Search This Blog

Monday, June 6, 2011

Jalur Kereta Jepang



Selamat Datang di Rimba-nya Jalur Kereta Jepang
http://greatrendyman.wordpress.com/

2052010
Guys, pasti udah ada yang pernah naek kereta di singaporetaipeilondon, dll dong? kereta emang terbukti sebagai transportasi yang paling efektif. selaen harganya relatif murah, waktu tempuhnya cepet, dan stasiun2nya (mayoritas) ada di daerah2 penting. kereta juga menjadi salah satu transportasi umum utama di jepang. kita bisa travel kemanapun kita mau dengan menggunakan kereta. saking pentingnya kereta di jepang, kereta juga mencakup daerah-daerah kecil (bukan perkampungan tapi ya). dan kebayang dong sebanyak apa jalur kereta di jepang?
Gw mau ambil contoh jalur MRT di singapore. MRT di singapore juga udah menjadi salah satu transportasi penting. banyak orang yang menggantungkan aktifitas sehari2nya kepada MRT. tapi sayangnya (walaupun singapore kecil sih), jalur MRT di sana ga menjangkau daerah-daerah yang “agak” jauh dari kota. buat buktinya, kita bisa liat peta jalur MRT di bawah. simple banget kan? waktu gw ke singapore, gw sampe terkaget-kaget karena jalur MRT-nya sangat simple di banding jepang. kenapa gw bilang simple? karena jalur kereta di jepang sangat banyakkkk, mungkin bagi pendatang baru di jepang, peta jalur kereta di jepang bakal sangat membingungkan.
Peta MRT Singapore
Kalo di tokyo, jalur-jalur kereta dipegang oleh beberapa perusahaan kereta. yang paling terkenal adalah JR. selain JR line, ada juga tokyo metrotokyukeio, dll. selama di jepang, gw menggantungkan hidup gw sama kereta tokyu dan JR. jalur yang dilewati kereta dari setiap perusahaan ini beda-beda. bahkan untuk sampai ke satu tujuan terkadang kita harus pindah-pindah kereta. kalo mau liat peta dari JR, tokyu, dan tokyo metro kita bisa liat gambar di bawah.
Peta Kereta JR
Peta Kereta Tokyo Metro
Peta Kereta Tokyu
Gimana kesan2nya setelah ngeliat 3 dari beberapa jalur perusahaan kereta di jepang? puyeng ga? haha. bagi yg blm pernah ke jepang, wajar kok kalo puyeng. sampe skarang kalo disuruh ngeliatin peta-peta itu pala gw juga bakal puyeng. dari peta-peta kereta jepang yang terkesan “keriting” atau ribet bagi pembacanya, kita udah bisa tebak kalo jalur kereta di jepang mencakup sampai ke daerah terpencil! dan gw juga udah ngebuktiin keefektifan kereta di jepang. gw berharap suatu saat indonesia bisa juga ngerapihin jalur transportasi dan membuat sebuah sistem transportasi yang bisa menjadi pegangan bagi seluruh rakyat.
Bagi yang punya rencana ke jepang, mungkin ada baiknya untuk mencari informasi terlebih dulu mengenai jalur-jalur kereta dan stasiun-stasiun kereta di jepang. jangan sampe begitu sampe jepang cuma bisa bengong ngeliatin peta jalur kereta ya! hehehe. tapi kalo emang udah kepepet, taxi bisa menjadi option yang paling praktis kok, asal siap aja dompetnya “sakit”, haha! (baca tulisan gw disini : klik). tapi buat yang kekeh mau berpetualang dengan kereta, gw ucapin “welcome to the jungle

No comments:

Post a Comment