Search This Blog

Sunday, January 22, 2012

Mesin penjual otomatis

Orang Jepang lagi

Akhir akhir ini pekerjaan di tempat kerjaku sedikit sepi, dalam kesempatan waktu sepi seperti ini adalah kesempatan emas untuk ambil libur panjang alias cuti gituuu untuk pulang kampung ke Indonesia. Sewaktu pulang ke Indonesia biasanya saya menggunakan pesawat Continental Airlines, adapun jalur penerbangan pesawat ini dari Narita Jepang teransit di Guam USA baru menuju Denpasar Indonesia. Berhubung pesawat ini lewat Guam akhirnya aku dan istriku memutuskan untuk mampir and tinggal di Guam selama 3 hari dan di Bali selama 4 hari, dan tentu saja harga tiket pesawat sama saja (Narita-Denpasar) seperti biasanya tampa harus tambah apa lagi.
Walaupun guam masih termaksud dalam kawasan Amerika, tetapi orang Indonesia bisa masuk ke Guam tampa menggunakan visa apabila tinggal di bawah 15 hari, Karena indonesia masuk dalam GUAM VISA WAIVER PROGRAM. Dan setibanya di Guam aku terus berbicara dalam hati akhirnya aku bisa menginjak tanah AMERIKA, hee hee hee. ..tapi tapi tapi..tunggu dulu sesampai di Hotel yang ku lihat isinya orang Jepang saja dan bahasa Jepang lagi,,,oiii oii saya ini mau liburan ke guam tapi rasanya ada di Tokyo. Sesampai di Hotel kira kira jam 4 sore akhirnya aku bisa lihat sunset yang pertama di Guam,,oh indahhhrek.
Dan ke esokan harinya mau jalan jalan di kawasan pariwisata di guam yaitu Tamon, di sini banyak terdapat hotel dan pusat perbelanjaan dan restoran dll, untuk transpotasi saya menggunakan bus yang berputar putar di kawasan Tamaon, yang bikin kesal lagi di dalam bus semuanya berisi orang Jepang saya pikir ini sama saja dengan ada di dalam densa (kereta listrik jepang), Dan waktu masuk toko dan pusat pertokoan eh .. isinya orang Jepang lagi..
Dan setelah habis makan siang akhirnya aku kembali ke hotel untuk mandi di kolam dan bermain di pantai, yang bikin aku terkejut di pantai tidak lihat orang Jepang lagi, pantai sangat tenang dan sepi sunyi , wah akhirnya aku bisa santai tampai harus di kelilingi orang Jepang lagi..heee hhee dasar orang Jepang takut berjemur dan takut HITAM and orang jepang suka shoping..pantai tempat yang cocok buat gua hee hee.

05 MAY 2008

Nonton TV

Siapa bilang tinggal di negara asing harus ketinggalan impormasi tentang negara kita sendiri,dengan kemajuan tehnologi internet kita bisa baca bermacam-macam berita dan impormasi. Tapi hal ini pasti sudah di ketahui oleh banyak orang, dengan layanan internet ini sangat membantu saya untuk bisa menyaksikan dan menonton siaran TV Indonesia secara lansung/LIVE dari Jepang ini. Dengan membuka home page (http://www.imediabiz.tv/ ), kita bisa melihat RCTI, SCTV, TRANTS7, INDOSIAR, METRO TV, TRANTS TV, JAKARTA TV. Walaupun ukuran skrennya ngak begitu besar tapi lumayan enak di tonton dan suaranya suaranya juga jelas, walaupun terkadang siarannya tidak bisa di lihat, tapi lain waktu coba lagi bisa nonton, kalou lihat dari persaratan yang di tulis di web ini meminta donator agar siaran selalu bisa tersiarkan. Tapi selama ini aku tidak perna menjadi donator cuma numpang nebeng doang, tapi aku mau mengucapkan terima kasih ama home page ini, sudah membantu melepas rindu saya selama ada di Jepang ini dengan siaran siaran langsungnya.

