Search This Blog

Tuesday, August 30, 2011

Perjalanan di Jepang



Moderator Kaskus

mikoo's Avatar

UserID: 295756
Join Date: Jul 2007
Location: Less talk, more photos
Posts: 40,629
mikoo is a glorious beacon of lightmikoo is a glorious beacon of lightmikoo is a glorious beacon of lightmikoo is a glorious beacon of lightmikoo is a glorious beacon of light
FR Perjalanan Mikoo di Jepang

Karena banyak kaskusers yang meminta saya untuk membuat FR lengkap di jepang (tidak cuma di akiba saja seperti rencana sebelumnya), kali ini saya akan memberikan laporan lengkapnya. oh iya agar memudahkan melihat harga-harga dalam yen, ingat saja 1 yen = kurang lebih 100 rupiah, tambahkan saja dua nol di belakang untuk ke rupiah agar lebih gampangnya. Semua foto-foto dibawah ini saya potret sendiri menggunakan kamera D300 dan lensa 17-55mm f/2.8 nikon. kalau ingin salah satu foto dengan ukuran besar untuk dijadikan wallpaper silahkan request dengan posting di thread ini.


Berikut merupakan FR perjalanan saya ke jepang:

Day 1



1. Suasana di dalam narita airport terminal 2



2. Tong sampah di stasiun kereta JR (japan railways), dapat dilihat pengaturan sampah di jepang sangat rapi dengan membuat 3 kategori sampah dan tong sampah tersebut dilapisi plastik agar tidak mengotori tong sampahnya.



3. Suasana di stasiun JR yang sangat bersih. Saya menaiki kereta JR Rapid express dari bandara narita ke stasiun tokyo. Harga tiket JR rapid adaah 1300 yen dan waktu yang dibutuhkan dari narita ke tokyo adalah 90 menit.



4. Di dalam Kereta JR, di atas pintu keluar ada keterangan kita akan ke stasiun mana, rutenya ditulis dalam bahasa jepang dan inggris, sehingga memudahkan bagi orang asing untuk membacanya.



5. Setelah sampai di stasiun ochanomizu tokyo, saya melanjutkan perjalanan ke penginapan menggunakan bis kota. Bis tersebut hanya berhenti di tempat pemberhentian bis yang sudah ditentukan. harga untuk tiket bis tersebut adalah 200 yen (bayarnya dengan memasukkan koin di mesin hijau yang terlihat di foto), yang menarik dari bis di jepang adalah setiap di lampu merah bis tersebut mematikan mesinnya untuk menghemat bahan bakar dan jika ada penumpang turun, supir bis tersebut akan mengucapkan terima kasih.




6. Menemukan rumah dengan pemandangan indah sewaktu perjalanan ke penginapan



7. Ryokan (penginapan tradisional) tempat saya menginap yang berlokasi di dekat tokyo university. Nama ryokan tersebut adalah Homeikan. saya menginap disana selama 2 malam dengan total biaya 10.500 yen untuk 2 malam. Sebelum menginap disana harus booking dulu agar harganya lebih murah. berikut adalah website homeikan jika ingin melakukan memesan kamar: www.homeikan.com/

Kalau ingin membayangkan bagaimana isinya, tonton saja anime hanasaku iroha yang tayang season ini, mirip seperti di anime tersebut kok isi dalamnya.



8. Setelah check-in di ryokan, saya langsung bersemangat ke akiba walaupun pada saat itu hari sedang hujan. untuk hari pertama ini saya tidak menggunakan subway dan berjalan kaki ke akiba. Jarak dari ryokan ke akiba ditempuh sekitar 30 menit dengan jalan kaki. Suasana di jalan-jalan perumahan di jepang adalah sangat bersih sekali, tidak ada sampah.



9. Masyarakat jepang lebih senang menggunakan transportasi umum, berjalan kaki, dan menggunakan sepeda. Dapat dilihat banyak sekali sepeda yang ditaruh di pinggir jalan tanpa takut dicuri.



