Search This Blog

Monday, January 16, 2012

Menyiasati Syarat Visa Eropa

Bukti Pemesanan Penginapan

Untuk Menyiasati Syarat

Visa Eropa

Apabila Anda hendak berencana untuk melakukan perjalanan ke Eropa, saat mengajukan permohonan aplikasi visa Schengen di kantor kedutaan besar salah satu negara Schengen di Jakarta, salah satu persyaratannya adalah Anda harus menyerahkan bukti pemesanan tiket pesawat udara pulang pergi yang sudah dalam status ‘confirmed’ yang biasanya ditandai dengan istilah ‘HK atau OK’.
Disamping itu, Anda juga wajib memiliki polis asuransi perjalanan yang memiliki nilai pertanggungan untuk kerugian dalam hal medical expenses sejumlah minimal 30.000 Euro (catatan: baca artikel khusus tentang Manfaat Asuransi Perjalanan di SINI).
Persyaratan wajib lainnya yang seringkali dirasa memberatkan oleh sebagian besar calon traveler adalah, Anda harus menyerahkan bukti pemesanan penginapan selama perjalanan di Eropa yang statusnya sudah ‘confirmed’.
Banyak orang yang masih berpikiran, bahwa jenis penginapan di luar negeri hanyalah sebatas pada apartemen dan hotel belaka. Masalahnya, jika Anda ingin mendapatkan bukti konfirmasi penginapan di Eropa dengan memesan melalui biro perjalanan, biasanya Anda diharuskan untuk membayar lunas total biaya pemesanan hotel/apartemen tersebut sebelum bisa memperoleh bukti pemesanan dalam status ‘confirmed’.
Pertanyaannya adalah, bagaimana jika aplikasi visa Anda ditolak alias Anda tidak bisa berangkat ke Eropa? Bukankah Anda akan menanggung kerugian yang sangat besar dari sektor biaya ini saja?
Solusi yang ingin saya rekomendasikan pada Anda adalah dengan melakukan pemesanan ‘HOSTEL’ ataupun hotel dan apartemen yang berbasis low-budget secara online melalui LINK INI!
Dengan melakukan pemesanan penginapan secara online melalui situs tersebut, Anda hanya perlu membayar uang muka sebesar 10% saja dari total biaya penginapan yang Anda pesan. Pembayaran dilakukan secara online menggunakan kartu kredit yang masih berlaku. Setelah pembayaran Anda berhasil dilakukan, maka Anda bisa mencetak sendiri bukti pemesanan penginapan dengan status ‘confirmed’ yang dikirim ke alamat e-mail Anda secara otomatis.
Sisa biaya penginapan nantinya bisa Anda bayar secara langsung pada saat check-in pada saat kedatangan Anda, baik dengan cara membayar kontan atau menggunakan kartu kredit.
Dengan menyerahkan bukti pemesanan penginapan dengan status ‘confirmed’ yang Anda cetak sendiri tersebut ke pihak kedutaan, maka salah satu masalah pelik yang sering dihadapi oleh para independent traveler ke Eropa, sudah teratasi.
Dan jika kita bicara kemungkinan terburuk, yakni aplikasi visa Anda ditolak oleh pihak kedutaan besar negara tujuan, kerugian Anda dari sektor biaya pemesanan penginapan bisa ditekan ke titik minimal, yakni hanya 10% saja daripada biaya penginapan seluruhnya.
Semoga informasi di atas, berguna untuk Anda.

No comments:

Post a Comment