01 APRIL 2008

Haru

Yat-----ttaa haru ga kita.
Ya senangnya akhirnya musim semi telah datah, berlahan udara dingin di Jepang khususnya di Tokyo daerah tempat tinggal saya berlahan lahan mulai berganti dengan udara sejuk,,,dan horee musim semi telah datang,,,horee,,, aku tak kedinginan lagii..Beginilah rasa saya sebagai orang Indonesia tidak suka kedinginan, datangnya musim semi merupakan suatu kemerdekaan besar.
Datangnya musim semi di Jepang ini, berarti datangnya musim bungaSAKURA yang mulai keluar berbunga dan seakan akan keluar dari pertapaannya selama setahunan lamanya dan menampakan keindahaannya. Tak heran kalau banyak orang menanti kedatanganmu oH Sakuara.
Tahun ini juga saya tak mau melewati acara HANAMI(artinya ada di blog tahun lalu sudah di tulis). Seperti biasanya acara hanami ini selalu di padati oleh orang orang yang entah datangnya dari mana , sampai ambil tempat untuk duduk di bawah pohon sakura saja tidak bisa, maklum orang orang di Jepang sini untuk bisa ambil tempat di bawah pohon sakura harus rella datang cepat bahkan pada malam hari sudah pasang tikar and tidur di sana kaya satpam.
Bagaimana ramenya dan padatnya orang datang tetap saja aku bisa menikmati acara hanami sambil berdiri dengan gembira dan selamat datang musim semi.

27 JANUARY 2008

Tahun Baru

Masih dalam suasana tahun baru di Jepang. Setelah kemarin saya sudah melihat matahari terbit yang pertama di tahun ini (dalam bahasa JepangnyaHATSU HI NOUDE). Saya langsung melanjutkan acara dengan mengunjungi kuil, karena ada budaya di Negara Jepang ini yang namanyaHATSU MOUDE yang artinya sembahyang yang pertama di awal tahun.
Kebetulan tempat melihat matahari terbit sangat dekat dengan kuil yang sangat terkenal di Daerah Kamakura, Tak heran kalau kuil hari ini sangatlah ramai di datangi orang dari berbagai penjuru, tapi untung ini ada di Jepang, karena orang Jepang taat antri, biar ramainya bagaimana pun juga jalannaya jadi teratur.
Setelah masuk kedalam dan selesai sembayang kita bisa membeli bermacam pernak pernik yang namanya OMA MORI yaitu seperti pegangan harapan yang telah di sembayangi oleh pendeta kuil, barang barang ini juga sangat macam ragamnya baik untuk: Kesehatan, di lindungi agar selamat, keberuntungan ,dan banyak lainnya. Tapi kali ini saya hanua membeli yang namanya EMA,yaitu sebuah papan kecil yang bisa di tulis harapan kita, lalu di gantung di halaman kuil dan nanti akan di sembahyakan oleh pendeta kuil.

29 DECEMBER 2007

Libur musim dingin

Sekarang di Jepang memasuki libur musim dingin (fuyu yasumi). Begitu juga dengan saya yang saat ini lagi libur musim dinggin, kebetulan liburan musim dinggin tahun ini cukup lumayan panjang buat saya, karena tempat kerja saya memberikan libur selama 9 hari. Tapi biasanya rata-rata jatah liburan musim dingin pekerja dan pegawai kantor di Jepang ini 5 hari samapai satu minggu.
Sekarang aktifitas liburanku adalah membersihkan rumah sebelum memasuki tahun baru, karena ada budaya di Jepang di akhir tahun yang namanya "OOSOJI" yang artinya membersihkan, jadi masyarakat jepang membersihkan seluruh bagian rumah hingga bersih karena ada kepercayaan orang jepang, membersihkan rumah seperti membuang hal hal yang kotor di tahun ini dan bersiap menyambut tahun yang baru dengan bersih dan semoga tahun yang baru masuk hal yang baik.

10 DECEMBER 2007

Selamat jalan ABE

Jepang menangis lagi setelah di tinggalkan pembalap motor GP 500 cc, kesayanggan mereka yaitu Norick Abe. Yang meninggal karena kecelakaan lalu lintas saat mengendarain motor di daerah Kawasaki, prefektur Kanagawa Jepang. Pada tanggal 7-10-2007 , meninggaldi umurnya yang ke32 tahun.

