Search This Blog

Sunday, November 27, 2011

Penginapan Ekonomis Sakura-house.com

PAKET WISATA HEMAT DI TOKYO METRO

pada Juli 20, 2010
Senang juga rasanya mendapat hari libur tambahan di Jepang. Terkadang lucu juga kenapa kok rasa senang itu muncul. Padahal kalau dipikir-pikir sebenarnya tujuan utama kenapa saya ada di Jepang adalah untuk study bukannya untuk liburan. Tapi gak apa-apa namanya juga masih manusia yang selalu senang ketika hari libur tiba. Yaa hari Senin kemarin tanggal di kalender merah sehingga saya tidak pergi ke kampus seperti rutinitas yang selalu saya jalani. Guna mengefektifkan tiga hari libur tersebut, seperti hari-hari libur yang telah lalu, saya memanfaatkan waktu dengan menjelajahi kota Tokyo. Dari hasil browsing di internet ternyata masih banyak spot-spot di Tokyo yang belum saya kunjungi.

Selama dua hari saya berkeliling Tokyo memanfaatkan paket transportasi hemat yang ditawarkan oleh perusahaan pengelola transportasi kereta api di Tokyo Metro. Paket yang saya ambil adalah common one day ticket for Tokyo Metro & Toei subway. Paket hemat ini seharga 1000 yen ( kira-kira 100 ribu ) yang dikeluarkan oleh perusahaan Tokyo Metro subway, salah satu pengelola transportasi kereta api terbesar di Tokyo Metro. Dengan tiket ini kita bisa pergi ke seluruh lokasi yang dilalui oleh jalur/line kereta ini ditambah jalur/line dari Toei ( perusahaan kereta api besar lainnya ). Yang pertama punya 9 jalur sedangkan yang kedua 4 jalur yang menjangkau hampir semua kawasan di Tokyo. Tiket ini bisa digunakan selama sehari penuh selama jam operasional kereta api yakni dari jam 5 pagi sampai jam 1 malam. Dengan tiket ini saya memulai penjelajahan saya di Tokyo Metro. Waktu dua hari tentu saja tidaklah cukup untuk mengunjungi semua spot yang ada di Tokyo metro.

Bagi yang punya rencana untuk berliburan ke Tokyo dan menginginkan agar liburan tersebut efektif dan efisien, saya sangat menyarankan agar anda juga memanfaatkan paket-paket hemat yang ditawarkan oleh pihak pengelola transportasi Jepang. Sebagaimana diketahui pahwa transportasi utama di Jepang adalah kereta api. Khusus untuk Tokyo metro, ada 3 perusahaan kereta api utama yang masing-masing menawarkan paket-paket menarik yang tentunya lebih hemat. Untuk lebih detil silahkan cek di website berikut ini :
  • www.jreast.co.jp/e/    : Dikenal dengan JR line, paket tidak hanya untuk Tokyo metro tetapi juga untuk kawasan lain di Jepang seperti Osaka, Kyoto, nikko dan lain-lain. Untuk kawasan Tokyo metro, perusahaan menawarkan tiket sehari un limited, ada dua jenis yakni 730 yen, dan 1500 yen. Salah satu diantara paket ini layak dipilih di awal petualangan anda karena jalur kereta api ini tidak rumit. Jalur melingkar yang dimilikinya ( JR yamanote line ) melewati kota-kota utama yang ada di Tokyo seperti Sinjuku, Shibuya, Harajuku, Tokyo, akihabara dan lain-lain dengan objek-objek wisata seperti Istana kaisar, Tokyo Tower, Meiji temple, dll.
  • www.tokyometro.jp/e/ : Perusahaan ini mengelola 9 jalur utama Tokyo. Juga menawarkan tiket sehari unlimited.
  • www.kotsu.metro.tokyo.jp/eng/  : Perusahaan ini ( Toei line ) mengoperasikan 4 jalur utama Tokyo metro. Juga menawarkan tiket sehari unlimited
Kedua perusahaan terakhir ( Tokyo metro dan Toei ) menjangkau lebih banyak lokasi termasuk lokasi-lokasi yang juga dilewati oleh JR line. Kalau anda ingin berpetualang seharian di bawah tanah menggunakan kereta api di Jepang, maka ini pilihan yang tepat. Anda akan menyaksikan kejanggihan stasiun-stasiun bawah tanah yang menakjubkan dan tidak akan dijumpai di Indonesia dalam waktu dekat ini. Berbeda denga JR line, jalur ini cukup kompleks, sehingga kita perlu bolak-balik melihat peta jalur untuk memastikan di stasiun mana kita turun atau berpindah. Anda juga harus siap untuk  berjalan kaki cukup jauh karena terkadang jarak antara satu jalur dengan jalur lainnya ada yang mencapai hampir 0,5 kilometer ( dalam satu stasiun ).
  • Jalur-jalur kereta api yang dioperasikan oleh perusahaan-perusahaan kecil. Perusahaan ini juga menawarkan paket-paket hemat yang sering bekerja sama dengan tiga perusahaan besar di atas.
Dan sebagai panduan bagi anda untuk mengetahui spot-spot mana yang bisa dikunjungi, silahkan browsing website-website wisata yang ada di Jepang. Salah satu yang menurut saya layak dijadikan rujukan adalah www.japan-guide.com . Untuk penginapan yang ekonomis www.sakura-house.com bisa dijadikan salah satu pertimbangan. Jadi selamat memulai petualangan di Tokyo metro ( Jepang ).

No comments:

Post a Comment