Search This Blog

Sunday, June 12, 2011

Tiket pesawat Jepang dengan harga yang agak miring




Cara paling cost-efficient untuk berkeliling Jepang sebenarnya dilakukan dengan menumpang kereta api. Namun apabila Anda memiliki keterbatasan waktu, sementara Anda ingin melakukan eksplorasi sebanyak mungkin tatkala berada di Jepang dan memiliki cukup banyak bekal uang saku untuk perjalanan ini, tidak ada salahnya untuk menggunakan penerbangan domestik selama di Jepang, khususnya untuk perjalanan jarak jauh (misalnya dari Nagasaki di ujung selatan Kyushu ke Sapporo di Hokkaido). Jika jarak perjalanan tidak terlalu jauh, misalnya dari Tokyo ke Osaka, saya lebih menyarankan Anda untuk lebih baik menumbang Shinkansen daripada menumpang pesawat udara. Ini disebabkan, jarak yang harus Anda tempuh dari dan ke bandara di Tokyo dan Osaka, ditambah waktu tunggu penerbangan di masing-masing bandara, apabila dibandingkan dengan waktu yang dibutuhkan oleh kereta api Shinkansen untuk mencapai Tokyo – Osaka, secara keseluruhan justru lebih singkat waktu perjalanan dengan menggunakan Shinkansen. Sementara dari harga tiket, jelas harga tiket Shinkansen akan lebih murah daripada harga tiket pesawat.

Penerbangan domestik dari Tokyo ke kota-kota lain di Jepang, lebih banyak dilayani dari Haneda Airport. Jika Anda sudah berada di Tokyo, Haneda Airport bisa dengan mudah dicapai dengan menumpang Airport Limousine Bus, menumpang monorail dari Hamamatsucho Station (Yamanote Line), atau dari Shinagawa Station (Keikyu Line). Jika Anda berencana melanjutkan penerbangan lokal dari Narita Airport, maka Anda bisa menggunakan Airport Limousine Bus untuk bisa mencapai bandara Haneda.

Dua penerbangan domestik yang melayani hampir seluruh destinasi penerbangan di seluruh Jepang adalah Japan Airlines (JAL; tel. 0120/25-5971 toll-free di Japan;www.jal.co.jp) dan All Nippon Airways (ANA; tel. 0120/029-222 toll-free di Japan; www.anaskyweb.com). Harga tiket penerbangan domestik reguler diantara keduanya hampir tidak ada perbedaan. Meski demikian, harga tiket bisa berubah-ubah setiap saat, terutama menjelang dan saat peak season seperti saat liburan akhir tahun, Golden Week, dan liburan musim panas. Meski demikian, tiket pesawat dengan harga yang agak miring masih tersedia, terutama untuk penerbangan awal di pagi hari atau penerbangan terakhir di malam hari. Pembelian tiket jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan juga bisa memberikan Anda potongan harga yang lumayan. Demikian pula, pembelian tiket pulang pergi akan sedikit lebih murah daripada membeli tiket satu kali jalan.

Di samping kedua penerbangan utama tersebut di atas, ada beberapa perusahaan penerbangan regional yang melayani hanya rute-rute penerbangan spesifik saja. Biasanya sih maskapai regional ini menjual tiket pesawat dengan harga sedikit lebih murah daripada ANA dan JAL dan sedikit lebih mahal dari tiket kereta api.

Skymark (tel. 03/3433-7670 di Tokyo, atau 092/736-3131 di Fukuoka), adalah maskapai yang hanya melayani penerbangan di seputar Pulau Kyushu.

Skynet Asia Airways (tel. 03/5733-5859 di Tokyo), memiliki rute penerbangan dari dan ke Nagasaki, Kumamoto, Kagoshima, dan Miyazaki di Pulau Kyushu dengan Tokyo.

Air Do (tel. 0120/0570-333 toll-free), menerbangi beberapa destinasi di Pulau Hokkaido.