Adapun profil dari Norick sebagai berikut:
Lahir pada tanggal 7 September 1975,
Tahun 1993, di umur 18 tahun menjadi juara balap motor 500 cc di Jepang.
Di tahun i994 masuk dalam kejuaraan dunia motor Grand Prix 500 cc, ikut dalam kejuaraan motor GP sampai tahun 2004, dalam periode itu 3 kali mendapatkan juara 1 dan 17 kali naik podium.
Di tahun 2005 sampai dengan 2006 mengikuti kejuaraan balap motor Super Bike, dan di tahun 2007 kembali ke Jepang dan mengikuti kejuaraan di jepang.
Tapi apa daya kehendak yang kuasa seorang Abe yang gagah perkasa di atas jalan res, harus meninggal saat mengendarai motor biasa di jalan raya. Selamat jalan Satriaku Norick Abe.
Kemarin hari Minggu tanggal 9 Desember 2007, Tim Yamaha yang menjadi sponsor Norick Abe mengadakan acara mengenang Abe, acara ini di adakan di Odaiba Tokyo Jepang. Yang mana acara ini banyak di datangi oleh penggemar Abe dari segala penjuru, begitu banyak karangan bunga yang datang tak kalah hebatnya banyak pan yang menangis saat pemutaran cuplikan beberapa gambar Abe yang di tayangkan mengunakan sekerin TV yang berukuran besar. Acara ini juga memajang beberapa motor Yamaha yang di kendarai oleh Abe selama mengikuti kejuaraan balap motor, dan tak ketinggalan mobil yang biasa di kendarai oleh Abe sebuah mobil Ferari, dan banyak hal lain yang di lihatkan untuk umum. Dan tak ketinggalan di jualnya pernak pernik yang mengambarkan Norick abe sebagai kenang kenangan.

20 AUGUST 2007

Bintang

Musim panas di Jepang ini sangatlah panas dan menggerahkan, sehingga membuat tenggorokan menjadi dahaga, pada saat inilah paling enak minum bir yang dingin. Tapi birnya bukan sembarang bir, melainkaan minum bir hasil karya anak bangsa sendiri yaitu sebotol bir bintang.
Bir bintang ini sangat gampang di temukan di Jepang ini, di setiaprestorang Indonesia yang ada di Jepang sudah pasti ada tersedia bir Bintang. Bahkan kini banyak di jual di supermarket di Jepang ini, dan harganya tidak terlalu mahal, alias terjangkooo.
Bir Bintang memang enak,, jadi teringat rasa seperti ada di Indonesia.

17 AUGUST 2007

Panas

Sekarang Negara Jepang memasuki musim panas, walaupun musim panas sangat singkat di Jepang ini, kira kira kurang dua bulan tapi panasnya benar benar puanas sekaliii, bayangkan saja sekarang temperatur rata rata di Jepang 35 derajat sampai 40 drajat celsius. Tidak hanya panas saja yang menjadi persoalan bagi saya sekarang ini tapi udara sangat lenket karena udara yang bertiup sangat kurang, di karenakan banyaknya banguna yang tinggi menjulang sehingga menutupi angin yang datang, dan penggunaan udara pendingin AC yang banyak <> sehingga dari mesin mengeluarkan udara yang sangat panas, mengakibatkan tambah panasnya dan lenket, sumpek. Jepang kenapa kamu panas sekali oiii, tapi kalau musim dingin dingin sekali,,,

30 JULY 2007

Cari rumah di jepang

Ada hal yang menarik dan sangat merepotkan di Jepang ini saat kita akan mencari atau menyewa rumah untuk tempat tinggal. Cara mendapatkan kontrakan/sewaan tempat tinggal sangatlah berbeda dengan di indonesia, kita tidak harus mencari langsung ke tempat sewaan dan langsung ketemu dengan pemilik sewaan, lalu bernegosiasi, waktu cocok harga bayar lalu bisa tinggal.
Adapun cara kita untuk mendapatkan rumah sewaan di jepang ini, kita harus datang suatu kantor ejen yang spesial menyediakan tempat tinggalbahasa Jepangnya 'fudousan-ya/agen perumahaan. Karena di Jepang ini pemilik kontrakan tidak langsung mengelola kontrakannya sendiri melainkan menyerahkan tanggung jawab kepada fudousan-ya, jadi jangan heran kalau kita tidak perna lihat yang namanya bapak kos atau ibu kos. Kantor fudousan sangatlah banyak di Jepang , biasanya kantor fudousan terdapat di dekat dekat terminal kereta, dan di tempat tempat strategis lainnya. hampir semua kantor fudousan cara dan syarat syarat sewaktu menyewa rumah hampirlah sama, mungkin ada sedikit perbedaan biasanya dari junmlah komisi yang di ambil. Terus terang selama saya tinggal di Jepang ini hal yang paling repot adalah sewaktu mencari rumah kontrakan, karena terlalu banyak persyaratannya dan terlalu banyak mengabiskan uang, adapun persyaratan persayatan sewaktu mencari rumah di Jepang ini, yang umumnya adalah sebagai berikut;

