Search This Blog

Wednesday, January 11, 2012

Persiapan traveling

Ini janjiku padamu Non….(Persiapan traveling untuk newbie traveler)


salah satu wisata alam
“Mbak, aku suka baca blognya tapi kok ngga ada tulisan tentang persiapan jalan-jalan buat para newbie sih, misal mengapa memilih kota tujuan tertentu, bagaimana persiapannya dan tips selama perjalanan”. Pesan via BBM dari salah seorang teman yang mengingatkan saya bahwa masih banyak orang yang belum memiliki kesempatan plesiran seperti saya.
Mungkin apa yang saya tulis disini akan berbeda dengan orang lain tergantung pengalamannya masing-masing.  Saya adalah tipe traveler yang tidak mau terikat sehingga tidak pernah tertarik dengan paket wisata yang ditawarkan oleh para agen travel. Paling ‘banter’ saya membutuhkan jasa mereka dalam hal sewa kendaraan di kota-kota dalam negeri yang  kurang nyaman transportasi umumnya. Berbeda halnya bila traveling ke kota di negara maju yang selalu memiliki public transportation sangat baik  sehingga saya selalu memilih bergaya penduduk setempat untuk menjangkau lokasi-lokasi tujuan  hehehe.
“A traveler without observation is a bird without wings” -Moslih Eddin Saadi-. Oleh karenanya sangat penting melakukan persiapan sebelum memutuskan untuk traveling. Persiapan tersebut seperti :
  1. Menentukan tujuan traveling, apakah wisata alam, wisata rohani, wisata seni & budaya, wisata kuliner, wisata belanja atau lainnya.
  2. Pilih dan tentukan destinasi wisata sesuai tujuan yang telah ditetapkan. Bertanyalah kepada google, karena  disana akan ditemukan berbagai informasi yang kita butuhkan. Misal untuk wisata seni dan budaya ke Jogja atau Bali, wisata alam ke bunaken atau danau toba, dll.
  3. Cari informasi selengkapnya tentang destinasi yang ditentukan sesuai poin 2. Misal how to get there, ticket price (cari promo fare yang biasanya dijual hanya secara online untuk destinasi-destinasi tertentu), operational hour, dll.
  4. Tentukan transportasi dan akomodasi, hal ini bisa ditemukan juga informasinya melalui google. Perhatikan  jarak tempuh & waktu tempuh, buatlah rutenya (baik dari hotel maupun dari tempat lainnya yang akan kita kunjungi), dan yang tak kalah penting cari tahu tarif alat transportasi tersebut. Untuk akomodasi bisa menginap di hotel, hostel, guest house atau menumpang rumah saudara maupun teman. Untuk hotel saya lebih suka memesannya via www.booking.com karena pilihannya beragam, informasi lengkap dan tanpa booking fee. www.agoda.com juga pilihan yang baik dan seringkali harga lebih murah di banding www.booking.com tapi pembayaran dilakukan dimuka (saat memesan). www.hostelworld.com bisa menjadi alternatif pilihan menginap bagi yang menginginkan harga murah karena menawarkan banyak kamar model dorm (sharing dengan traveler lain). Dan perlu diingat semua pemesanan online diperlukan kartu kredit.
  5. Jangan malu bertanya kepada mereka yang pernah berkunjung ke destinasi wisata yang kita pilih agar informasi yang dikumpulkan menjadi lebih lengkap. Karena ‘kesaksian’ para traveler bisa menjadi inspirasi kita dalam melakukan petualangan.
  6. Putuskan apakah akan bepergian sendiri atau mengajak teman. Bagi saya pribadi lebih suka jalan sendiri ( dalam arti hanya dengan Reyhan, tidak dengan orang lain). Karena semakin banyak orang yang jalan bersama akan semakin sulit menyelaraskan langkah namun tentu dampak positifnya bila terjadi hal buruk akan ditanggung bersama dan biaya lebih murah.
  7. Membuat itinerary dan anggaran biaya. Ini adalah hal wajib bagi saya yang selalu travel bareng Reyhan. Travel dengan anak tentu akan berbeda dengan travel orang dewasa. Oleh karena itu itinerary (lebih baik lagi dilengkapi peta) dan anggaran biaya menjadi hal yang penting bagi saya agar Rey tetap enjoy selama perjalanan dan disiplin terhadap kesepakatan yang telah kami buat sebelumnya. Hal ini bisa mengatasi kondisi psikis anak yang sangat moody, dan mendisiplinkan tentang apa-apa yang boleh dia beli atau tidak. Persiapan ini juga penting dilakukan para pemula karena teori  “A good traveler has no fixed plans and is not intent on arriving” – Lao Tzu- hanya bisa dilakukan traveler yang ‘expert’ hehehe.
  8. Pertimbangkan cuaca, sangat penting karena menyangkut kelancaran perjalanan serta barang dan pakaian apa saja yang harus dibawa.
  9. Pemilihan tas, pakaian dan perlengkapannya sesuai destinasi wisata. Saya penyuka fashion sehingga memperhatikan hal ini agar tetap aman dan nyaman tapi tidak meninggalkan kesan stylish.
10. Selalu waspada terhadap segala kemungkinan buruk. Jangan pernah berharap traveling dapat berjalan lancar sesuai rencana karena faktanya pasti akan ditemui hal-hal diluar itu. Show must go on and stay calm, temukan jalan keluar dari setiap permasalahan karena dari situ justru akan muncul pengalaman berharga.
“A journey of a thousand miles must begin with a single step” -Lao Tzu-, ayo Non mulailah traveling. Tak harus ke tempat-tempat yang jauh, kunjungi tempat terdekat sesuai minat dirimu dan pasti akan menemukan banyak pengalaman dan pengetahuan seperti yang dikatakan Anita Roddick pendiri perusahaan kosmetik The Body Shop bahwa “travel is a university without walls”.

No comments:

Post a Comment