Search This Blog

Sunday, November 27, 2011

Belajar ke Jepang

Belajar ke Jepang

Jepang adalah sebuah Negara kepulauan letaknya diujung barat samudra pasifik, di sebelah timur Laut Jepang dan bertetangga dengan Republik Rakyat Cina, Korea, dan Rusia. Jepang memiliki sekitar 3.700 pulau. Pulau-pulau utama dari utara ke selatan adalah Hokkaido, Honshu (pulau terbesar), Shikoku, dan Kyushu. Sekitar 97% wilayah daratan Jepang berada di keempat pulau terbesarnya.

Bahasa resmi : Jepang
Mata Uang: Yen (JPY)

Iklim :Jepang berada di kawasan beriklim sedang dengan dengan pembagian empat musim yang jelas. Walaupun demikian, terdapat perbedaan iklim yang mencolok antara wilayah bagian utara dan wilayah bagian selatan. Pada musim dingin, Jepang bagian utara seperti Hokkaido mengalami musim salju, namun sebaliknya wilayah Jepang bagian selatan beriklim subtropis. Iklim juga dipengaruhi tiupan angin musim yang bertiup dari benua Asia ke Lautan Pasifik pada musim dingin, dan sebaliknya pada musim panas

Time Zone: UTC +9

KomunikasiJepang menggunakan jaringan telpon yang unik, jadi hanya telepon dengan teknologi 3G saja yang bisa digunakan. Sedangkan telepon umum tidak begitu banyak ditemukan, telepon umum yang berwarna abu-abu bisa digunakan untuk telepon internasional dengankan yang berwarna hijau biasanya digunakan untuk telepon lokal. Telepon umum bisa digunakan dengan koin maupun kartu pre-paid calling uang dapat dibeli di toko, supermarket maupun mesin otomatis


Ada banyak aktivitas dan tempat-tempat menarik yang dapat dikunjungi selama Anda berada di Jepang, misalnya:
   
Museum terkenal yang patut dikunjungi: Obek wisata yang patut dikunjungi:
- National Museum of Nature and Science
- National Museum of Modern Art, Tokyo
- Kyoto National Museum
- Nara National Museum
- Hiroshima Peace Memorial Museum
- Jozankei-Onsen Hot Spring
- Noboribetsu-onsen Hot Spring
- Yoshino-Kumano National Park
- Nara City
- Tokyo International Film Festival
- The Imperial Palace
- Mount Fuji
- Meji Mura
- Motsuji Temple
- Sanjusangendo (Renegeo-in)
 
Festival dan Perayaan:
- Gion Matsuri
- Shogatsu (New Year Festival)
- Takayama Festival
- Hina Matsuri (Doll Festival)
- Tanabata (Star Festival)
- Sapporo Yuki Matsuri (Sapporo Snow Festival)
- Akita Kamakura Festival
   

Jepang memiliki salah satu sistem transportasi umum terbaik dan terefisien di dunia, didukung oleh teknologi yang sangat canggih. Transportasi umum di Jepang sangat ramai karena padatnya penduduk, tetapi selalu berjalan dengan baik dan tepat waktu.
 
Jepang memiliki tiga bandara internasional utama:

- Tokyo Narita Airport berada sejauh 65 km
   (40 mil) di arah timur kota Tokyo
- Kansai International berada sejauh 50 km
   (31 mil) di arah baratdaya Osaka.
- Central Japan International Airport berada
   35 km (23 mil) di arah selatan

Kereta Api
Japan Railways Group mengoperasikan jaringan kereta api terefisien di seluruh dunia. Kereta Api ekspres dan terbatas tersedia untuk perjalanan antar-kota. Pelayanan di rute utama frekuensinya sangat sering. Shinkansen (kereta peluru), adalah yang tercepat; dan memiliki fasilitas kereta makan.


Mengemudi
Lalu lintas dikemudikan di sebelah kiri. Penunjuk-penunjuk jalan ditulis dalam bahasa Jepang, jadi lebih baik menentukan arah secara jelas dahulu sebelum bepergian. Agen-agen penyewaan mobil dapat ditemukan di bandara dan melalui hotel. Lebih baik melakukan pemesanan terlebih dahulu. Anda akan membutuhkan surat ijin mengemudi internasional.
Bus
Sebagian besar kota-kota besar dapat dijangkau dengan bus. Terdapat perusahaan-perusahaan besar seperti JR Local Lines dan JR Highway Lines yang merupakan perusahaan bus pribadi. Sebagian besar bus di Tokyo dikendalikan oleh Toei Bus Company atau To-bus.

Metro
Kota-kota besar memiliki jalur kereta bawah tanah. Tokyo memiliki dua jalur: Tokyo Metro Co Ltd yang mengoperasikan jalur Tokyo Metro, dan Tokyo Metropolitan Government yang mengoperasikan empat jalur Toei Subway. Tiket dapat dibeli dengan berbagai cara, termasuk dengan tiket bulanan dan tiket harian.

Taksi
Walaupun tersedia, taksi biayanya mahal, terutama dalam jam-jam kerja (07:30-09:30 dan 17:00-18:00). Taksi dihitung dengan argo. Tidak semua pengemudi taksi mengerti bahasa lain selain bahasa Jepang, jadi sangat penting untuk memiliki tulisan tempat yang dituju dalam bahasa Jepang.

No comments:

Post a Comment