Search This Blog

Sunday, January 22, 2012

Musim hujan di Jepang

Musim hujan di Jepang

Saat ini di luar rumahku masih Turun hujan yang tak tau kapan akan berhenti, Padahal hari ini hari minggu, waktu yang sangat bagus untuk jalan jalan keluar rumah. Yach ..ch ini lah negara Jepang yang curah hujannya sangat berbeda dengan Indonesia, bayangin aja semenjak tinggal di Jepang ini saya paling tidak suka dengan hari saat hujan di sini, kalau suda mulai hujan susah berhentinya terus hujan dan butiran hujan yang jatuh ke bumi berbentuk hujan kecil kecil kalau di Indonesia seperti hujan rintik rintik gerimis tapi hujannya sangat panjang bisa sampai satu hari penuh dan mendung sebelum hujan dan sehabis hujan juga lama, makanya kalau hujan turun satu hari ,saya tak bisa lihat sinar cahaya matahari . AKU JADI STRESS kalau satu hari tidak bisa lihat sang surya. Sedangkan hujan di indonesia terkadang hujan besar dan lebat tapi habisnya cepat dan terkadang cepat matahari keluar lagi, dan kita masih bisa jemur cucian di luar rumah gituuu ...............maklum cuci baju masih manual gitu end waktu kering minta tolong ama sang suraya yang bersinar. Beda sama di jepang waktu musim hujan juga masih cuci dan mengeringkan pake mesin cuci di rumah, kalau tidak punya pengering bisa pergi ke coinlaundry.
Aku bosan musim hujan di Jepang ini, hujan terlalu panjang, apalagi bulan bulan ini musin hujan aku tambah puyeng... langit terus mendung, seakan hatiku juga jadi mendung nihhh....

03 FEBRUARY 2008

Salju

Hari ini salju turun dengat lebatnya di daerah Tokyo, kali ini yang ke 2 kalinya salju turun selama musim dingin tahun ini, di daerah Tokyo. Memang Jepang termaksud daerah yang memiliki musim dingin, tetapi untuk daerah tokyo sangat jarang di hujani salju. Karena ada daerah daerah di Jepang ini yang banyak curah turun saljunya dan tentu saja suhu udara yang selalu dingin, seperti Hokaido dan Touhochiho ini terdapat di bagian atas Jepang bagian utara.
Tentu saja di hari yang bersalju ini tidak aku lewatkan, untuk keluar rumah dan pergi ke taman yang sudah berwarna putih tertutup oleh salju yang terus turun dengan lebatnya. Aku berlari di atas salju dan mulai bermain membuat orang orangan salju dalam bahasa Jepangnya YUKI DARUMA.Ternyata salju yang turun hari ini hampir turun di seluruh Jepang, dan gara gara salju yang turun dengan lebat banyak berdampak bagi masyarakat Jepang seperti :
Penerbangan pesawat hari ini di batalkan, kereta SHINKANSEN harus berjalan dengan pelan, Jalan tol dan banyak jalan lainnya di tutup, kereta DENSA banyak yang berhenti, dan bus banyak yang tak beroprasi, itu semua untuk menhindari kecelakaan.

08 JANUARY 2008

Mandi dulu

Mandi adalah suatu bagian yang harus kita lakukan, Kalou ingat kata ibuku dulu satu hari harus mandi dua kali, pagi hari dan sore hari. Tapi kebanyakan masyarakat Jepang hanya mandi satu kali dalam satu hari, begitu juga dengan aku sekarang cukup dengan mandi satu kali dalam sehari. Biasanya mandi di lakukan pada malam hari saja pada saat menjelang sebelum tidur, karena ada pemikiran orang Jepang sebelum kita naik ke atas kasur atau tempat pembaringan hendaknya kita benar benar bersih, dan segala hal yang kotor saat berada di luar rumah atau habis melakukan aktivitas yang lain lain dapat di bersihkan pada saat mandi. Dan saat bangun tidur juga badan masih terasa bersih dan di pagi hari tak perlu mandi lagi, cukup dengan gosok gigi dan cuci muka kita bisa melakukan aktivitas seperti biasanya.
Adapun cara mandi yang biasanya di lakukan di Jepang ini:

1.Rata rata rumah di Jepang memili "ofuro" (tempat mandi yang berupa bak besar yang mana semua badan bisa masuk semua)

Dan besar kicilnya ofuro tergantung kesukaan setiap orang dan kemampuan mebeli yang mana.

2.
Karena temperatur udara di Jepang dingin, setiap orang mandi menggunakan air panas. air panas di bikin menggunakan gas atau dengan listik.
Sebelum mulai mandi kita isi air panas kedalam ofuro dulu dan mengatur berapa drajat panas air yang di inginkan, Kalau sudah siap semua kita jangan masu ke dalam bak dulu, melainkan kita harus mandi bersih dulu, pakai samphoo, sabun, dan lalu bilas dulu, kalau sudah benar benar bersih barulah kita masuk ke dalam ofuro dan berendam. Dengan berendam dengan air panas ini bisa membuka pori pori dan membuat kulit menjadi halus, dan yang paling penting bisa mengambil capek dan lelah dan membuat badan jadi press and segar.

3.Dan yang paling penting lagi sehabis mandi air yang ada dalam ofuro tidak di buang melainkan bisa di pakai mandi lagi, tinggal di panaskan saja. bukan itu saja rata rata orang jepang sisa air mandi tidak di buang melainkan bisa di pakai lagi untuk mencuci pakaian, air yang ada dalam bak di pindahkan kedalam mesin cuci. Hal ini sangat praktis bisa menghemat air.

18 DECEMBER 2007

Menyambut Natal

Masyarakat Jepang bukan penganut agama Kristen, tetapi dalam menyambut hari raya natal di Jepang ini sangatlah meriah dengan pohon Natal yang di hiasi dengan berbagai warna warni lampu yang sanagat indah. hampir di tiap kota ,tempat keramaian ,dan pusat pertokoan di hiasi dengan nuansa hari raya natal yang sangat cantik dan meriah.
Ada budaya memberikan hadiah saat hari natal di Jepang ini.
Orang tua memberikan hadiah natal kepada anak anaknya,
yang lagi punya pasangan juga memberikan hadiah pada yang di kasihinya .
Dan yang paling penting saat seperti ini paling enak kita banyak banyak jalan jalan untuk menikmati indahnya malam Di Jepang saat mendekati hari Natal.

No comments:

Post a Comment