Search This Blog

Wednesday, June 22, 2011

Hari 1, 2, 3 di Hong Kong

Hari Pertama di Hong Kong

Alhamdulillah akhirnya pukul 05.05 waktu Hong Kong kami serombongan tiba juga di negerinya mas Jet Li dan Mas Jackie Chan, seperti yang sempat saya tuliskan di Jalan Jalan ke Hong Kong Disneyland disana. Kesan pertama yang saya tangkap ketika tiba di Bandara Hong Kongini adalah bersih, lega, rapi dan sangat teratur.
Foto Bersama di Halaman Masuk Disneyland Resort
Kami berdelapan akhirnya dengan lancar melalui pihak imigrasi di Hong Kong. Rencananya kami akan ke hotel tempat kami menginap menggunakan Kereta Api tapi karena kereta baru tersedia mulai pukul 07.00 akhirnya rencana ini kami urungkan dan kami mencari solusi lain.
Dengan sedikit diskusi dengan para petugas di bandara maka kami putuskan untuk naik Taxi saja. Di Hong Kong ini sejauh yang saya tangkap hanya ada tiga type Taxi, si merah si biru dan si hijau. Saya sendiri belum begitu faham perbedaan nya. Akhirnya kami dibagi menjadi dua Taxi dan memutuskan menggunakan Taxi hijau. Sedikit catatan Taxi disini menggunakan jenis mobil yang sama dan kalau di lihat mobil2 lama bukan jor2an mobil baru seperti di negara kita. Tapi walaupun tampang lama tapi Taxi2 ini masih lancar Jaya dan nyaman punya. bahkan Mas @ sempat heran dengan Taxi yang bertampang uzur ini.
Bagi saya pribadi dengan menggunakan tipe Taxi yang sama membuat bisnis lebih menarik karena penumpang tidak perlu milih2 dan ini juga bisa menunjukkan kalau siapapun kaya atau miskin akan mendapat perlakuan yang sama. Di bandara juga sudah ada rambu2 harga Taxi tergantungtujuan.
Setelah sampai ditempat kami menginap, kami semua tepar untuk sementara waktu dan agenda baru dilanjutkan pukul 12.30 makan siang di Crystal Lotus Disneyland bersama dengan mbak Catherina Ng, mbak Sanny Kee dan satu lagi lupa namanya he he. Kami juga bertemu dengan Blogger Australia dan Blogger Thailand.
Pasca makan siang yang unik menurut kacamata saya, kami akhirnya lanjutkan ke Hong KongDisneyland Park dan ekplorasi apa yang ada disana (tentang ini insya Allah akan kami tuliskan pada coretan lain)
Setelah masuk sana sini dan ekplorasi hari pertama kami rasa cukup kami makan malam atau Dinner di Pizza Inn. Sebelum kami akhiri hari pertama, kami melihat eloknya pesta kembang api nan megah dan wasik (di Tulisan terpisah juga) saat ini Hong Kong sedang musim semi dengan udara yang sangat dingin, jika kesini siapkan jaket tebal Anda
Itulah hari pertama kami. Jika ada yang terselip ada yang belum tertulis kami update nanti aja he he. Jangan lupa ikuti kami di akun resmi dan asli @ ROFL khususnya dengan hashtag #HKDisneyland follow juga rekan rekan kami @ @ @@ @ @ @
Gambar yang kami upload adalah versi seadanya he he he. Versi keren ketika sudah tiba di Indonesia

Hari Kedua di Hong Kong

Hari kedua di Hong Kong kami masih ekplorasi di Hong Kong Disneyland Resort. Kami menjelajah beberapa Park dan juga hiburan yang belum kami sentuh.
Seperti di tulisan sebelumnya tentang hari pertama di Hong Kong bahwa lokasi Hong KongDisneyland sangat teratur, rapi dan nyaman. Dan yang membuat menarik disini adalah integrated sistem patut dan layak ditiru.
Kebersihan adalah catatan penting disini. Kami semua sangat takjub dengan hal ini. Kebersihan ini menyeluruh, mulai dari venue, tempat makan, mainan, hadiah sampai dengan kostum ala Mickey, Donald dan karakter lain sangat bersih.
Jadi kalau kita mau foto2 sambil pegangan atau peluk bisa dengan nyaman sekali. Eh sampai lupa itu bersih itu sekalian para pegawainya lho ROFL.
Di hari pertama di Hong Kong saya menikmati pesta kembang api yang tidak lengkap karena adanya hujan. Si hari kedua ini kami bisa menikmati sepuasanya.
Jadi kalau mau ada apa aja disini besera gambar dan Video tunggu aja edisi berseri kami nantinya.

