Search This Blog

Wednesday, January 11, 2012

Universal Studio

12 hours @Singapore

'jasa tripod'
Ini perjalanan saya dan Rey yang super singkat, kami hanya berada di Singapura kurang lebih 12 jam karena hanya ingin ‘mencicipi’ permainan di Universal Studio.
Pesawat landing di Changi pukul 09.30 (waktu Singapura), sebelum menuju loket pemeriksaan imigrasi kami mampir ke Free Internet Kiosk. Saya cek email dulu karena ada beberapa appointment yang harus ditindaklanjuti, sedangkan Rey (saya lirik) sedang membuka youtube.
kalo mau isi botol air minum, di samping Burger King dan rest room changi airport terminal 1
internetan dulu di Changi sebelum ke stasiun MRT
“Kapan nak balik Indonesia Madam?” begitu petugas imigrasi dengan wajah ramah bertanya dengan bahasa melayu “campur aduk’ biar terkesan akrab kali yak :) , “nanti dengan pesawat malam kembali ke Indonesia” saya menjawab sambil tersenyum (biar nggak terlihat jutex hehe), “hmmm….very short trip” kata si pria berwajah ‘good looking’ itu membalas senyum saya, “yes, because my son just wanna play in Universal Studio. We’ve visited other tourist attractions before” begitu saya memberi penjelasan kenapa perjalanan kami sangat singkat kali ini. “OK have a nice day madam, bye” sambil menyerahkan paspor dia tetap tersenyum namun kali ini deretan gigi putihnya terlihat dengan jelas seakan melepas kepergian kami dengan bahagia hahaha. Yeaaaah….itulah yang saya suka dari Singapura, petugas imigrasinya selalu ramah. Beberapa kali kunjungan kesini alhamdulillah kami selalu mendapati petugas yang kindly. I love it….
@Vivo City
Dengan skytrain kami menuju stasiun MRT di terminal 2, top ou EZ link seharga $10 lalu menunggu kereta kebanggaan warga singapura itu datang. Hanya sekitar 10 menit kami telah berada di dalam gerbong yang dipenuhi orang dengan berbagai suku bangsa. Turun di stasiun Outram Park untuk berganti kereta berwarna ungu menuju Harbourfront. Tarif menggunakan EZ link dari Changi ke Harbourfront sebesar $1,9 sedangkan bila menggunakan single ticket seharga $3, lumayaaaaaan hemat $1,1 hehehe. Di stasiun Harbourfront kami berjalan menuju Vivo City yaitu salah satu Mall dimana stasiun Sentosa Express berada. Stasiun tersebut tepatnya di lantai 3, ikuti saja petunjuk arah yang ada karena tak sulit menemukannya. Tadinya saya akan menggunakan layanan free shuttle bus dari changi ke sentosa tapi dengan pertimbangan waktu maka saya urung.
locker ukuran kecil
@locker room
Sampai di Universal studio saya melihat jam di pergelangan tangan telah menunjukan waktu 11.30. Seperti biasa saya selalu mencari locker room untuk menyimpan tas ransel Rey agar punggungnya tak terbebani saat bermain nanti. ‘Tugas’ ransel trolley andalanlah yang akan menjadi tempat barang-barang penting yang harus tetap dibawa.
Saya memang bukanlah backpacker yang mampu menggendong ransel segede gambreng sehingga bila traveling lebih nyaman membawa ransel trolley yang menurut saya lebih fleksible karena bisa di dorong tapi sewaktu-waktu bisa digendong juga. Hal ini membuat badan saya terhindar dari beban berat sehingga masih bisa melenggang dengan santai hehehe.
Universal Studio Singapura dibuka pada bulan Januari 2010 merupakan wahana bermain pertama yang dibuka di wilayah Asia Tenggara dan yang kedua di wilayah Asia setelah Universal Studio Japan. Taman bermain ini bertema film-film terkenal Hollywood produksi Universal Studios. Dilengkapi 30 restoran dan konter makanan, serta 20 kios cendera mata. Tiket (adult) untuk weekday $66 sedangkan weekend $72. Untuk anak-anak $48 di weekday dan $52 saat weekend.  Kalau mau pakai jalur cepat bisa nambah biaya sebesar $30 untuk weekday dan $68 weekend(diluar tiket masuk).
