Search This Blog

Sunday, June 12, 2011

Kami doakan perjalanan Anda nyaman


Jadi Penumpang Berstatus Elite
Egidius Patnistik | Sabtu, 22 November 2008 | 15:26 WIB
Dibaca: 163
|
Share:

Jika Anda melakukan perjalanan untuk bisnis atau bersenang-senang, pasti Anda menginginkan kenyamanan dan sedapat mungkin bebas dari keruwetan. Jika Anda sering melakukan perjalanan maka Anda mungkin menjadi anggota dari satu, atau bahkan lebih, klub airlines frequent flyer. Anda mungkin tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan poin-poin yang telah didapatkan, atau bagaimana menggunakannya. Ada beberapa
cara sederhana untuk memperoleh keuntungan dengan poin-poin itu.

Dengan tetap menjadi anggota salah satu klub maskapai penerbangan, ada sejumlah keuntungan luar biasa, terutama bila menjadi anggota salah satu dari dua aliansi maskapai terbesar yaitu, Star Alliance atau One World, yang bisa Anda nikmati. Seiring peningkatan mil yang Anda lampaui dan semakin sering Anda bepergian, semakin besar pula kemungkinan Anda menjadi salah satu anggota elit mereka, dengan status superior ketimbang anggota biasa.

Beberapa maskapai penerbangan akan menghargai penerbang
rutin mereka yang paling sering melakukan perjalanan (most frequent flyers) dengan memberikan kartu emas (gold card) atau peningkatan level keanggotaan. Hal ini saja sudah memberikan keuntungan, terutama bila Anda memperolehnya dengan susah payah (dengan melakukan penerbangan di kelas ekonomi). Status superior Anda, biasanya, akan memberi keuntungan seperti penambahan batas bagasi beberapa kilogram, prioritas check in, prioritas untuk melakukan upgrade kelas, prioritasboarding, prioritas dalam waitlist (beberapa maskapai bahkan mulai menawarkan konfirmasi segera), dan yang paling penting adalah penggunaan lounge di airport.

Lounge-lounge di airport berbeda-beda, beberapa menawarkan makanan dan minuman yang enak, dengan fasilitas shower, tempat kerja, bahkan pelayanan pijat atau tempat bermain game komputer yang akan menolong Anda melewatkan waktu. Namun beberapa memiliki pelayanan yang buruk, atau pelayanan ekstra yang diberikan hanya sebuah kursi nyaman dan minuman selamat datang. Memilih lounge mana yang akan digunakan bisa menjadi rumit namun hal itu amat penting bagi kenyamanan perjalanan Anda.

Ada kesalahpahaman besar dalam industri perjalanan, yaitu ketika Anda diberi tahu hanya dapat menggunakan lounge dari maskapai yang Anda hendak tumpangi. Sesungguhnya tidaklah demikian. Anda memiliki lebih banyak pilihan ketimbang yang selama ini Anda kira, jika Anda bepergian sebagai anggota kartu emas dari Star Alliance atau One World.

Misalnya Anda bepergian selaku anggota kartu emas Royal Orchid Plus (Thai Airlines) yang merupakan anggota Star Alliance. Selama Anda bepergian menggunakan maskapai peserta Star Alliance maka Anda dapat memanfaatkan lounge-lounge manapun yang berada di bawah Star Alliance. Anda tidak harus menggunakan lounge maskapai Thai Airlines hanya karena Anda menggunakan maskapai tersebut. Anda dapat memanfaatkan lounge-lounge milik maskapai lain seperti United, SAS, Air Canada, Lufthansa, Varig, Ansett Australian, Air New Zealand, All Nippon Airways, dan tentu saja Thai Airlines.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah menyerahkan boarding pass tiket hari itu, yang maskapainya merupakan anggota Star Alliance, kartu emas Anda, maka Anda akan dipersilahkan masuk!

Kesempatan ini akan memberikan Anda pilihan yang luar biasa. Sebagai contoh, lounge Thai Airlines di Airport Internasional Hong Kong amat keren dan mereka menyediakan dim sum yang enak di pagi hari, namun makanan di sore harinya tidak begitu lezat, maka Anda bisa memilih menggunakan lounge milik United, yang menyediakan buah-buahan yang segar dan keju-keju yang nikmat. Lounge United juga memiliki fasilitas komputer yang lebih baik dan lebih luas.

Di London, Anda tidak dapat merokok di lounge milik Thai Airlines tapi Anda dapat melakukannya dilounge milik United dan SAS. Lounge United di Terminal 3 Airport Heathrow juga luar biasa, dengan fasilitas komputer yang lengkap, tempat merokok yang luas dan staf yang profesional dan terlatih. Hal-hal ini memungkinkan Anda membuat pilihan, jika misalnya Anda memerlukan koneksi internet dan semua terminal di lounge Thai Airlines di Singapura telah penuh, Anda selalu dapat pergi ke lounge United untuk melihat kalau-kalau di sana Anda bisa mendapat tempat.

Pada umumnya maskapai penerbangan tidak terlalu senang dengan praktek ini sehingga seringkalilounge yang Anda gunakan (bila Anda tidak menggunakan lounge dari maskapai yang Anda pakai) akan mengirimkan tagihan pada maskapai penerbangan Anda. Tapi dengan kartu emas yang Anda pegang tidak ada yang mereka bisa lakukan untuk menghentikan Anda.

Jika Anda merasa tidak mungkin meningkatkan status Anda ke level emas atau lebih, atau hanya ingin sekedar memastikan Anda dapat menggunakan lounge tertentu dalam perjalanan Anda, cobalah cari cara dengan menggunaan pass prioritas. Kami doakan, perjalanan Anda nyaman adanya. (EGP/Asiatraveltips.com)

No comments:

Post a Comment