Search This Blog

Monday, June 6, 2011

Kesan selama di Tokyo Disneyland


Tokyo Disney Land Review!

27012009
Wah, akhirnya kemarin gw dateng juga ke tokyo disney land! taun lalu gw udah sempet dateng ke tokyo disney sea sih (baca reviewnya disini), tapi gw tetep penasaran sama yang namanya tokyo disney land. oh iya sekedar info aja buat yang blm tau, di tokyo selain disney land, ada juga yang namanya disney sea. sebenernya menurut gw kedua theme park ini ga punya perbedaan yang khusus, tapi mungkin kalau dari segi wahana2nya, disney land lebih ditujuin untuk anak kecil (well, ga semuanya juga ditujuin utk anak kecil sih, malah ada yang ga cocok utk anak kecil juga menurut gw, kayak space mountain), sementara disney sea selain punya design yang lebih bagus dibanding disney land, wahana2nya (katanya) lebih ditujukan untuk orang dewasa (walaupun menurut gw wahananya masih terkesan kekanak2an juga sih). jadi intinya, disney sea cuma ada 1 di dunia, yaitu di jepang.
Berhubung gw dateng ke disney land pas winter, pengunjungnya pun ga terlalu banyak. sementara taun lalu krn gw dateng ke disney sea pas summer, pengunjungnya gila2an. waktu itu gw harus menghabiskan 40-90 menit untuk ngantri setiap wahana, sementara kemarin waktu pergi ke disney land, banyak banget wahana yang cuma ngebutuhin waktu 10-30 menit alias kosong antriannya. tapi karena pengunjungnya ga terlalu rame inilah, gw bisa naikin hampir setengah wahana yang ada di disney land.
Harga tiket disney land sama persis dengan harga tiket disney sea, yaitu 5.800 yen (utk 1-day passport). wilayah di dalam disney land dibagi menjadi 7 wilayah, yaitu : world bazaar, adventure land, westernland, critter country, fantasy land, toon town, dan tomorrow land. ok, daripada gw cerita panjang lebar, mendingan kita mulai aja reviewnya.
——————————————————————————————————————————–
WORLD BAZAAR
bazaar
Sesuai dengan namanya, konsep dari wilayah ini adalah pusat perbelanjaan dari dunia disney. jadi begitu kita masuk ke gerbang disney land, pertama2 kita pasti harus melewati daerah ini. disepanjang jalan ini, kita bakal ngeliat macem2 toko di sebelah kiri dan kanan kita. kalau anak2 muda jepang (terutama yang cewek2), begitu mereka ngelewatin daerah ini, mereka pasti langsung beli topi atau bandu atau sarung tangan ala mickey / minnie mouse. dan selama mereka ada di disney land, aksesoris ini pasti mereka pake. lucu juga sih ngeliat tingkah anak2 muda-nya. kalo di disney land amrik, rasanya yang pake2 kayak ginian banyakan anak kecilnya, sementara kalo disini mayoritas yang pake malah anak mudanya (termasuk yang cowok2). oh iya, satu2nya bank yang ada di dalam disney land cuma ada di wilayah ini (sumitomo bank), jadi buat yang kepepet mau ambil duit, ya mendingan dari awal aja langsung ambil duit disini.
ADVANTURE LAND
1.The Enchanted Tiki Room
2. Jungle Cruise
Atraksi ini mirip2 “jaws” yang ada di universal studio. kita akan dibawa naik kapal kecil dan dibawa keliling menyusuri sungai. disebelah kiri dan kanan sungai ini (ceritanya) adalah hutan yang masih banyak binatang2 buas serta suku2 pedalamannya. jadilah selama ikut tur ini, kita cuma akan menyaksikan acting dari si guide (yang ngebawa kapalnya). dia akan cerita tentang seluk beluk hutan ini, dan jenis2 hewan ataupun suku yang kita jumpai selama perjalanan. seperti biasa, acting orang jepang emang ajaib2, actingnya kocak banget, kayak di komik2 gitu lah. tapi buat yang ga ngerti bahasa jepang sih, dijamin bakal ga ngerti 100% inti dari atraksi ini.