  1. Yachin /uang sewa
  2. Shikikin /uang jaminan
    #Biasanya uang jaminan ini akan di titipkan kepada pemilik rumah ,dan sewaktu akan pindah biasanya sebagiang uang akan di kembalikan#
  3. Kanrihi /biaya perawatan
    #biasanya uang perawatan ini di pakai untuk biaya perawatan kembali rumah saat kita keluar dari kontrakan# Jangan heran kalau sewaktu masuk rumah kontrakan pasti kondisinya seperti baru dan sangat bersih.
  4. Reikin \uang tanda terima kasih
  5. Chukairyou /uang jasa untuk ejen
  6. Dan masih banyak lainnya yang harus di bayar seperti harus masuk asuransi kebakaran, dan lain lainya.

Adapun hal yang paling penting sewaktu menyewa rumah adalah kita harus memili SPONSOR. orang yang bertanggung jawab kalau seandainya saya tidak bisa bayar kontrakan maka sponsorlah yang harus bertanggung jawab, dan terkadang hasil gaji/pendapatan juga harus ada karena ejen juga takut kasih ruah kepada sembarang orang.

Harga rumah juga sangat berpariasi tergantung ktagori sbb;

Lokasi rumah, jauh dekatnya dari stasiun kereta, lantai berapa, so pasti ukuran rumahnya dong, dan masih banyak lainnya. Sewa rumah di Jepang benar benar repot.
Nb; Rumah yang di maksud biasanya berupa Apartemen /apa-to. Karena biasa masyakat Jepang menyewa apartemen, lebih murah di banding rumah.

12 JULY 2007

undergraund

Dari pengalaman yang saya lihat di negara Jepang ini khususnya daerah Tokyo, sudah sangat di penuhi oleh populasi kendaraan roda empat berbagai jenis. Sakin banyaknya kendaraan/mobil tentunya banyak juga memerlukan lahan lahan parkir, tapi untuk membuat tempat parkir memerlukan lahan tanah yang cukup besar, sedangkan harga tanah di Tokyo Jepang ini sangatlah mahal sehingga sangatlah jarang saya lihat ada lahan parkir yang biasa yang berukuran besar. Adapun lahan parkir yang berukuran besar biasanya :
[1]
Parkir berdisen seperti bangunan bertingkat yang berlantai cukup tinggi sehinnga bisa nampung mobil yang cukup banyak. Parkir seperti ini munkin sudah banyak di indonesia .
[2]
tapi ini ada parkir yang cukup unik dan sangat moderen .
Ya,, seperti gambar di atas merupakan suatu gambaran parkir di Jepang yang cukup moderen yang sekilas kita susah menebak dengan bangunan begitu bagus dan lumayan kecil menjadi tempat parkir.Ternyata tempat parkir ini memakai sistem putaran, mobil masuk di dalam kotak kotak seperti lemari lokar yang kosong, otomatis akan berbutar dan tersimpan, saat mengambil mobil kembali, tinggal membayar di mesin dan menekan nomor tempat mobil parkir, maka otomatis mobil kembali.

[3]
Adalagi tempat parkir seperti andergraund, maaf maksudnya tempat parkir di bawah t anah bahkan lebih jelasnya di bawah jalan raya ada terdapat tempat parkir, tempat parkir seperti ini juga sangat sering kita temukan di Tokyo ini.Tapi yang paling penting yaitu di jepang, ongkos parkir sangaatlah sangat mahal.

