Search This Blog

Thursday, August 25, 2011

Shanghai Kota Serba Ada


Shanghai, Kota Belanja Serba Ada

Yenny Andrianti - Okezone
Shanghai (foto: Yenny Andrianti)
Shanghai (foto: Yenny Andrianti)
Jika Anda mengunjungi kota Shanghai, jangan lewatkan kesempatan untuk berbelanja. Karena di kota metropolitan yang satu ini, Anda bisa menemukan hampir semua jenis barang. Mulai dari pakaian, sepatu, tas, aksesoris, alat tulis, alat-alat perkakas, perlengkapan rumah tangga, dan masih banyak lagi.  Mulai dari barang-barang yang berlabel lokal maupun internasional, semuanya ada di Shanghai.

Berikut ini beberapa nama jalan yang bisa Anda kunjungi untuk berbelanja:
1. Nanjing East Road
Jalan ini terkenal dengan jalan yang dibuat khusus untuk pejalan kaki, yang juga disebut “Nanjing East Road Pedestrian Street”. Di sepanjang jalan ini, Anda bisa berjalan kaki dan melihat beragam jenis toko dan shopping mall di sisi kanan-kiri jalan. Setiap hari, ratusan orang berlalu-lalang di jalan ini, baik para turis maupun penduduk lokal, dan nyaris membentuk lautan manusia yang terus bergerak dari satu sudut ke sudut lainnya.

2. Nanjing West Road
Tidak seperti Nanjing East yang mempunyai jalan khusus untuk pejalan kaki, Nanjing West merupakan sebuah jalan umum untuk kendaraan berlalu-lalang. Namun, Anda juga bisa dengan leluasa berjalan kaki di sepanjang trotoar dan melihat sederetan shopping mall di sepanjang jalan. Kebanyakan dari mall yang ada, Anda bisa melihat berbagai merk internasional, seperti Gucci, Louis Vuitton, Salvatore Ferragamo, Prada, dll.

Selain itu, di Jalan Nanjing West juga terdapat sebuah pusat perbelanjaan yang menjual berbagai jenis barang-barang bermerk palsu dan terletak di 580 Nanjing West Road, yang disebut dengan “Shanghai Fake Market”. Di gedung ini, Anda sangat disarankan untuk menawar. Contohnya: Sebuah tas palsu bermerk Mulberry bisa dijual dengan harga 1500 RMB. Dari harga tersebut, cobalah untuk menawar dengan kisaran harga 200-400RMB. Si penjual biasanya akan mengajak Anda untuk mulai bernegosiasi harga. Pertama-tama, cobalah untuk tetap bertahan dengan harga awal yang Anda tetapkan. Jika Anda memang benar-benar harus menaikkan harga, janganlah menaikkan harga terlalu tinggi. Biasanya ketika Anda memutuskan untuk meninggalkan toko, si penjual bisa memanggil Anda untuk kembali bernegosiasi atau menyetujui harga yang Anda minta.

3. People’s Square – Hong Kong Famous Shops Street
Terletak di sebuah jalan keluar bawah tanah dari stasiun MRT People Square, Anda bisa menemukan sebuah pusat perbelanjaan yang bernama “Hong Kong Famous Shops Street”. Di sini, Anda bisa menemukan sederetan butik-butik kecil yang menjual beraneka ragam pakaian, tas, sepatu dan aksesoris. Harga yang ditawarkan tidak terlalu mahal, tergantung dengan jenis barang yang ditawarkan. Contohnya: Untuk pakaian wanita seperti casual short dress buatan Korea, harganya bisa mencapai kisaran 200-500RMB. Akan tetapi, Anda masih bisa menawar untuk mendapatkan harga yang sesuai.

4. Qi Bu Lu (Qi Bu Road)
Terkenal dengan sebutan “Pasar Murah”, sekilas jalan ini terlihat seperti kawasan Tanah Abang atau Mangga Dua di Jakarta. Suasana jalan begitu ramai dan hiruk pikuk dengan orang-orang yang lalu-lalang dan para pedagang yang berjualan di tepi jalan. Di jalan ini, terdapat beberapa gedung yang menjual barang baik dalam bentuk eceran ataupun grosir. Secara keseluruhan, Anda bisa mendapatkan barang dengan harga miring jika Anda cukup pintar dalam menawar harga.

Selain itu, masih banyak pusat perbelanjaan yang terletak di sederetan jalan di kota Shanghai, seperti misalnya daerah XuJiaHui dan HuaiHai Road. Berikut daftar shopping mall yang terletak di kawasan tersebut (http://www.at0086.com):

Xu Jia Hui:
Di kawasan Xu Jia Hui, Anda bisa menemukan berbagai jenis produk digital, seperti komputer dan kamera, di pusat perbelanjaan Buy Now dan Pacific Digital Square.
1.    Oriental Shopping Mall – No. 8 Cao Xi Bei Road
2.    Pacific Department Store – No. 932 Heng Shan Road
3.    Shanghai Hui Jin Department Store – No. 1000 Zhang Jia Bang Road
4.    Grand Gateway – No. 1, Hong Qiao Road
5.    Buy Now – No. 11 Cao Xi Bei Road
6.    Pacific Digital Square – No. 1117 Zhang Jia Bang Road

Huai Hai Road:
Di kawasan ini, terdapat beragam jenis butik top designer dan berlabel internasional.
1.    Shanghai Women's Stuff Store – No. 447-479 Huai Hai Zhong Road
2.    Parkson Huai Hai Store – No.918 Huai Hai Zhong Road
3.    Printemps Paris – No. 939-949 Huai Hai Zhong Road
4.    Huating Istan – No. 527 Huai Hai Zhong Road
5.    Maison Mode Department Store – No. 1312 Huai Hai Zhong Road
(uky)

No comments:

Post a Comment