Search This Blog

Saturday, December 31, 2011

RMB China

A. Bagaimana iklim propinsi Fujian di semua musim ? bagaimana cara berpakaian ?
     
Propinsi Fujian termasuk iklim subtropik monsun yang lembab. Di sebelah barat laut terdapat pegunungan yang memalangi angin dingin, di sebelah tenggara ada angin laut yang meregulasi udara, musim panas panjang musim dingin pendek, hangat dan lembab; suhu rata-rata tahunan 15°C ~ 22°C, suhunya naik dari arah barat laut ke arah tenggara. Mutlak suhu maksimum 38.4°C dan mutlak suhu minimum 2°C. Pada bulan Januari 5°C ~ 13°C, bulan Juli 25°C ~ 30°C. Curah hujan tahunan rata-rata lebih kurang 1100 mm, bulan Mei ~ Juli hujannya paling banyak. Gaya angin rata-rata kelas 3 ~ 5, angin berpengaruh yang terkuat merupakan angin timur laut.
Musim semi (bulan Maret ~ Mei): sweter tipis, satu mantel, dengan satu celana kapas-wol.
Musim panas (bulan Juni ~ September): kemeja tangan pendek, T-shirt, rok.
Musim rontok (bulan Oktober ~ Desember): setelan atau mini-rok pendek yang menampilkan gaya.
Musim dingin (bulan Januari ~ Februari): cuacanya tak begitu dingin, pada dasarnya, suhu minimum tetap di atas nol Celsius, pelancong tak usah membawa terlalu banyak pakaian yang tebal, pada waktu paling dingin satu pakaian bulu burung yang tipis sudah cukup.
B. Di mana saya dapat menukar uang asing?
     
Bank komersial yang mengusahakan devisa (seperti bank industri dan komersial, bank konstruksi, bank pertanian) dapat menukarkan uang-uang asing, jam bisnisnya 9:30-16:00 (hari Saptu dan Minggu tak dibuka). Bank dengan devisa terbesar adalah Bank of China, di mana anda dapat menukar uang-uang asing seperti Sterling Inggris, Dolar Amerika, Franc Swiss, Mark Jerman, Franc Perancis, Guilder Belanda, Krone Swiden, Krone Denmark, Krone Norway, Shilling Austria, Franc Belgia, Lira Itali, Yuan Jepang, Dolar Kanada, Dolar Australia, Mark Finlan, Peso Filippin, dan Bath Muangthai (Siam) 19 macam uang asing dan Dolar Hongkong, Yuan baru Taiwan, dan Dolar Makau, semuanya terdapat 23 macam uang. Selain itu, cek dengan Peseta Spanyol dan Euro sebagai harga nominal juga dapat ditukar untuk diuangkan.
Prosedur penukaran
Pelanggan harus menyerahkan salah satu surat keterangan sebagai berikut: Kartu identifikasi (warga negara China), buku penduduk (warga negara China, 16 tahun ke atas), ID militer (tentara membebasan rakyat China), ID polisi militer (polisi militer rakyat China), surat izin ke luar dan masuk Daratan China bagi penduduk Hongkong dan Makau (penduduk Hongkong dan Makau), surat izin ke luar dan masuk Daratan China bagi penduduk Taiwan (penduduk Taiwan), paspor (orang asing atau warga negara China yang mempunyai paspor) serta dokumen sesuai dengan undang-undang dan peraturan administratif yang bersangkutan.
Mengisi formulir penukaran uang asing
Prosedur menukar kembali
Pelanggan asing atau penduduk Hongkong, Makau dan Taiwan dapat mengurus bisnis menukar kembali uangnya ketika ke luar dari Daratan China dalam waktu 6 bulan dengan menunjukkan formulir penukaran uang asing di Bank of China dan paspor.
Cek perjalanan
Jenis cek perjalanan untuk penukaran uang
Cek perjalanan yang dijual oleh berbagai bank sebagai berikut: Inggris: Bank Travelex, Bank Barclays; Amerika: American express, CitiBank; Jepang: Bank Sumitomo, Bank Mitsubishi, Bank Tokyo, Bank Fuji, dll.
Prosedur penukaran
1. Pelanggan harus mempunyai paspornya yang efektif atau surat pas Hongkong, Makau, Taiwan serta perjanjian pembelian cek perjalanan yang dibayarkan;
2. Pelanggan harus berhadap-hadapan menandatangani lagi cek perjalanan yang harus sama dengan tanda tangan semula;
3. Mengisi formulir penukaran uang asing: isiannya sama dengan formulir penukaran uang tunai asing;
4. Karena bank harus membayar uang di muka untuk menguangkan cek perjalanan, maka itu ketika cek perjalanan hendak diuangkan atau disimpan di bank, bank akan memotong 7.5‰ jumlah uang muka nilainya sebagai pembayaran bunga, menurut mata uang satuan cek.
C. Berapa untuk uang persenan ?
Di China biasanya tidak menerima uang persenan. Tetapi kadang-kadang ditambah 10% ongkos layanan dalam pembayaran pokok di ruangan makan dan hotel tingkat tinggi. Pada saat itu dalam rekeningnya sudah termasuk biaya layanan, tak usah membayar lagi uang persenan.
D. Dapatkah uang asing beredar di toko-toko biasa ?
  
Meskipun tak dapat beredar di toko atau restoran biasa, tetapi di toko barang peringatan atau hotel yang sering dikunjungi oleh orang asing kadang kala uang asing juga dapat digunakan. Pertama-tama harus memastikan apakah dapat menyelesaikan rekening dengan mata uang luar negeri. Sekalipun uang asing dapat digunakan, kalau dalam uang kembaliannya tidak ada mata uang yang berhubungan, maka hanya bisa menerima uang RMB saja.
E. Berapakah jenis uang RMB China ?
Uang kertas: RMB 100 yuan, 50 yuan, 20 yuan, 10 yuan, 5 yuan, 1 yuan.
Uang logam: RMB 1 yuan, 5 ketip, 1 ketip.
F. Berakah voltase di China ?
China menggunakan voltase 220 V.

No comments:

Post a Comment