Sebagai ilustrasi, untuk perjalanan dari Tokyo (Honshu) ke Kagoshima (di ujung selatan Kyushu) dengan menumpang JAL (tiket satu kali jalan) dengan lama perjalanan 1 jam 45 menit, harga tiketnya adalah ¥35,700. Untuk rute perjalanan yang sama dengan menggunakan maskapai Skynet Asia Airways, harga tiket satu kali jalan adalah ¥28,500. Jika dibandingkan dengan menumpang kereta api satu kali jalan dengan lama perjalanan selama 9 jam, harga tiketnya mencapai ¥26,980. Nah, jika perbandingannya seperti ini, jelas lebih menguntungkan kalau Anda memilih untuk menumpang pesawat Skynet Asia daripada menggunakan moda transportasi lainnya.

Membeli tiket penerbangan domestik jauh-jauh hari dengan koneksi langsung ke penerbangan internasional Anda ke Jepang bisa merupakan salah satu cara untuk menghemat biaya perjalanan ke Jepang. Secara reguler JAL (Japan Airways) mengeluarkan tiket promo “oneworld Yokoso/Visit Japan Fare” yang harus dibeli secara bersamaan dengan international ticket ke Jepang. JAL adalah anggota dariONEWORLD (sebuah organisasi code-sharing) yang beranggotakan American Airlines, Qantas, Cathay Pacific, British Airways, Finnair, Iberia, Malev, Japan Airlines, Royal Jordanian dan LAN Argentina. Nah, jika Anda menumpang salah satu dari maskapai penerbangan anggota ONEWORLD tersebut, maka Anda bisa mendapatkan diskon ¥10,000 untuk setiap penerbangan domestik di Jepang dengan menumpang JAL termasuk dua maskapai anak perusahaannya yakni JAL Express dan Japan TransOcean Air yang secara keseluruhan melayani lebih dari 40 kota di Jepang. Promo tiket “oneworld Yokoso/Visit Japan Fare’ ini harus dibeli dari negara asal wisatawan, dan tidak dijual di dalam negeri Jepang sendiri.

Untuk wisatawan yang terbang menggunakan maskapai lain di luar anggota ONEWORLD, juga bisa memanfaatkan penawaran menarik dari JAL yang dinamakan “Welcome to Japan Fare,” dengan harga ¥13,650 per penerbangan, dengan minimal pembelian 2 buah tiket/orang.

Di lain pihak, maskapai ANA juga memberlakukan program promo yang mirip dengan yang dilakukan oleh JAL, namun untuk maskapai penerbangan yang berada di bawah bendera Star Alliance. Maskapai yang menjadi anggota dari Star Alliance adalah Singapore Airlines, Continental Airlines, United Airlines, Air Canada, SWISS, Air New Zealand, Air China, Adria, Asiana Airlines, Austria Airlines, ANA, Croatian Airlines, Turkish Airlines, Egypt Air, Scandinavian Services (SAS), Lufthansa, SpanAir, South African Airlines, Thai Airways, Shanghai Airlines.

Untuk tiket “Japan Airpass” yang diterbitkan oleh ANA, biayanya adalah ¥11,000 per penerbangan jika Anda terbang menggunakan ANA atau salah satu maskapai anggota Star Alliance. Jika Anda membeli “Japan Airpass” namun tidak melakukan penerbangan dengan maskapai anggota Star Alliance, maka harga tiketnya adalah ¥13,000.

Harap diingat, bahwa tiket promosi jenis ini tidak berlaku untuk masa-masa Peak Season seperti pada saat liburan musim panas (pertengahan Juli – akhir Agustus), liburan tahun baru, dan saat Golden Week.

Tiket promo yang dikeluarkan oleh JAL dan ANA tersebut adalah harga sebelum pajak bandara dan asuransi penerbangan. Anda harus membeli tiket penerbangan internasional menuju Jepang terlebih dulu sebelum bisa membeli tiket domestik promo.

Jika Anda berniat untuk memanfaatkan promo penerbangan hemat tersebut, sebaiknya pergunakan untuk perjalanan jarak jauh supaya manfaatnya lebih terasa., sementara untuk perjalanan jarak pendek atau menengah, lebih baik menumpang kereta api.

sumber :http://rentvillabali.multiply.com

No comments:

Post a Comment