jungle
3. Western River Railroad
Sesuai dengan namanya, kita akan dibawa keliling advanture land dengan sebuah kereta. ya inti perjalanan dengan kereta ini sih cuma untuk ngeliat seluruh isi advanture land aja. karena bakal dijelasin tentang semua wahana yang ada disini. jadi kalau misalnya pengen istirahat + nyusun plan mau masuk wahana apalagi, coba naik kereta ini aja. lumayan buat santai2.
western
4. Pirates of the Caribbean
Ini adalah wahana pertama yang gw coba. berhubung setelah keluar dari daerah world bazaar wahana ini adalah wahana terdekat, jadilah gw memutuskan untuk nyobain wahana ini dulu. antriannya juga sepi banget (mungkin krn waktu itu masih jam 10 pagi), gw cuma antri sekitar 10 menit untuk sampai di kapal utk menjalani ekspedisini ini.
pirates
Jadi konsep wahana ini sebenernya sih kayak konsep istana boneka-nya dufan. tapi bonekanya semua adalah tokoh2 dari film pirates of the caribbean. dan bedanya lagi, boneka2nya bener2 mirip sama tokoh2nya + gerakannya juga halus banget, ga kayak robot. oh iya, tokoh utama dalam film ini (Johnny Depp) juga mirip banget loh. tapi secara keseluruhan wahana ini sih termasuk wahana yang cukup membosankan, karena sama skali ga jelas inti & alur ceritanya. jadi gw cukup kecewa juga, krn dengan namanya yang sangat terkenal itu gw berharap atraksi ini bakalan seru, eh ternyata malah ngebuat gw bosen.
5. Swiss Family Treehouse
WESTERN LAND
1. Big Thunder Mountain
Ini juga termasuk wahana yang cukup unik menurut gw. karena kita akan dibawa kedalam sebuah perjalanan menyusuri pegunungan dengan menaiki jet coaster yang berbentuk kereta api. bagi yang berencana utk ke disney land, ini juga termasuk salah satu rekomendasi gw.
thunder
2. Tom Sawyer Island
3. Mark Twain Riverboat
Kita akan dibawa berlayar keliling sungai dengan sebuah kapal pesiar gitu. gw ga sempet nyoba sih.
mark
4. Country Bear Theater
CRITTER COUNTRY
1. Beaver Brothers Explorer Canoes
Wah ini keliatannya seru, tapi sayangnya gw ga sempet nyoba. jadi kita bakal dibawa naik perahu canoe, yang akan dipandu dengan 2 orang (yang nempatin diposisi paling depan dan paling belakang kapal), dan kita akan mendayung perahu ini rame2 ngelilingin sungai.
untitled-1
2. Splash Mountain
Kalau kita samain dengan wahana dufan, berarti splash mountain adalah niagara-nya dufan. cuma bedanya, kalau di dufan kita cuma dibawa jalan2 sebentar, trus tiba2 langsung meluncur kan? kalo disini kita akan ngelewatin ruangan2 yang ada ceritanya. jadi mirip perpaduan istana boneka dengan niagara. dan disini kita akan meluncur 3x (yang 2 ga curam, yang terakhir lumayan curam). tapi kayaknya masih lebih tinggi niagara deh, gw sih ga terlalu berasa kalo splash mountain ini tinggi. tapi cukup menghibur kok, karena berhasil ngebuat kepala gw basah kuyup (lagi winter pula).
splash
FANTASY LAND
1. Haunted Mansion
Mirip puri misteri di dufan jaman dulu, bahkan lebih ga serem daripada puri misteri. bagian yang paling keren cuma waktu kita dikasih liat ada hantu2 yang lagi berdansa di sebuah hall besar gitu & si hantu2 ini memakai pakaian2 kuno.