09 JULY 2007

Buang atau yang baru

Di Jepang ini ada banyak hal yang membingungkan buat saya, misalnya negara Jepang ini terus mempromosikan dan megumandangkan yang namanya ecologi dan mengurangi pembuangan sampah dan barang barang yang tidak di pakai lagi. Tapi kenyataan yang saya lihat banyak masyarakat Jepang yang suka membeli barang baru dan membuang barang yang lama, padahal sebenarnya barang tersebut masih layak pakai.
Tapi saya sekarang saya mengerti kenapa orang jepang suka ganti ganti barang dengan yang baru, hal ini saya alami sendiri dan saya mengerti. Pengalaman saya; Dulu saya membeli sepeda baru dengan harga 6500 Yen (kalou rupiahnya kira-kira 1 yen sama dengan 75 rupiah) dan setelah di pakai 1 tahun setengah karet rem belakannya rusak dan menghimpit sehingga sepeda saya tidak bisa jalan dan rusak, akhirnya masuk bengkel dan harga ganti rem yang rusak biaya pasang seharga 5000 yen,waAAAHsaya terkejut sekali harganya mahal sekali, akhirnya pikir pikir banyak yang mana bagus perbaiki, atou buang sepeda dan beli sepeda yang baru lebih bagus.

Ini rem belakang yang rusak seharga 5000 yen.
Dan ada satu lagi pengalaman yang meng herankan, dulu saya membeli sebuah taplak meja kotatsu (kotatsu adalah meja yang biasa di pakai di Jepang,yang mengeluarkan panas di pakai sewaktu musim dingin.) yang berukuran tebal seharga 1250 yen, sewaktu musim dingin berlalu pastilah ini taplak meja tak terpakai lagi dan harus di cuci , karena ukuran nya besar harus di cuci di laundry servis, waktu terima nota saya terkejut bukan main ongkos cucinya 1500 yen,,,uahhhhh mahal lebih mahal dari harga yang baru,,, sambil ngomel kenapa saya tidak buang aja itu taplak dan membeli yang baru,,,waAAAAAAh
Tinggal di Jepang saya tidak mau masuk bengkel dan laundry lagi,kalou mau lebih baik beli yang baru saja lebih murah dan barangnya juga jadi baru. Saya pikir ecologi di Jepang perlu tapi kita juga harus hidup hemat , kalau kita pikir yang mana penting ecologi,mengurangi sampah ,atau hidup lebih hemat dengan membeli barang yang baru.

04 JUNE 2007

Kecap adalah saus

Gara gara sous saya banyak kali ribut saman istri, sewaktu istri minta tolong di ambilkan sous saya bawakan kecap, waktu dia minta kecap saya bawakan saus, yah, kenaapaa jadi begini yaa,,ribut kayak perang dunia ke 3,,,,ini kecap tau!!!bukan saus. Tapi sekarang sekarang ini itu masalah udah tidak datang lagi, karena sekarang saya sudah mengerti kalou di Jepang ini tomat saus artinya tomato kecapu, dan kecap artinya saus.

26 MAY 2007

Budaya Antri

Budaya antri yang sudah menjadi kebiasaan masyarakat Jepang,
pantas di ajukan jempol dan patut di jadikan contoh.
Semenjak tinggal di Jepang ini saya selalu melihat orang berbaris
berjejeran dengan rapi, di depan tempat pembelian tiket, pintu
pintu masuk pertunjukan, menunggu giliran masuk di suatu restoran,
dan lainnya berhubungan dengan antri. Tampa ada rasa dorong mendorong,
dan berebutan saling mendahului.
Saya banyak sekali punya pengalaman antri lama sekali, berdiri hingga 
1 jam, 2 jam, bahkan lebih, conyohnya waktu itu saya ingin melihat aquarium
ikan yang besar, dan pertunjukan aksi ikan lumba lumba dan anjing laut,
di tempat yang lumayan terkenal di wilayah Yokohama(Kanagawa ken/sebelah Tokyo).
Sewaktu mau beli tiket masuk,,,gila benerr,,,orang uda antri banyak,,bo,,,
mau ngak mau harus antri deh,,,

Kalou antri untuk membeli tiket, itu hal biasa yang saya lihat.Tapi adahal yang paling saya heran, yaitu antri ingin masuk disebuah tempat makan /restoran. padahal kalou saya pikir tempat makan yang lain banyak kenapa harus antri lama lam ya.a.a..Tapi yang lebih aneh lagi sekarang saya ikut ikutan antri lamakalou mau masuk restoran..he..hhee..,..karena rata rata kalou uda orang banyak tunggu di luar artinya masakan di restoran itu pasti enak,,,gara gara enak, saya bela belain tunggu 1 jam lebih.