Wahana yang ada disini antara lain :
madagaskar
1. MADAGASCAR
Dari film Madagascar yang menjadi hit, diproduksi oleh DreamWorks Animation film. Sebuah area dengan nuansa hutan tropis yang kental, dipenuhi dengan binatang-binatang yang unik dan menakjubkan seperti lemurs dan foosas. Nyanyian burung dan teriakan kera memecah keheningan hutan saat kita menjelajahi lebih dalam lagi area hutan tropis ini dengan perahu. Atraksi yang ada disini antara lain :
  • King Julien’s Beach Party-Go-Round
    Berputar-putar naik komedi putar di atas punggung tokoh-tokoh kartun Madagaskar. Inilah komedi putar yang bertemakan Madagaskar.
  • A CRATE ADVENTURE
    Bergabunglah dengan keempat tokoh Madagaskar Alex, Marty, Melman dan Gloria pada petualangan di sepanjang pantai Madagaskar. Kita akan diajak berpetualang di atas perahu untuk mengalahkan foosas di tepi kawah gunung berapi dengan bantuan penguin-penguin psycho yang cerdas.
shrek
2. FAR FAR AWAY
Mau ketemu dengan tokoh-tokoh kartun dari film Shrek? Di sinilah tempatnya. Kita bisa bertemu dengan tokoh donkey, menyaksikan petualangan Shrek dari dunia 4D, naik bianglala para peri, serta naik ke punggung sang naga kekasih donkey (roller coaster) untuk menyaksikan dunia Shrek yang sungguh menakjubkan, kita bisa melihat tokoh the Three Little Pigs, the Big Bad Wolf, Gingy hingga Pinocchio.
Negeri Far Far Away lengkap dengan toko-toko unik yang menghiasi Jalan Romeo Drive (plesetan dari Rodeo Drive). Di zona ini, kita akan dimanjakan oleh atraksi multi dimensi dalam Shrek 4-D dan Donkey Live serta ada banyak toko merchandise yang menawarkan berbagai souvenir yang temanya seputar dunia Shrek. Atraksi yang ada disini antara lain :
  • Enchanted Airways
    Rasakan keceriaan naik Roller Coaster mengeliling dunia Far-Far Away.
  • Shrek 4D Adventure
    Duduk di theater yang nyaman untuk menyaksikan petualangan Shrek menyelamatkan Putri Fiona. Percikan air, tiupan angin dan tempat duduk yang bisa bergerak membuat anda merasa benar-benar ikut berpetualang menyelamatkan sang Putri.
  • Magic Potion Spin
    Permainan untuk si kecil. Masuklah ke istana Shrek di sana ada sebuah bianglala mini yang terbuat dari kayu dan di desain unik ini akan membuat membuat anak kecil lebih ceria dan segar setelah menghabiskan waktu di luar yang terik.
  • Donkey Live
    Live show si Donkey bisa kita saksikan di theater yang berada di dalam istana Shrek.
pilih-pilih wahana
3. THE LOST WORLD
Dibagi menjadi 2 area: Jurassic Park dan WaterWorld, bagi para fans kedua film blockbuster tersebut bisa mengalami sendiri bagaimana suasana hutan tropis di mana dinosaurus bersembunyi, melihat Pteranodons beterbangan di udara merupakan pengalaman yang sungguh mencengangkan. Lalu di WaterWorld kita bisa menyaksikan pertunjukan menegangkan seperti di film “WaterWorld” asli, pertunjukan ini akan diramaikan dengan adegan ledakan api dan semburan air yang benar-benar asli. Atraksi yang ada disini antara lain :
  • WaterWorld
    Pertunjukan yang luar biasa mencengangkan. Show yang satu ini akan menampilkan potongan cerita dari film WaterWorld, yang merupakan puncak pertempuran antara Mariner dan Kapten Botak dalam upaya menyelematkan kekasihnya Helen. Show ini akan dipenuhi dengan spesial efek dan adegan stuntman yang seru. Percikan api, kepulan asap, efek tembakan yang mengenai air hingga pesawat terbang yang masuk ke dalam arena.
  • Canopy Flyer
    Sebuah wahana yang mengajak kita untuk berkeliling dunia Dinosaurus dari ketinggian. Naiklah ke tempat duduk tersebut lalu rasakan bagaimana serunya kita dibawa ke puncak lalu meluncur dengan kecepatan yang tidak terlalu tinggi sehingga permainan ini bisa dinikmati juga oleh orang-orang usia lanjut yang tidak takut ketinggian.
