Search This Blog

Monday, January 16, 2012

Konsultasi persyaratan visa Schengen

UPDATE PENTING Visa Eropa (Schengen) Bag. 1

CATATAN PENTING I:
Sebaiknya Anda ‘Bookmark’ halaman situs ini supaya bisa kembali mengunjunginya dengan mudah di lain waktu. Ada banyak informasi berguna seputar persyaratan visa Eropa (Schengen) yang bakal saya up-date setiap waktu sesuai perkembangan, berikut tips & tricks bagaimana menyiasatinya agar aplikasi visa Anda bisa GOL dengan resiko kerugian finansial seminimal mungkin.
Lantaran cukup panjang, tulisan ini harus saya bagi dalam 2 bagian. Klik link di bagian bawah halaman ini untuk melanjutkan ke bagian selanjutnya.
***
Akhir-akhir ini, banyak teman member komunitas TravelHemat.com sudah pada berani untuk berencana melakukan perjalanan secara independen ke Eropa.
Banyak yang mengirim email ke saya menanyakan hal-hal seputar tahap-tahap persiapan. Awalnya banyak yang ragu-ragu dengan gimana cara mencari dan memesan tiket pesawat yang murah meriah, cara mencari penginapan murah namun strategis, masalah persyaratan visa yang konon sulitnya minta ampun, dan lain-lain…
Namun, setelah membaca jurus-jurus yang dijabarkan secara detil melalui berbagai serial e-book yang ada di situs TravelHemat.com, sedikit demi sedikit banyak yang teryakinkan dan saat ini ada banyak sekali teman-teman yang ingin menjajal keindahan kota-kota besar di Eropa maupun kecantikan pemandangan alamnya berikut kekayaan budaya dari berbagai negara di benua eksotis tersebut.
Photobucket
Dari segi biaya perjalanan, benar sekali, apabila kita merencanakan perjalanan tersebut dengan cermat, sangat besar kemungkinan kita bisa melakukan penghematan yang kalau dihitung-hitung… bisa mencapai belasan juta rupiah/orangnya. Wah, menarik sekali kan?
Sebagai informasi, biaya tur ke Eropa saat ini jika kita bergabung dalam grup tur melalui travel agent, bisa berkisar antara U$2200 – 4500/orang. Nah, jika Anda bisa menghemat biaya perjalanan tersebut hingga separuhnya, masak sih Anda nggak tertantang untuk melakukan perjalanan ke Eropa secara independen, meskipun mungkin Anda harus sedikit bersusah payah untuk mempersiapkannya :-)
E-Cover TH Switzerland
Apa itu Visa Schengen?
Negara-negara di Eropa saat ini sebagian besar sudah bergabung menjadi ’satu’ untuk urusan pemberian visa kunjungan bagi para pengunjung dari luar wilayah mereka. Ada lebih dari 25 negara Eropa yang saat ini telah menyatukan sistem pengurusan visa mereka. Jadi, apabila kita masuk dari salah satu negara yang bergabung dalam sistem Schengen, maka secara otomatis kita bisa berkunjung ke negara-negara anggota yang lainnya tanpa perlu mengajukan aplikasi visa secara terpisah ataupun mengalami pemeriksaan imigrasi saat di perbatasan antar negara.
Negara-negara Eropa yang masuk dalam sistem Schengen adalah: Belanda, Belgia, Luxemburg, Prancis, Spanyol, Portugal, Italia, Austria, Jerman, Republik Ceko, Hungaria, Norwegia, Denmark, Swedia, Finlandia, Polandia, Yunani, Estonia, Latvia, Lithuania, Malta, Polandia, Slovakia, Slovenia, dan yang terakhir bergabung (akhir Oktober 2008) adalah …. Switzerland.
Photobucket
Persyaratan Umum Visa Schengen
Berikut adalah persyaratan umum Visa Schengen:
1. Paspor yang masih berlaku minimal 8 bulan (baru & lama)
2. Surat Sponsor dari perusahaan tempat bekerja dalam bahasa Inggris
3. Surat Undangan (jika kunjungan dilakukan dalam rangka bisnis)
4. Foto copy SIUP
5. Bukti Keuangan Pribadi 3 bulan terakhir (Bukti Keuangan dari perusahaan jika kunjungan dilakukan untuk keperluan bisnis)
6. Referensi Bank asli sesuai dengan Bukti Keuangan
7. Konfirmasi Pemesanan Hotel/Penginapan.
8. Asuransi Perjalanan
9. Print Out Tiket Perjalanan
10. Foto copy Kartu Keluarga, Surat Nikah, Akte Lahir, Ganti Nama jika ada
11. Foto copy Kartu Pelajar / Surat Keterangan Sekolah
12. Foto terbaru ukuran 4×6 (2 lembar) warna background putih
13. Foto copy Credit Card
14. Isi dan tanda tangan Formulir
15. Tidak menutup kemungkinan untuk diminta menunjukkan Bukti Keuangan asli pada saat pengajuan Visa khususnya untuk Kedutaan Schengen.
Jika ada anggota keluarga yang tinggal di negara tersebut dan dia berminat untuk mengundang Anda ke Eropa, maka Anda wajib melampirkan :
1. Foto copy Paspor dan Visa orang yang tinggal di negara tersebut.
2. Bukti Hubungan (keluarga) seperti Akte Kelahiran.
3. Surat Undangan dari anggota keluarga di Eropa yang disahkan oleh pemerintahan setempat.
Lanjutkan >>
CATATAN PENTING II:
Baca ulasan khusus tentang Pentingnya Asuransi Perjalanan DI SINI!