21 MAY 2007

Sampah

Gara gara sampah saya sering di bikin binggung, karena di Jepang ini sampah di bagi menjadi beberapa katagori seperti sampah yang bisa di bakar dan sampah yang tidak bisa di bakar, ada sampah yang bisa di daur ulang. Sewaktu buang sampah juga sudah ada kalender pembuangan, jadi sewaktu buang sampah harus cocok sama sekejul, dan yang paling penting buang sampah harus di bawah jam 10 pagi, karena mobil pengangkut sampah selalu ambil sampah tepat waktu di pagi hari. Apabila kita terlambat buang sampah kita harus tunggu lagi sampe sekejul berikutnya.
Sekarang pemerintah Jepang sangat serius menangani masalah sampah, dan negara ini ingin mengurangi jumlah sampah, dan sekarang di terapkan peraturan-peraturan tentang sampah.
Adapun contoh peraturan itu seperti ini ; Membeli plastik sampah yang di siapkan oleh pemerintah, dan uang hasil dari penjualan pelastik itu sendiri di pake untuk pengelolahan sampah, Harga plastik sampa ini lumayan mahal dan semua jenis dan warna plastik itu juga bermacam tergantung jenis sampahnya, jadi kita harus beli plastik sampah banyak, makannya buang sampah artinya juga buang uang jadi kita harus hemat pemakaian plastik sampah.
Salah buang sampah sering buat masalah untuk saya, karena pagi hari sewaktu berangkat kerja waktu itu biasanya saya buang sampah, kadang kadang saya salah bawa sampah ke tempat sampah dan saya harus lari kembali pulang tukar sampah, gara gara masalah itu saya sering terlambat masuk kerja..ketinggalan kereta lagi...............
Kalou tadi cerita tentang buang sampah di lingkungn rumah, waktu bung sampah di tempat tempat umum kita juga harus menyesuakan jenis sampah kedalam kotak sampah yang tersedia sesuai dengan jenisnya.

Shin-chan

Sewaktu saya tinggal di Indonesia dulu, saya banyak nonton film kartun buatan dari Jepan. Tapi ada satu film kartun yang paling saya gemari, yaitu kartun SHIN-CANSekarang saya juga seperti Shinchan, penggemar snack / makanan ringan yang namanya CHOKOBI. Ini snack emang rasanya uenak.

Chokobi saya pikir ada dalam kartun shin-chan saja, tapi di Jepan aslinya ada juga, pertama kali saya membeli chokobi jadi ketagihan, sampai sekarang di rumah selalu ada stok.

18 MAY 2007

Mesin penjual otomatis

Memang negara maju seperti Jepang ini, suka yang namanyapraktis dan simpel. Sampe mau beli minum,kopi,kola,rokokdan lainnya aja tidak perlu jauh jauh cari toko, kios.Semua dapat di beli di mesin mesin penjual yang banyak pasang di pinggir pingir jalan, dan banyak tempat lainya.Cara pakenya pun gampang, Uang di masukan ke dalam mesin,terus tombol di pencet di lokasi barang yang mau di beli,otomatis barang keluar dari mesin, dan kalou ada kembalianotomatis juga uang jatuh di kotak kembalian. Gampang,,,,,,,,, dan ,,,,,,,,,,praktis.

17 MAY 2007

Hari raya Nyepi

Saya sangat gembira, karena tahun ini bisa merayakan hari raya Nyepi bersama sama umat Hindu, yang tingggal di daerah Tokyo Jepang, yang tergabung dalam banjar yang namanyaBANJAR TOKYO.
Lokasi perayaan Hari Raya Nyepi ini, di laksanakan di Balai Indonesia (sekolah Indonesia), Meguro, Tokyo. Adapun susunan acara perayaan, sebagai berikut: Pertama-tama, malam hari sebelum hari H nya, semua umat Hindu kaum pria di wajibkan untuk datang, untuk bersama-sama bergotong-royong untuk membuat lawar, tom ayam dan masakan Bali lainnya, semuanya langsung tidur di sini. Dan pagi harinya barulah kaum Wanita dan anak anak baru datang, menyiapkan persiapan untuk sembahyang. Waktu semua orang berkumpul barulah acara di mulai, yang di buka dengan sambutan kepala banjar, terus di ikuti dengan tarian Bali, dan inti acara Sembahyang bersama, setelah sembayang selesai di isi dengan pemutaran derama gong dan terakhir acara genjek, setelah itu barulah acara bebas yaitu makan bersama,,,ue,,nak,,tenan,,,