10. Ciri khas kota Tokyo adalah vending machine, disini kita dapat menemukan vending machine di hampir setiap jalan tokyo. Harga dari minuman di vending machine tersebut sekitar 110 sampai 210 yen.



11. Meron Pan! Dijual di hampir setiap supermarket. Rasanya sangat sangat sangat enak!



12. Ketika sedang perjalanan menuju akiba, saya mampir di kuil yang cukup besar dan kebetulan sedang diadakan acara pernikahan di kuil tersebut. cukup menarik melihat acara pernikahan disana.



13. Berdoa kepada God Nagi



14. Sepeda yang diparkir di pinggir jalan tanpa takut hilang. Tidak begitu banyak mobil di jalanan tokyo yang merupakan ibukota jepang dan motor juga sangat jarang terlihat.



15. Toko headphone di dekat akiba. Isinya sangat lengkap dan hampir semuanya bisa dicoba. di toko tersebut sennheiser HD800 dan ATH-W1000 ditaruh begitu saja untuk dicoba. Senn HD650 saya jadi tidak ada apa-apanya setelah mendengarkan HD800 disana ;_;

Akiba


16. Akiba, Mecca nya otaku. Setiap otaku sebaiknya memutari jalan di akiba sebanyak 7 kali dan memasuki semua toko disana.



17. Walaupun terdapat sedikit mobil disana, namun orang jepang tetap mematuhi rambu lalu lintas dengan tidak menyebrang ketika lampu lalu lintas untuk pejalan kaki masih merah.



18. Surga....



19. 3 besar anime yang jadi trending topic di akiba: 1. Dog days 2. Steins;Gate dan 3. Denpa Onna. Lagu scarlet knight diputar dimana-mana dan di dalam toko. Lalu minuman Dr. Pepper juga habis di sekitar akiba gara-gara steins;gate



20. Untuk penggemar tohou, sebaiknya jangan ke lantai dua toko ini. Barang2nya yang penuh dengan pernak pernik tohou bisa membuat saya gila ingin membeli semuanya karena selain harganya murah dibandingkan setelah barangnya diimpor, isinya juga sangat lengkap .



21. Akiba itu terkenal karena penjualan barang2 elektroniknya, bukan cuma karena otaku stuff :P



22. Cool Old Dude LOL, ada yang masih ingat siapa dia?



23. Engga cuma gashapon anime saja yang ada di akiba, tapi gashapon grup idol seperti akb 48 juga banyak disini



24. Makan sebentar disini. Franchise asli jepang.



25. Kena tilang mungkin karena parkir sembarangan. cara menilangnya sudah pakai gadget.

Last edited by mikoo; 02-05-2011 at 09:22 AM..
mikoo is offline  QUOTE
Old 02-05-2011, 09:14 AM  #2
Moderator Kaskus

mikoo's Avatar

UserID: 295756
Join Date: Jul 2007
Location: Less talk, more photos
Posts: 40,629
mikoo is a glorious beacon of lightmikoo is a glorious beacon of lightmikoo is a glorious beacon of lightmikoo is a glorious beacon of lightmikoo is a glorious beacon of light

26. Album single Nana Mizuki yang menjadi hit #1 di jepang. dijual dengan harga 777 yen (nanahyaku nanaju nana)



27. Saya yakin ada a certain member di AMH yang kalau ketemu foto gede kayak gini pasti langsung dipeluk dan dicium di tempat.



28. Kalau perkenalan calon pemimpin daerah disini kampanyenya biasanya secara terbuka seperti ini agar lebih dikenal oleh masyarakat.



29. Lokasi jatuhnya satelit di anime steins;gate



30. Nichijou dan Milky Holmes



31. Pachinko bertema anime di akiba. Mungkin dikelola oleh Yakuza otaku.



32. Pengen ketemu Makise Kurisu ;_;



33. Di daerah ini saya menemukan banyak sekali maid cafe, suasananya seperti yang digambarkan di banyak anime dan menu-menunya mahal juga (1000 yen keatas), sayang engga boleh difoto di dalam maid cafenya ;_;



34. Penggemar anime evangelion pasti tahu hp apa ini :P Harganya 48.000 yen



35. Setelah Meronpan dan Burger Jepang, saatnya makan Kare Jepang. Sering nonton dan liat kare di anime, engga ada salahnya sekali2 dicoba. Harganya 490 yen dan hampir semua restoran disini menyediakan menu kare.