  • Dino-Soarin
    Naiklah ke punggung Pteranodon lalu terbang ke langit tinggi mengeliling dunia Dinosaurus.
  • Amber Rock Climb
    Cicipi petualangan panjat tebing yang tidak biasa. Kita akan memanjat sebuah tebing yang penuh dengan batu perhiasan yang tak ternilai harganya karena di dalamnya ada fosil-fosil insekta dari jaman dinosaurus.
Jurasic Park Rapids Adventure
Mari berpetualang menyusuri sungai yang memiliki arus yang deras sehingga kapal sering menghantam sisi sungai, melompati air terjun kecil dan bersiaplah untuk basah. Siapkan baju ganti kalau ingin masuk ke wahana ini.
antri naik mobil ala indiana jones
mejeng doloooo
4. ANCIENT EGYPT
Jelajahi negeri Mesir kuno yang seru. Kita bisa melihat piramid kuno dan obelisk berdiri dengan gagahnya. Kita akan merasa seperti dibawa ke negeri Mesir dengan seting tahun 1930, jaman keemasan negeri Mesir. Atraksi yang ada disini antara lain :
  • Revenge of the Mummy
    Mengendarai Roller Coaster dengan kecepatan tinggi, mundur secara tiba-tiba dengan kecepatan tinggi lalu akan ada juga turunan yang tajam yang memacu adrenalin. Kelilingi dunia kuno Mesir yang gelap dan misterius dengan Roller Coaster berkecepatan tinggi. (Tidak disarankan untuk wanita hamil dan orang tua).
  • Treasure Hunter
    Berkeliling dengan santai untuk mencari harta karun dengan mengendarai mobil Jeep tua ala Indiana Jones.
mejeng doang karena ga naik roller coasternya :)
5. SCI-FI CITY
Sebuah zona yang didesain menjadi sebuah kota yang futuristik. Pernah melihat film-film tentang masa depan di mana kota-kota sudah berubah menjadi lautan beton dan besi. Ada 3 wahana di area ini. Ketiga wahana tersebut adalah
  • Battlestar Galactica Cyclon & Battlestar Galactica Human
    Roller Coaster terdahsyat dengan 2 jalur yang berbeda. Roller Coaster Cyclon dan Human memiliki jalur yang saling bersebrangan satu sama lain sehingga Roller Coaster bisa berhadapan langsung dengan Roller Coaster group lainnya, hal ini membuat suatu pengalaman yang berbeda dalam menikmati permainan Roller Coaster. Benar-benar seperti pertempuran antara manusia dan robot.
  • Accelerator
    Duduk di kursi futuristik lalu kita akan diputar-putar hingga menembus ruang waktu. Bagi yang mudah pusing dan mual tidak disarankan untuk mencicipi atraksi ini.
6. NEW YORK
Zona berikutnya adalah di mana kita akan merasa seperti berada di kota new york dengan menyusuri jalan di mana ada banyak deretan toko di sisi kanan dan kiri yang didesain persis seperti di jalan kota New York. Lalu temukan juga artis legendaris di sepanjang jalan ini. Kita bisa berfoto ria dengan tokoh-tokoh idola yang datang dari jaman dulu seperti Charlie Chaplin dan Marilyn Monroe. Atraksi yang  ada di sini adalah :
  • Lights, Camera, Action! di mana kita bisa menyaksikan bagaimana dahsyatnya spesial efek mulai dari sebuah area yang kosong lalu diubah setingnya menjadi suatu spot di New York dan kondisinya sedang dilanda badai besar. Spesial efek yang luar biasa bisa membuat kita seperti benar-benar berada di tengah amukan badai, angin besar lalu ada kapal-kapal yang terbakar hingga akhirnya ada sebuah kapal feri besar tiba-tiba masuk dan menghantam dek di mana kita berdiri yang bisa  membuat takut dan terkejut.
  • Stage 28 yang juga masih seputar tema pembuatan film di mana ada sound stage dengan teknologi yang terkini yang biasa dipakai untuk memproduksi film.
7. HOLLYWOOD
Zona Hollywood berada di dekat gerbang keluar masuk ke Universal Studio. Jika pertama kali kita masuk lalu mengambil jalur sebelah kanan maka zona ini adalah zona yang pertama yang dikunjungi. Mengadopsi bentuk-bentuk arsitektur terkenal dan tentunya kita dapat berjalan di area walk of fame di antara pohon-pohon palem, khas Hollywood. Di zona ini akan ada banyak toko merchandise dan tentunya ada atraksi yang tidak kalah menarik dengan zona lain yaitu live performance para monster Universal Studio pada acara musikal yang berjudul “rock-n-roll musical” di Pantages Hollywood Theater. (Dari berbagai sumber).