15 MAY 2007

air

Kapan ya ? negara Indonesia ku tercinta bisa menyediakan air bersih di pasilitas pasilitas umum.
Seperti yang sekarang aku lihat di negeri sakura ini.
Saya benar benar kagum dengan negaraJepang, selain negaranya maju pasilitas umumnya juga sangatlah bersih, contohnya saja air.
Air yang biasa saya pakai untuk mandi, dam mencuci, sangatlah bersih, bahkan air ledengnya bisa di minum langsung tampa harus di rebus terlebih dahulu.
Hampir di setiap lokasi umum yang ramai di datangi atau di lewati orang, seperti sekolahan, stasiun, lapangan bermain, taman dan lokasi lainnya, pastilah di sediakan pasilitas air ledeng untuk air minum.
Kalou ini ada di indonsia pastilah sangat membantu masyarakat banyak, waktu membuat air minum tampa harus merebus dan ini artinya bisa menghemat minyak bakar dan gas.

14 MAY 2007

Transportasi

Kalou dulu sewaktu tinggal di Lombok, saya biasamemakai jasa bemo dan chidomo/dokar "taksi kuda" alat transportasi sehari hari, dan mengendaraiseped motor sewaktu tinggal di Bali. 


Semenjak saya tinggal di Jepang alat transportasi yang saya
naiki setiap harinya adalah DENSHA, densha atinya kereta listik. 
Densha merupakan alat transportasi yang paling praktis,dan bebas macet, sehingga alat tranportasi ini yang palingbanyak di pakai setiap harinya oleh masyarakat Jepang.Selain itu jumlah densa banyak sekali, dan jalur trayeknyapunluas sekali.Sampai saya bingun sekali dengan jalur kereta di kota Tokyo ini,ada yang jalan di atas tanah seperti jalan biasa,dan ada jugadensa yang jalan di atas permukaan tanah kira kira lebih tinggi dari atap rumah, bahkan lebih tinggi dari gedung lantai 3.Tapi yang paling mengherankan bagi saya, Densa yang jalan di bawah tanah, kalou di ukur berapa meter kebawah tanah, mungkin saya tidak bisa ukur dengan pasti, tapi kalou turun pakai tanggakira kira 3 sampe 4 lantai turun ke bawah,artinya seperti gedunglantai 4 gedung bertingkat, ke dalam permukaan bawah tanah.

13 MAY 2007

Toilet 1

Saya punya banyak pengalaman yang membingungkansewaktu ada di dalam toilet di Jepan ini.Karena bentuknya kelihatan sekilas samatapi berbeda, dan cara pakenya pun sangat berbeda.kalou di jepang ini jenis toilet ini model lama,tapi masih banyak di temukan di mana mana-mana.
Kalou toilet di indonesia sewaktu duduk, arah pantatpasti di atas permukaan air, sedangkan toilet di jepang inikebalikannya berlawanan arah. Saya Pertama kali pake toiletini sewaktu sampe Jepang di air port Narita, waktu itu bingungsekali, kenapa toiletnya jadi panjang, akhirnya pikir pikir banyakdan lihat bekas jejak sepatu di dalam toilet,kira kira mengertikalou orang orang pake toilet ini berlawanan dengan toilet diIndonesia.



Biasanya sewaktu membuka air pembuangan kita angkat hendel ke atas atau ke bawah, tapi kadang kadang banyak saya jumpai toiletyang pembukaan airnya memakai sensor tangan, push botan juga banyak.Gara gara ada gaya sensor ini saya perna ada dalam toilet di stasiunkereta selama 30 menit kebingungan mau siram bagaimana..Bingung....mau minta tolong... tapi malu...????

Kalou mau cebokan jangan kawatir, di dalam toilet pasti ada Toilet peper, Bukan air..he..hee



No comments:

Post a Comment