haunted
2. Dumbo the Flying Elephant
Atraksi standard theme park untuk anak kecil. bahkan gw ga tau nama atraksi ini kalo di dufan.
dumbo
3. Peter Pan’s Flight
Kita akan dibawa oleh sebuah kereta ke dalam dunia peter pan. cukup menghibur juga kok, walaupun atraksinya cuma kayak istana boneka, tapi disini kita akan bener2 masuk ke dalam cerita peter pan.
peter-pan-s-flight
4. Pinocchio’s Daring Journey
Mirip2 Peter Pan’s Flight, tapi ini versi pinokio. walaupun kurang nendang, tapi cukup menghibur karena ngebuat gw flashback sama kartun pinokio jaman dulu hehehe.
5. Pooh’s Hunny Hunt
Antriannya lumayan panjang loh nih, sekitar 50 menit. gw pikir tadinya atraksinya ga menarik, tapi berhubung ngeliat antriannya panjang, pasti lumayan menarik dong. dan setelah gw coba, ternyata cukup menghibur kok atraksinya. jadi kita akan dibawa jalan2 naik pot madunya winnie the pooh, dan kita akan dibawa keliling2 sambil disuguhin cerita2 winnie the pooh,. yang uniknya cara menyajikan ceritanya ga kayak istana boneka ataupun nonton film biasa, tapi si pot madu ini akan berjalan maju, mundur, muter2, pokoknya gerakannya ga ketebak sama kita, dan kita akan dikasih liat winnie the pooh dalam bentuk laser, boneka, dll.
pooh
6. The Mickey Mouse Revue
7. Snow White’s Adventure
Ini juga masih setipe pinokio + peter pan, cuma bedanya ada adegan2 yang ruangannya cukup gelap, jadi mungkin buat anak kecil emang agak2 sedikit “scary” kali ya? hahaha .. tapi soundtracknya bagus kok disini.
8. It’s a Small World
9. Alice’s Tea Party
Wahana standard theme park2 diseluruh dunia. kita akan naik sebuah cangkir, dan dibawa berputar2, gw ga tau sih tipe wahana kayak gini nyebutnya apa, hehe.
TOON TOWN
Di daerah toon park ini banyak banget bangunan ataupun barang2 yang unik2. salah satu contohnya, ada pintu sebuah gedung yang kalo kita buka seakan2 terjadi korsleting listrik di dalem ruangannya. jadi di dalem ruangannya keliatan kayak ada sinar2 listrik + bunyi2 listrik gitu. trus ada juga kotak pos yang kalo kita buka akan ngeluarin suara pembicaraan antara cewek dan cwok, gw ga tau sih itu maksudnya siapa. ada juga pintu penutup selokan (gw ga ngerti namanya apa, itu loh besi bulet yang kalo kita angkat, biasanya ada tangga untuk turun ke selokan (kayak di kartun teenage mutant ninja turtle), yang kalo kita injek bisa ngeluarin suara. masih banyak lagi yang unik di daerah sini. waktu gw ke disney land anneheim (amrik) jaman2nya sd, daerah ini adalah daerah yang paling gw suka, hahaha
1. Mickey’s House and Meet Mickey
Sesuai namanya, ini adalah rumahnya mickey mouse. dan kita bisa ketemu mickey mouse langsung disini. tapi untuk masuk kesini biasanya antriannya cukup panjang juga.
mickeys_country_house
2. Gadget’s Go Coaster
Ini adalah mini jetcoaster untuk anak2. mirip2 mini jetcoaster di dufan. kayaknya cukup seru juga sih, tapi berhubung yang naik anak2 kecil smua, jadi males ikutan ngantri haha.