UPDATE PENTING Visa Eropa (Schengen) Bag. 2

Nah, disamping persyaratan standard seperti yang tertulis di atas, masing-masing negara Schengen memiliki sedikit perbedaan persyaratan untuk permohonan visa, seperti tertulis di bawah ini :
Kedutaan Italia:
1. Apabila ada anak yang ikut dengan salah satu orang tuanya atau pergi sendiri tanpa ditemani orang tuanya maka kedua orang tuanya diharapkan kehadirannya di kedutaan Italia untuk mengisi dan menandatangani formulir khusus (selain memberikan Surat Izin tertulis).
2. Bukti Keuangan yang diserahkan ke kantor kedutaan Italia harus yang asli, bukan foto copy atau foto copy yang dilegalisir.
3. Kartu Keluarga harus asli.
>> Dapatkan Panduan Lengkap Merencanakan & Melakukan Perjalanan Hemat ke Italia, DI SINI!
Kedutaan Jerman:
1. Untuk mengajukan aplikasi ke kedubes Jerman, minimal harus ada 10 orang yang memiliki route perjalanan yang sama. Untuk aplikasi visa secara individu, belakangan konon agak sulit, kecuali untuk keperluan bisnis atau studi.
2. Apabila penerbangan memakai maskapai Lufthansa, hanya diperlukan surat keterangan dari pihak airlines dan print out tiket saja. Sementara jika menggunakan maskapai yang lain, harus menunjukkan tiket pesawat ASLI.
3. Jika seorang anak (atau yang masih berstatus single) berencana untuk melakukan perjalanan sendiri ke Eropa tanpa didampingi orang tua, selain diharuskan menyertakan surat izin orang tua, salah satu orang tua yang bersangkutan juga diharuskan datang menghadap ke kantor kedubes Jerman.
4. Jika seorang anak hendak bepergian dengan hanya didampingi oleh salah satu orang tua, maka orang tua yang tidak ikut serta dalam perjalanan harus memberikan surat izin yang menyatakan mengizinkan anak dan istri/suaminya untuk pergi ke Jerman/Eropa.
Kedutaan Belanda:
1. Pemohon harus melakukan permohonan visa secara langsung ke kantor Kedubes Belanda (boleh diwakili dari agent apabila telah pernah mendapatkan Visa Belanda 2x).
2. Jika ada keluarga yang tinggal/studi/bekerja di Belanda dan akan membuat Surat Undangan, surat tersebut harus disahkan oleh kantor pemerintah setempat di negara tersebut.
Kedutaan Belgia:
1. Bukti Keuangan yang diberikan kepada pihak kedubes harus ASLI.
2. Konfirmasi penginapan harus langsung dari Belgia.
3. Pemohon visa diwajibkan datang langsung menghadap saat menyerahkan persyaratan visa.
4. Surat keterangan dari orang tua harus dibuat dalam bahasa Inggris di atas meterai Rp 6000 dan disahkan oleh kantor notaris setempat.
Kedutaan Austria :
1. Bukti Keuangan yang diberikan kepada pihak kedubes harus ASLI.
2. Konfirmasi penginapan harus langsung dari Belgia.
3. Jika seorang anak (atau yang sudah dewasa tapi masih single) ingin bepergian sendiri tanpa didampingi oleh kedua atau salah satu orang tua, hanya diperlukan Surat Keterangan dari orang tua yang tidak ikut di atas materai Rp 6000
Kedutaan Prancis:
1. Pas foto yang disyaratkan adalah yang terbaru dengan ukuran 3,50 cm x 4,50 cm (2 lembar) dengan background warna putih.
2. Pemohon Visa turis perorangan yang tinggal di wilayah JABOTABEK diharuskan untuk menghadap sendiri. Di luar wilayah tersebut, persyaratan visa bisa dimasukkan via agen perjalanan atau dikirim via pos/kurir.
Kedutaan Swedia, Norwegia dan Finlandia :
1. Pemohon visa harus datang menghadap secara individu, tidak dapat diwakilkan oleh agen perjalanan manapun.
2. Kalau untuk keberangkatan secara group, aplikasi visa boleh diwakilkan oleh pimpinan rombongan.
Kedutaan Denmark & Spanyol:
Jika seorang anak (atau yang sudah dewasa tapi masih berstatus single) hendak bepergian sendiri tanpa didampingi oleh kedua atau salah satu orang tua, hanya diperlukan surat keterangan dari orang tua yang tidak ikut dalam perjalanan di atas meterai Rp 6000.
Sepintas mungkin persyaratan tambahan di atas terlihat cukup rumit. Jika Anda ingin berkonsultasi lebih lanjut sehubungan dengan persyaratan visa Schengen, silakan hubungi saya via email di: travelhemat@yahoo.com

No comments:

Post a Comment