Menikmati dan menyaksikan atraksi di USS membuat waktu berjalan begitu cepat, hal yang tidak bisa saya share adalah resto karena saat kami bermain adalah bulan ramadhan. Dan karena puasa jugalah kami tak memilih permainan yang bisa menguras energi dan adrenalin seperti roller coaster, jadi bagi penyuka permainan tersebut datanglah ke USS dijamin bakal puaaaaaaas :) .
sholat diruang locker
waiting room @changi
pilih-pilih makanan buat buka puasa @24 hours food court changi
Seperti biasa di setiap arena theme park saya selalu memperhatikan hal-hal lain diluar permainannya sendiri seperti :
1. Locker room. Saya terkesan dengan sistemnya yang mengingatkan saya pada Locker room (left luggage) di Schipol Airport Belanda. Kami melakukan transaksi pembayaran melalui mesin yang tersedia dengan metode pembayaran cash maupun Credit Card. Saat itu saya memilih menggunakan cash karena kebetulan memiliki pecahan uang sebesar $10 untuk penggunaan 1 buah locker kecil seharian penuh. Yang menarik disini benar-benar paperless karena kami hanya perlu mengingat password dan warna yang dipilih untuk re-open locker,  hal ini lebih baik dari pada di Schipol yang masih mencetak 1 lembar kertas kecil sebagai barcode untuk membuka lockernya.
2. Rest room. Singapura memang dikenal dengan bersihnya, dan itu yang membuat saya dan Reyhan tak pernah bosan ke negara ini. Rest room-nya selain bersih, tak beraroma ‘busuk’ juga terdapat kran air minum gratis di luarnya. “mami, di Indonesia kan udah banyak ya kran air minum gratis tapi rasa airnya beda dengan yang ada disini. Kalo disini segeeeeer, kalo yang di Indonesia suka bau besi gitu deh bikin Rey nggak mau-mau lagi minum dari yang gratisan, jijiiiiik”, hmmmm mulai deh keluar ocehannya Rey kayak nenek-nenek criwis  hehehe.
3. Jalur antrian. Hal ini penting karena akan tercipta ketertiban dan kenyamanan. Selain jalur antrian yang terbuat dari besi yang didisain ‘meliuk-liuk’ guna menampung jumlah orang secara maksimal juga tersedia kran air minum gratis sehingga lelah dan haus saat mengantri bisa teratasi tanpa harus keluar dari antrian untuk sekedar membeli minuman. Selain itu di depan pintu masuk ada semacam mesin pendeteksi jumlah antrian dan waktu yang dibutuhkan untuk mengantri di setiap wahana yang ada sehingga petugas penjaga wahana bisa menjelaskan hal itu kepada kami sebelum masuk dan meminta kami mengambil keputusan apakah mau main atau memilih wahana lain dengan waktu antri yang lebih singkat.
4. Musholla. Ini adalah bangunan yang tidak saya temukan di USS. Dapat dipahami karena penduduk Singapura mayoritas non muslim tapi kalau boleh berharap sih sebaiknya bangunan ini tetap ada karena yang berkunjung ke USS kan banyak yang muslim juga. Jadi untuk mengatasi hal ini kami melakukan sholat di ruang locker yang memang bersih.
Waktu menunjukan pukul 6 sore tapi matahari saat itu masih terlihat ‘garang’. Rey meminta untuk keluar setelah dia puas membeli macam-macam souvenir. Dengan rute sama saat pergi kami melewati Vivo City, di Mall ini  kami sempatkan dulu untuk membasuh badan dan mengganti pakaian (membawa pakaian ganti dari rumah) di rest room untuk merefresh setelah seharian bermandi peluh.
inilah keasikan Rey @waiting room changi
Di Changi kami langsung menuju konter cek in lalu menuju 24 hours food court sambil menunggu waktu berbuka puasa pukul 19.30.
Pukul 22.00 kami menaiki tangga pesawat untuk kembali ke tanah air. Berakhir sudah 12 jam di Singapura, cukup melelahkan namun sangat memuaskan. Apalagi melihat senyum Rey yang tetap ceria walau fisiknya pasti terkuras setelah bermain seharian.

No comments:

Post a Comment