet kok, yang penting kita tau tempat naik & turun yang bener. Biasanya kita naik dari pintu tengah (ga da pintu belakang) sambil ambil tiket yang bertuliskan nama halte tempat kita naik. Ga bisa baca? Gapapa, silahkan duduk manis & cocokin tulisan itu (anggap aja gambar) ama yang ada di panel diatas kaca depan. Nah, panel itu juga menunjukkan berapa ongkos yang harus kita bayar, akan bertambah di setiap halte. Kalo mo turun tinggal pencet bel, ntar pas berhenti di halte, kita bayar (ingat pake uang pas) dimasukkan dalam kotak disamping sopir. Masih kurang murah juga? Jalan kaki! Eh, ini ga becanda lho… Jalan kaki disana sangat nyaman, karena trotoarnya lebar dan ga naik turun karena dirancang selain buat pejalan kaki juga untuk orang berkebutuhan khusus (pemakai kursi roda) dan sepeda. Jangan marah kalau ada sepeda di trotoar ya, memang mereka sharing jalan ama kita. Jalan beraspal jatahnya mobil, jarang lihat motor disana. Cuma ya kalo jalan kaki kudu siap perlengkapan perang seperti topi & jas hujan. Ga usah repot-repot bawa payung, soalnya walopun disana ga ada ujan gede, gerimisnya bonus angin kencang, sayang payungnya nanti malah patah. Waduh, cerita hemat transportasinya jadi kemana-mana.
Lanjut ke langkah hemat berikutnya, biaya makanan & minuman. Hemat tidak sama dengan nggak makan / minum lho ya… saya penganut makan berat tiga kali sehari plus ngemil. Kalo mau dipangkas mungkin bagian ngemilnya, tapi makan berat tetap tiga kali. Sarapan, biasanya dapat gratisan dari penginepan, just in case ga ada yg gratisan, bisa makan buah-buahan dan sandwich yang bisa dibeli satuan di convenience store macam 7/11. Untuk yang muslim perlu extra hati-hati memilih sandwich, karena kalo pake sosis / salami / dagin asap, hampir bisa dipastikan kalo itu daging babi. Yang aman, pilih yang cuma isi sayuran (selada+tomat+mayones), atau favorit saya isi sweet potato (ubi). Kalau buru2 bisa juga beli dari vending machine / alat jual otomatis, tapi pilihan terbatas. Oya, hampir semua mie instan cup disana mengandung minyak babi, jadi satu2nya yang aman cuma beli mie instan impor dari Indonesia yang berlogo halal. :D Jangan lupa sarapan akan lebih lengkap kalo ditambah minum susu & juice buah, jangan karena menghemat jadi cuma minum air keran. :p Makan siang bebas. Biasanya rumah makan jepang menyediakan display makanan didepan toko, lengkap dengan harganya. Jadi sebelum beli, bisa compare dulu ama toko sebelah-sebelahnya. Makan malam, nah ini dia seninya… tadi makan pagi cukup & bisa menggeser jam makan siang jadi agak sorean dikit, makan malemnya bisa tunggu makanan diskon di supermarket. Biasanya, diatas jam 7 malam dah mulai dikasih label 25-30%, nanti pas mo tutup sekitar jam 10 malam, semuanya 50-70%. Indahnya dunia! Oya, supermarket disini jualnya lauk-pauk di tray kertas gitu dalam kondisi setengah beku, nanti setelah bayar di kasir (bungkus sendiri pake kantong plastik / kantong kertas yang tersedia) trus bawa ke microwave. Panasin bentar, makan malam kita siap dibawa pulang ke penginepan untuk disantap. Eh lupa, tadi kan baru ngebahas lauk ya? Nasinya (kalo harus makan nasi) bisa beli juga di bagian nasi kepal, bisa dipanasin dulu tapi jangan lupa dibuka plastiknya (nebeng taruh di tray kertas teman nasi tadi). Kalo makanannya dalam porsi besar, sebagian bisa disimpan untuk sarapan besok pagi, hehehe… Nah, tentang minuman, harganya sih standar ya kalo di vending machine, tapi biasanya lebih murah dikit kalo beli di convenience store. Kadang2, minuman dingin dalam kulkas toko bisa lebih mahal. Jadi mendingan beli yang ga dingin, ntar kalo di penginepan ada kulkas, tinggal didinginin deh.
Terakhir, hemat biaya penginepan. Hotel mahal? Coba cari backpacker hostel, tinggal tanya oom Google. Mau gratis? Join hospitality network dong ah… salah satunya adalah www.couchsurfing.orgdimana kita bisa berkenalan dengan berbagai host di seluruh dunia. Penasaran? Silahkan sign up di website tersebut.
Kayaknya tulisan kali ini udah lumayan panjang, nanti saya coba ceritakan kalo ingat tips lain. Happy flashpacking!

No comments:

Post a Comment