36. Detektif Shinku



37. Harga per liter bensin di jepang. Makanya jarang mobil disini karena harga bensinnya mahal



38. Tempat tidur dengan futon, ternyata bisa nyenyak juga tidur di futon. mungkin karena saya juga sudah capek.



39. Beli 2 LN hidan no Aria. Enaknya beli di akiba itu, kalau beli light novel biasanya dapet bonus, kartu nama dan brosur yang isinya bagus.
kartu namanya bisa milih yang mana diantara cewe2 di hidan no aria, saya memilih yang yandere aja.



40. Toilet disini memakai penghangat di dudukannya karena di jepang masih dingin walaupun sudah musim semi (sekitar 10 derajat celcius).



41. Nonton siaran langsung Dog Days tengah malam di stasiun tv tokyo mx.


DAY 2



42. Stasiun Subway dekat Ryokan. Letaknya cukup dalam karena harus menuruni sampai sekitar 3 lantai kebawah.



43. Membeli tiket subway. Beli tiket subway disini semuanya menggunakan mesin. Dan tidak seperti yang saya bayangkan sebelumnya tentang orang jepang yang individualis, ternyata orang jepang itu sangat baik hati. ketika kami kebingungan dengan cara membeli tiket, petugas di stasiun subway itu dengan baik hati menjelaskan caranya membeli tiket walaupun bahasa inggris dia pas pasan, dan setelah itu dia malah mengucapkan terima kasih ketika kita selesai membeli tiket. Cerita lainnya adalah ketika ketika kebingungan mengenai arah stasiun, ada beberapa orang jepang yang dengan baik hati menawarkan bantuan untuk mencari arah. Cerita lainnya juga adalah ketika saya kebingungan mencari penginapan ryokan, ada orang jepang yang sangat baik hati mengantarkan sampai di tempat penginapan dan dia sama sekali engga mau diberikan uang ketika sudah sampai diantarkan di penginapan.

oh iya, saya dan teman saya membeli one day ticket dengan harga 1000 yen dimana kita bisa bebas memakai subway mana saja selama satu hari penuh untuk keliling tokyo. Keliling tokyo dalam satu hari itu ternyata sangat memungkinkan dengan menggunakan subway.


ASAKUSA



44. Sampai di stasiun daerah asakusa. Tempat yang paling terkenal disini adalah kuil Senso-ji yang merupakan kuil tertua di jepang dengan ciri khas terkenalnya yaitu Kaminarimon Gate di depan kuil dengan lantern besarnya.



45. Cara bikin kuenya menarik karena pakai mesin di belakang.



46. Jalanan menuju Senso-ji temple, di tempat-tempat wisata jepang, tidak ada pedagang souvenir yang membututi kita dan memaksa membeli barangnya seperti di indonesia.



47. Penjual Ocha (teh hijau) yang cantik cantik, terutama di sebelah kiri. Pakaian tradisonalnya menambah kecantikannya. jadi terdorong untuk beli deh :P tidak seperti teh di indonesia yang kebanyakan pada suka yang manis-manis, orang jepang lebih suka teh dengan rasa tawar, baik itu teh hijau maupun bukan semuanya pasti tawar. jadi rasanya nu green tea itu kurang benar karena masih manis :P



48. Lupa nama menaranya



49. Beli buat disimpan di dompet :P



50. Di depan sensou-ji temple, masih bisa banyak dilihat orang muda yang memakai kimono, mereka bangga bisa memakai kimono tersebut.