Hari Ketiga di Hong Kong

Setelah sebelumnya sedikit bercerita di Hari Pertama di Hong Kong dan Hari Kedua di Hong Kong kali ini saya akan sedikit bercerita tentang Hari Ketiga di Hong Kong. Pada hari ketiga ini kami lebih menikmati bagaimana layanan2 publik di Hong Kong.

Mejeng di Depan MTR Menuju Disneyland
Layanan yang kami coba seperti MTR, Taxi dan lain sebagainya. Sebagai catatan penting MTR disini Too Good To Be True kalau di Indonesia. Saya bangga dengan Negeri indonesia, tapi kalau melihat pejabat kita yang nyeper by project, melakukan pembangunan dengan spesifikasi minimal agar nanti ada project lagi. Melakukan perbaikan dan restorasi sarana transportasi umum seperinya hal yang sangat mustahil untuk saat ini. Kembali ke cerita Hong Kong (dari pada capek ngrasani Pemerintah) Mengenai MTR bisa baca disini
MTR di Hong Kong semuanya sudah serba otomatis, mulai dari tiketing dan jalur MTRsemua informasi sudah tersedia dengan jelas dan mudah. Harga harga yg diberikan juga sudah fix rate. Ada dua methode. Kita bisa membayar via uang baik receh maupun koin atau kita bisa menggunakan Octopus Card info disini dan sini (cocok untuk yg punya planning tinggal lama diHong Kong)
Karena semua tiketing sudah otomatis maka pintu2 masuk ke MTR pun juga sudah terotomatisasi. Dan tenang aja di kawasan MTR ini Pedagang Asongan Free! Sesibuk atau seramai-ramainya kawasan MTR termasuk stasiunnya para pengguna layanan publik ini tetep nyaman.
Di lokasi stasiun MTR ini bahkan ada juga pemandu bagi warga cacat mata. Ada papan info dengan huruf Braille yang memudahkan informasi di sekitar stasiun MTR.
Di Hari Ketiga di Hong Kong ini kami sempat jalan jalan di beberapa Mall di Mong Kok dan kota sekitrnya. Kami berkunjung ke iSquare, belanja suvenir di pedagang kaki lima. Ketemu beberapa TKI dan lain sebagainya. Ternyata Para TKI kita di Negeri Hong Kong kalau haru libur pada kumpul2 dan dandanannya tidak kalah dengan para warga Hong Kong… tidak sedikit beberapa dari mereka sudah bergaya Harajuku
Menjelang sore sekitar pukul Tiga sore kami kembali ke Hollywood Disneyland Hotel untuk siap siap Ke bandara dan kembali ke Indonesia. Pada Hari Pertama di Hong Kong kami naik Taxi berwarna hijau, kali ini kami naik
Taxi berwarna merah yang biayanya ternyata lebih murah 10HK$.
Karena kami datang lumayan lebih cepat di Bandara maka ada waktu sekitar 2jam banyak kita gunakan untuk melihat apa aja di bandara ini. bandara Hong Kong ini sangat rapi dan komplit.Bandara di Hong Kong sangat nyaman untuk wisata kuliner. Harga2 barang2 juga kompetitip. Tidak terlalu melangit seperti harga2 di bandara kita. Contohnya harga2 alat2 elektronik mempunyai harga yang sama. Tadi saya ada minat mau cari UE 400i tapi saya urungkan. Lebih baik saya mencari sebuah oleh2 yang lebih bermanfaat untuk kalayak banyak he he
Hong Kong Travelling Tips:
  1. Kalau hanya sekedar mau menikmati berlalu lalang di tiap stasiun di Hong Kong Anda bisa melakukan tips berikut. Belilah tiket dengan jarak terdekat. Dan Anda bisa berpindah2 MRL tanpa ada masalah. Dan yang patut di ingat hanyalah tiket tadi hanya mengijinkan Anda keluar di lokasi Anda beli tiket tersebut. Contohnya Anda beli dari Disneyland ke Sunny Bay. Kemudian Anda mencoba untuk pergi ke Mong Mok. Anda hanya bisa sampai stasiun saja tapi tidak bisa keluar, karena tiket hanya mengijinkan Anda keluar di stasiun Sunny Bay
  2. Kalau Anda lupa belum mencari oleh2 di pusat kota di Bandara Hong Kong juga masih tersedia berbagai macam buah tangan dengan harga yang kompetitip, silahkan pilih yang sesuai keinginan.
  3. Karena kita lintas negara, selalu tempatkan dokumen2 (Passport, Tiket dll) Anda di lokasi yang mudah terjangkau