3. Chip ‘n Dale Treehouse
Rumah pohonnya chip and dale. di dalem sini sama sekali ga ada apa2 sih, tapi kita bisa liat ada foto2nya chip and dale disini. trus bisa naik sampe ke tingkat paling atas.
chip
4. Minnie’s House
Sesuai namanya, ini adalah rumahnya minnie yang lokasinya persis disebelah rumah mickey. kita bisa ketemu langsung sama mickey mouse dirumahnya, tapi kalau minnie mouse gw kurang tau juga ya. tapi rumah minnie ini cukup unik juga, ada sumur yang kalo kita lempar koin bisa ngeluarin suara yang akan ngeramal percintaan kita, terus dekorasi di dalam rumahnya juga lucu banget. diruang tamu ada beberapa sofat yang bentuknya unik, dan kadang2 telpon di ruang tamu minnie suka bunyi (gw ga sempet ngangkat sih, jadi ga tau isinya apa). trus kita juga bisa ke dapur juga ngeliat perkakas2 dapurnya minnie, termasuk isi lemari esnya.
minnie
5. Donald’s Boat
6. Goofy’s Bounce House
Tadinya gw pikir konsepnya mirip rumah mickey dan minnie, tapi ternyata ini adalah arena lompat2 untuk anak kecil. bentuk luarnya sih emang bener2 rumah goofy, tapi di dalemnya ya arena lompat2an doang.
7. Toon Park
Arena bermain untuk anak2.
8. Roger Rabbit’s Car-Toon Spin
Dulu termasuk salah satu wahana favorit gw nih (waktu gw masih kecil), krn gw suka banget sama roger rabbit. gw ga sempet nyoba lagi pas gw di tokyo, tapi seinget gw kita akan dibawa naik sebuah mobil (salah satu tokoh di roger rabbit), dan kita akan menyurusi dunia cartoon-nya roger rabbit.
roger
TOMORROW LAND
1. MicroAdventure!
2. Space Mountain
Salah satu atraksi yang berbeda dari atraksi2 disney land. konsepnya adalah jetcoaster, tapi di dalam ruangan yang gelap gulita yang penuh bintang (ceritanya kita ada di angkasa). kecepatan jet coaster ini luar biasa, mnurut gw sih sangat ga cocok untuk anak kecil. tapi herannya banyak banget anak2 kecil yang masuk sini. tapi kayaknya termasuk salah satu atraksi yang wajib dicoba kalau datang ke disney land!
space
3. StarJets
4. Grand Circuit Raceway
Wah ini termasuk salah satu atraksi yang cukup lucu. karena kita akan naik mobil + balapan dengan mobil2 lainnya. oh iya, yang lucunya kalo di disney land anneheim, rasanya yang ikut atraksi ini banyakan anak kecil, tapi kalo di tokyo mayoritas malah orang dewasa.
race
5. Visionarium
6. Star Tours
Disini kita akan dibawa tour ke angkasa ala starwars. jadi kita akan duduk disebuah ruangan yang ceritanya adalah pesawat ruang angkasa, yang nantinya akan bergerak dengan kecepatan cahaya. kalo di dufan wahana kayak gini yang bergerak kan kursinya, tapi kalo ini yang bergerak seluruh ruangannya.
star-tours-poster-web
7. Buzz Lightyear’s Astro Blasters
———————————————————————————————————————————————————
Kesan2 gw selama di disney land sih cukup menyenangkan, walaupun wahana2nya emang kurang nendang sih untuk orang dewasa. tapi cukup terhibur juga kok ngeliat parade2 + design2 dari tokoh2 walt disney ini, karena gw kayak keinget lagi sama film2 kartun jaman dulu yang gw tonton hehe. oh iya satu lagi yang harus gw kasih nilai plus disini, makanan2nya jauh lebih baik dan worth it dibanding universal studio japan. dan yang cukup menarik, disetiap daerah disney land biasanya ada 1 tempat utk beli popcorn dengan rasa yang berbeda di tiap daerahnya (ada rasa coklat, kare, madu, dll), dan disetiap tempat beli popcorn ini kita bisa beli tempat popcorn dengan design yang berbeda di setiap daerah (design2nya = tokoh2 disney).

No comments:

Post a Comment