Last edited by mikoo; 02-05-2011 at 10:27 AM..
mikoo is offline  QUOTE
Old 02-05-2011, 10:30 AM  #3
Moderator Kaskus

mikoo's Avatar

UserID: 295756
Join Date: Jul 2007
Location: Less talk, more photos
Posts: 40,629
mikoo is a glorious beacon of lightmikoo is a glorious beacon of lightmikoo is a glorious beacon of lightmikoo is a glorious beacon of lightmikoo is a glorious beacon of light

51. Kotak uang ukuran jumbo yang bisa membuat Reimu Ngiler



52. Es serut, jadi pengen nyobain...rasanya engga seperti es serut di indonesia yang mamakai pemanis engga jelas sehingga saya engga tahan, es serut yang ini lumayan enak juga rasanya.



53. Hmm...



54. CHOCHO BANANA!



55. Takoyaki di jepang itu.....enak banget ;_; sudah pernah nyobain takoyaki di indo tapi engga ada apa-apanya dibandingkan disini. pakai gurita beneran, mayonaise dan bumbu macem-macem, rasanya luar biasa sampai membuat lidah saya hampir meleleh karena rasa nikmatnya ;_;



56. Dr.Pepper, soda terbaik yang pernah kuminum :P



57. Sepertinya restoran ini menunya sangat enak karena antriannya sangat panjang.



58. Transportasi tradisional di asakusa, lantainya bersih banget dibandingkan negaraku ;_;



59. Di subway, bersih banget dan orang-orangnya tertib, keretanya juga tepat jadwal sampai dihitung per menit selalu tepat.


GINZA



60. Suasana di Ginza ketika sedang ada car free day (hari minggu). Ginza merupakan daerah pertokoan tempat belanja seperti baju.



61. Bertemu dengan pasangan suami-istri yang sudah 6 bulan di jepang, sempat ngobrol-ngobrol dengan mereka.



62. Di jepang itu tidak boleh sembarangan merokok di area publik, untuk merokok sudah disediakan tempat khusus dengan asbak seperti yang terlihat di foto.



63. Bunga-bunga indah seperti ini banyak dijumpai baik di pinggir jalan besar maupun kecil di jepang.



64. Motor sangat jarang dijumpai di Tokyo, kalaupun ada, kebanyakan bentuknya seperti ini



65. Calpis Water, minuman yang rasanya nikmat.

TOKYO TOWER


66. Tokyo Tower, Simbol Kota tokyo



67. Pemandangan Tokyo Tower dari main observatory


68. Melihat kebawah


69. Maaf salah fokus kamera.

Roppongi


70. Merupakan daerah bisnis dan fashion, banyak ditemukan orang asing di daerah ini dan ciri khas daerah ini adalah tugu laba laba



Shibuya


71. Salah satu hal yang menarik di tokyo adalah, satu eskalator dibagi menjadi 2 jalur, orang yang lagi santai berada di posisi sebelah kiri, sedangkan orang yang terburu-buru berada di posisi sebelah kanan. kalau di foto, semua orang di jalur saya mengambil posisi di sebelah kiri, yang kanan sengaja dikosongkan untuk orang yang terburu-buru mau turun. di arah sebaliknya juga sama, walaupun ramai, tetapi orang yang santai tetapi di posisi sebelah kiri dan yang terburu-buru di kanan.





72. Keramaian di daerah shibuya. walaupun mobilnya sedkit, tetapi orang2 tetap mengantri sampai ada lampu hijau untuk pejalan kaki. sangat nyamannya transportasi umum di negara ini menjadikan orang lebih suka berjalan kaki daripada menaiki mobil ataupun motor.



73. Patung Hachiko, orang2 ataupun pasangan di shibuya biasanya bila ingin bertemua, terlebih dahulu janjian untuk bertemu di hachiko

TSUKIJI


74. Daerah Tsukiji terkenal akan fish market nya, setiap pagi sampai jam 8 terdapat pasar ikan segar hasil tangkapan dari laut dan ciri khas disini juga banyak restoran sushinya....sekali cobain sushi di daerah ini, engga bakalan betah ngerasain sushi di daerah lain terutama di indo, disini ikannya benar-benar fresh dan disajikan oleh koki berpengalaman ;_;



75. Poster pemilihan disana

Last edited by mikoo

No comments:

Post a Comment